PT KAI Menyediakan Vaksin Gratis Bagi Calon Penumpang Kereta Api Jarak Jauh

Pemerintah terus mendorong vaksinasi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Guna mendukung pemerintah, PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) menyediakan layanan vaksin gratis Covid-19 di stasiun bagi pelanggan KA Jarak Jauh secara gratis mulai 3 Juli 2021 di berbagai stasiun.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa program yang digelar oleh PT KAI ini tak lain sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam percepatan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Layanan vaksinasi ini pun dilakukan secara bertahap di sejumlah stasiun.

Baca Juga: PPKM Darurat! Ini Daftar 30 Perjalanan Kereta Api yang Dibatalkan

“Pelaksanaan vaksinasi di stasiun ini ditujukan untuk membantu melengkapi persyaratan calon pelanggan Kereta Api Jarak Jauh di masa PPKM Darurat. Secara bertahap KAI akan menambah jumlah stasiun yang melayani Vaksinasi tersebut,” ujar Joni mengutip dari keterangan persnya.

Di tahap awal, stasiun yang sudah melayani vaksin gratis bagi pelanggan KA Jarak Jauh tersebut, di antaranya Stasiun Gambir, Pasar Senen, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Jember.

program vaksinasi Covid-19 oleh PT KAI
program vaksinasi Covid-19 oleh PT KAI di Stasiun Pasar Senen. foto: Dok PT KAI

Untuk dapat mengikuti program vaksin gratis PT KAI, penumpang harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api. Khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin gratis di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin Covid-19.

Baca Juga: Terbang dengan Garuda Dapat Vaksin Sinovac Gratis, Begini Caranya

Joni pun mengimbau kepada calon penumpang untuk merencanakan dengan baik antara waktu vaksinasi dan jadwal keberangkatan guna menghindari terjadinya keterlambatan naik kereta. Joni pun menambahkan jika PT KAI membatasi kuota vaksinasi di masing-masing stasiun setiap harinya.

Tak lupa, Joni juga mengimbau kepada calon penumpang agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan rutin, dan menjaga jarak untuk memaksimalkan penjagaan dari tertularnya virus tersebut, meski sudah mendapat vakisinasi.

“Vaksinasi di stasiun ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang tetap harus bepergian di masa ppkm darurat sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” tutup Joni.

Mulai 5 s.d 20 Juli 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2×24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan. Khusus perjalanan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

Info selengkapnya terkait layanan Vaksinasi Gratis di Stasiun dan syarat perjalanan Kereta Api di masa PPKM Darurat, masyarakat dapat menghubungi Customer Service Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, dan media sosial KAI121.

Baca Juga: Bisa Pakai QRIS ShopeePay di Kereta Makan Argo

Exit mobile version