Potret Kurir Perempuan dari Kepulauan Komodo

Lastri, kurir perempuan dari agen JNE di Pulau Messah, Kecamatan Komodo, Mangarai Barat, NTT.

“Warga di pulau ini sangat terbantu dengan keberadaan JNE, sehingga perekonomian mereka semakin meningkat. Apabila ada paket datang dari Labuan Bajo, walau pun malam, saya langsung antarkan dan mereka merasa senang sekali serta berterima kasih kepada JNE.”

Itulah sepenggal pengakuan dari Lastri. Sejak 3 Juli 2021, Lastri menjadi kurir di Pulau Messah. Ia bangga menjadi bagian dari keluarga besar JNE, yang setiap hari tugasnya delivery paket kiriman ke warga pulau, yang mayoritasnya bermata pencaharian nelayan dan beretnis Suku Bajo.

Pulau Messah sendiri merupakan sebuah pulau yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau tersebut terkenal sangat indah dengan panorama hamparan pasir putih dan air lautnya yang jernih kebiru-biruan serta berada tidak jauh dari Taman Nasional Komodo yang popularitasnya sudah mendunia.

Di pulau dengan penduduk terpadat di gugusan Pulau Komodo inilah terdapat agen JNE, yang juga berfungsi sebagai agen delivery, di mana salah satu kurirnya seorang perempuan bernama Lastri yang setiap hari mengantarkan hingga puluhan paket ke warga pulau.

Lastri saat delivery paket kiriman ke warga Pulau Messah.

“Senang dan bangga jadi kurir JNE, meski biasanya kurir adalah laki-laki, tetapi zaman sekarang adalah hal lumrah, perempuan ikut menjadi bagian dalam hal memenuhi kebutuhan hidup untuk keluarga,” ujar Lastri saat berbincang dengan JNEWS, Senin (6/6/2022).

Menurut Srikandi berparas ramah ini, sejak pandemi Covid-19 terus melandai, turis yang mengunjungi pulau Messah, baik itu turis lokal maupun mancanegara kembali berdatangan, sehingga perekonomian kembali menggeliat yang berimbas positif dengan meningkatnya pengiriman paket.

Alhamdulillah paket sekarang kembali banyak. Kalau mengantarnya ke alamat atau tetangga dekat cukup jalan kaki, tetapi kalau ke ujung pulau dan paketnya banyak saya harus menggunakan motor. Biasanya warga di sini berbelanja online pakaian dan keperluan lainnya,” terang Lastri. “Belanja online sudah menjadi hal lumrah bagi masyarakat di sini sekarang, apalagi sejak ada JNE. Nama JNE sudah cukup dikenal oleh masyarakat,” tambahnya.

Baca juga: Kurir Ini Populer Di Kalangan Ekspatriat Kuta Bali

Keberadaan agen JNE di Pulau Messah, tutur perempuan yang hobi mendengarkan musik ini, sangat membantu dan memudahkan warga pulau, baik itu yang akan mengirimkan paket maupun yang berbelanja online.

Agen JNE Pulau Messah, keberadaannya disambut antusias warga yang mulai terbiasa dengan belanja online.

Setelah hampir satu tahun menjadi kurir, banyak suka dan duka yang pernah dilalui Lastri, termasuk apabila ada paket COD yang di-cancel. Namun itu semua bukan kendala akan tetapi dijadikannya  bahan evaluasi untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan JNE yang ada di Pulau Messah.

“Kehadiran JNE di Pulau Messah, itu menjadi kebanggaan bagi saya khususnya dan umumnya bagi warga pulau.  Semoga JNE tetap jaya dan senantiasa memberikan pelayanan terbaik untuk masa depan yang lebih baik,” tutup Lastri yang mengaku sudah sering berkunjung ke Taman Nasional Komodo ini, tempat hewan purba Komodo dilestarikan dan dilindungi serta menjadi destinasi wisata dunia. *

Baca juga: Kurir Terbaik JNE Papua Kirim Paket ke Pelosok hingga Daerah Konflik

Exit mobile version