Pulau Sepa: Permata Tersembunyi di Kepulauan Seribu

Sumber: KabarBUMN

JNEWS – Taman Nasional Kepulauan Seribu merupakan destinasi wisata populer yang termasuk ke dalam wilayah administrasi DKI Jakarta. Di antara deretan pulau yang kerap dikunjungi wisatawan, ada Pulau Sepa yang tidak berpenghuni tETapi dijadikan tujuan wisata karena memiliki sejumlah resor menarik.

Dikutip dari website resmi Provinsi DKI Jakarta, di Kepulauan Seribu tercatat ada 113 pulau dengan 11 di antaranya berpenghuni. Adapun penduduknya tersebar di berbagai pulau besar seperti Pulau Harapan, Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, dan Pulau Kelapa.

Wilayah Taman Nasional Kepulauan Seribu termasuk kawasan konservasi alam bahari nasional. Tidak mengherankan apabila di musim liburan tiba, kawasan ini menjadi wisata unggulan selain Bali dan Lombok.

Pulau Sepa: Pesona Pasir Putih dan Pemandangan Pantai yang Memukau

Pulau Sepa: Permata Tersembunyi di Kepulauan Seribu

Gugusan pulau di Kepulauan Seribu membentang luas di antara Laut Jawa dan Teluk Jakarta. Pulau-pulau karang ini membentuk gugusan pulau vertikal dari Teluk Jakarta hingga ke utara. Salah satu di antara pulau karang yang indah tersebut adalah Pulau Sepa.

Lokasi Pulau Sepa ada di utara Jakarta. Pulau indah dengan pemandangan alam memesona ini tidak seramai pulau lainnya karena tidak ada penghuni. Kendati demikian, pulau ini ada resor yang dikhususkan untuk tujuan wisata.

Berikut ini sejumlah pesona dari Pulau Sepa, permata tersembunyi di Kepulauan Seribu.

1. Pasir Putih dan Pemandangan Pantai Memukau

Ketika tiba di dermaga Pulau Sepa, wisatawan akan disambut oleh hamparan pasir putih dengan air jernih. Saking jernihnya, kumpulan ikan dan terumbu karang bisa dilihat langsung dari atas dermaga.

Formasi terumbu karang yang banyak dan masih alami ditambah menjadi habitat beragam ikan laut dangkal, membuat pulau ini menjadi spot menyelam terbaik dan surga bagi yang hobi scuba diving.

Baca juga: 8 Spot Diving dan Snorkeling Terbaik di Kepulauan Seribu

2. Ragam Pilihan Cottage

Dikhususkan sebagai destinasi wisata, pulau ini memiliki 38 cottage dengan berbagai tipe yang bisa dijadikan pilihan. Dikutip dari website Pulau Sepa, berikut perincian tipe cottage, jumlah dan fasilitasnya.

Dengan tersedianya sejumlah cottage tersebut dengan ragam fasilitasnya, tentunya akan memudahkan wisatawan memilih menyesuaikan bujet.

3. Fasilitas Memadai

Sebagai resor, pulau ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti:

Fasilitas tersebut membuat wisatawan lebih mudah untuk melakukan beragam aktivitas bersama keluarga.

4. Ragam Watersport

Pulau Sepa adalah surga bagi pencinta watersport. Wisatawan bisa memilih beragam watersport seperti jetski, marine walker, kneeboard, kano, scuba diving hingga banana boat dengan tenang karena suasananya tidak terlalu ramai.

Bagi pencinta diving, snorkeling, island hopping, pemandangan bawah laut pulau ini adalah salah satu terbaik di kawasan Kepulauan Seribu. Tidak perlu khawatir apabila tidak membawa perlengkapan diving karena ada tempat penyewaan.

5. Spot Sunrise dan Sunset yang Romantis

Pemandangan matahari terbit dan tenggelam di pulau ini sangat romantis. Semburat warna jingga ditambah warna air laut biru turquoise serta pasir putih bersih, membentuk lanskap pemandangan yang memukau. Apalagi bisa menikmatinya bersama orang tersayang maupun keluarga, tentunya akan menambah pengalaman terbaik selama liburan.

Panduan Wisata ke Pulau Sepa

Rute dan Waktu Tempuh

Untuk bisa tiba ke Pulau Sepa, wisatawan harus menggunakan moda transportasi laut yakni perahu motor. Transportasi ini tersedia di Dermaga 19 Pantai Marina Ancol. Adapun waktu keberangkatannya mulai pukul 8 pagi setiap harinya.

Dari Dermaga Marina Ancol hingga tiba di Pulau Sepa akan menempuh perjalanan dengan waktu sekitar 2 jam dan jarak 65 km. Cukup lama memang, tetapi ketika tiba di pulau ini, rasa lelah selama perjalanan akan dibayar tuntas karena disambut pasir putih bersih dan air yang jernih.

Paket Wisata

Tersedia dua paket wisata di pulau ini yang dikutip dari website Pulau Sepa.

Paket One Day Tour (Berangkat Pagi-Pulang Sore)

Paket Menginap 2 Hari 1 Malam

Harga Termasuk :

Baca juga: 7 Pulau Terindah di Dunia yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Dengan sejumlah fasilitas dan paket harga yang ditawarkan, Pulau Sepa sangat menarik untuk dijadikan destinasi liburan bersama keluarga. Merencanakan liburan dari jauh hari akan sangat terbantu agar bujetnya bisa terkumpul. Selamat liburan!

Exit mobile version