Eksplorasi Keindahan Pulau Ayer: Panduan Wisata untuk Liburan yang Menyenangkan

Sumber: IG @pulauayerresort

JNEWS – Pulau Ayer merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang terkenal dengan julukan Mutiara Kepulauan. Ayer lebih dahulu populer dibandingkan pulau-pulau lain di sekitarnya, yaitu sudah digunakan untuk tetirah sejak tahun 1950 oleh mantan Presiden Soekarno.

Pulau Ayer sempat ditutup lama setelah pandemi untuk renovasi. Meski tidak dilakukan pembaharuan besar-besaran, tetapi pulau ini tetap menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan yang menjelajahi Kepulauan Seribu.

Cara Menuju Pulau Ayer

Eksplorasi Keindahan Pulau Ayer: Panduan Wisata untuk Liburan yang Menyenangkan
Sumber: IG @pulauayerresort

Kepulauan Seribu merupakan destinasi favorit warga ibu kota, karena ketika berlibur ke tempat ini rasanya seperti sudah pergi jauh dari Jakarta. Padahal faktanya, Kepulauan Seribu merupakan salah satu kabupaten di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pulau-pulau yang terpisah dari daratan utama oleh perairan luas, membuat Kepulauan Seribu terlihat benar-benar terpisah dari Jakarta.

Dikutip dari laman Wikipedia, Pulau Anyer merupakan bagian dari Kepulauan Seribu yang dekat dengan Jakarta, yaitu hanya 14 km dari Ancol. Jarak ini bisa ditempuh menggunakan speed boat dalam waktu 30 menit saja.

Sebenarnya ada 3 tempat pemberangkatan kapal feri atau speed boat ke Kepulauan Seribu, yaitu Dermaga Marina Ancol, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Pelabuhan Muara Angke. Namun untuk tujuan Pulau Ayer, pemberangkatan dilakukan dari Dermaga 16 atau 17 Marina Ancol mulai sekitar jam 07.00. Untuk jadwal pulang biasanya dimulai setelah jam makan siang.

Berikut perkiraan biaya transportasi yang harus dipersiapkan:

  1. Tiket masuk Taman Impian Jaya Ancol: Rp30.000/orang dan Rp30.000/mobil. Untuk motor dikenakan Rp20.000/motor.
  2. Tiket masuk pulau: Rp50.000/orang.
  3. Tiket speed boat pulang pergi pada akhir pekan: Rp260.000.

Sebagai catatan, harga tiap penyedia jasa transportasi dan harga di musim liburan akan berbeda. Barang bawaan yang melebihi 10 kg akan dikenakan biaya tambahan. Sedangkan jika tidak ingin pusing dengan rincian biaya, bisa memilih beragam paket yang disediakan pengelola atau penyedia jasa.

Jika pergi bersama rombongan, akan lebih menyenangkan menyewa speed boat yang dilengkapi AC dan toilet. Wisatawan dapat membawa bekal piknik sendiri. Harga sewa speed boat dengan kapasitas 12 orang untuk pergi pagi pulang sore sekitar Rp2.500.000.

Baca juga: Eksplorasi Wisata Pulau Tidung: Panduan Lengkap untuk Petualangan Memorable

Aktivitas di Pulau Ayer

Pulau Ayer menyediakan berbagai aktivitas, baik untuk wisatawan yang menginap atau tidak, yaitu:

1. Mengelilingi pulau

Luas Ayer hanya sekitar 10 hektare sehingga bisa dikeliling dengan sepeda, sembari jogging atau menggunakan speed boat dari luar pulau. Namun sebaiknya wisatawan berkonsultasi dulu dengan pengelola pulau demi keselamatan dan keamanan selama berlibur di Ayer.

2. Outbond

Instansi, perusahaan atau kampus dapat mengadakan outbond untuk meningkatkan kekompakan dan kerja sama. Tersedia pula lapangan voli dan basket jika ingin mengadakan pertandingan persahabatan.

3. Berenang

Berenang sebaiknya dilakukan di kolam renang agar lebih aman. Lagi pula kolam renang Ayer merupakan kolam air tawar. Jika ingin merasakan suasana laut, wisatawan dapat mengikuti jadwal snorkeling  bersama pemandu.

4. Bermain

Ayer cocok didatangi bersama keluarga karena menyediakan taman bermain atau playground. Meski aman, orang tua harus menemani dan mengawasi anak-anak yang masih di bawah umur.

5. Watersport

Bagi wisatawan dewasa yang senang aktivitas fisik yang seru sekaligus menantang, pengelola menyediakan fasilitas olah raga air, seperti banana boat, surf bike, dan jet ski. Memancing juga bisa, tetapi sebaiknya membawa alat pancing sendiri.

6. Meeting

Wah, sudah menyeberang laut kok masih harus rapat?

Kadang memang ada perusahaan yang membutuhkan tempat untuk mengumpulkan tim tanpa banyak gangguan. Pengelola sudah menyediakan tempat rapat dengan kapasitas sedang.

Akomodasi di Pulau Ayer

Sumber: IG @pulauayerresort

Yang paling menonjol dari Ayer adalah floating cottages. Namun sebenarnya akomodasi Ayer cukup lengkap. Bagi yang tidak nyaman tidur di atas air, bisa menginap di hotel yang berada di darat. Jika ingin merasakan sebentar sensasi di atas air, cukup dengan menghabiskan waktu di floating restaurant.

Secara keseluruhan, Pulau Ayer mengusung tema Papua. Tema ini segera terlihat begitu tiba di dermaga. Bahkan setelah rombongan wisatawan turun di dermaga, pengelola akan mengajak wisatawan menari ala Papua.

Nuansa Papua juga muncul pada nama-nama cottage atau kamar yang di sediakan, seperti Serui, Fakfak, Oshibi, Ayamaru, dan sebagainya. Fasilitas menginap di Ayer terdiri dari 14 standard cottages, 12 family cottages, 9 VIP cottages, 4 bungalow, dan 8 cottages setara hotel bintang 4.

Perlengkapan menginap lengkap seperti hotel di kota, antara lain AC, kulkas, televisi, hingga shower dengan air dingin dan panas. Untuk floating cottages disediakan teras untuk duduk-duduk sambil memandang lautan luas. Jika membawa pancing, bisa sekalian memancing.

Baca juga: 7 Resto Sea Food Terdekat Ancol dengan Banyak Variasi Menu

Untuk hari kerja, wisatawan bebas memilih paket menginap saja, makan saja, atau transportasi saja. Namun, di hari libur yang ramai, pengelola menerapkan paket fullboard atau paket lengkap agar pelayanan lebih baik.

Demikianlah panduan lengkap tentang transportasi, aktivitas, dan akomodasi di Pulau Ayer, salah satu destinasi liburan populer di Indonesia. Aktivitas di Ayer yang seru dapat membuat wisatawan terlalu bersemangat. Selalu ikuti instruksi pemilik jasa transportasi atau pengelola pulau agar bisa mendapatkan kesan dan kenangan terbaik.

Exit mobile version