Petualangan Seru di Puncak Bogor: Trekking dan 5 Aktivitas Outdoor untuk Penggemar Alam

Aktivitas outdoor di Puncak Bogor dapat menjadi cara melepas penat yang cocok bagi pencinta alam. Keasrian wisata di area paling dingin di Bogor itu masih menjadi primadona di kalangan wisatawan yang hobi bertualang. 

Pasalnya, tak sedikit kegiatan jelajah alam yang dapat ditelusuri di Puncak Bogor, mulai dari trekking, hiking, camping hingga rafting. Berbagai kegiatan di alam terbuka tersebut tersedia di destinasi wisata Puncak Bogor dan patut untuk dicoba. 

Kawasan destinasi wisata Puncak Bogor memiliki beberapa alternatif rute dan jalur untuk aktivitas trekking maupun hiking yang bisa dijelajahi, guna mendapatkan pengalaman petualangan yang memuaskan di kalangan pencinta alam. Beberapa di antaranya bahkan dirancang khusus untuk para pendatang baru. 

Beberapa lokasi yang bisa menjadi pilihan adalah Lereng Gunung Paseban, Curug Tujuh Cilember, dan Puncak Gunung Kencana. Lantas, apa saja rekomendasi lokasi penjelajahan trekking, hiking, camping, hingga rafting yang paling favorit di Puncak Bogor? Simak ulasannya berikut ini.

5 Aktivitas Outdoor di Puncak Bogor

Di Puncak Bogor, terdapat beragam kegiatan alam yang bisa dinikmati oleh para pecinta alam dan pengunjung. Beberapa kegiatan tersebut di antaranya sebagai berikut.

Petualangan Seru di Puncak Bogor: Trekking dan 5 Aktivitas Outdoor untuk Penggemar Alam

1. Hiking di Taman Nasional Halimun-Salak

Taman Nasional Halimun-Salak memiliki berbagai opsi rute hiking yang ditawarkan kepada pengunjung. Rute yang paling populer adalah menuju Puncak Salak 1 (2.211 mdpl) dan Puncak Salak 2 (2.190 mdpl). Rute pendakian ke puncak Salak dapat diakses melalui pintu Pondok Cangkuang dan pintu Pasir Reungit/Gunung Bunder Bogor, keduanya adalah jalur resmi pendakian. 

Ada juga jalur pendakian lain ke kawah Ratu, dengan tiga jalur resmi menuju kawah tersebut, termasuk melalui Bumi Perkemahan Gunung Bunder (3-4 jam hiking), Pasir Reungit, dan Bumi Perkemahan Cangkuang.

Selain itu, juga ada jalur interpretasi atau loop trail sepanjang ±3,8 km di Citalahab-Cikaniki, tempat hiker bisa menikmati pemandangan anggrek hutan, kantong semar, dan fauna hutan lainnya saat hiking. Untuk masuk ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak, pengunjung perlu membeli tiket Rp15.000 per orang.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Bogor yang Bisa Dikunjungi dengan Bujet Terbatas

2. Trekking ke Curug Cibeureum

Trekking ke Curug Cibeureum melalui Cibodas merupakan kegiatan outdoor yang menawarkan pesona hutan hujan tropis di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Jalur ini merupakan salah satu trek favorit di Jawa Barat dan memiliki keindahan air terjun Curug Cibeureum sebagai tujuan akhir.

Sebagai informasi, jalur trek ini dikelola dengan baik oleh Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Air terjun Curug Cibeureum dapat dijangkau dari pintu masuk Cibodas Puncak dengan berjalan kaki sekitar 2,8 km atau sekitar 1 jam perjalanan. 

Jika memulai dari Cipelang Sukabumi, jaraknya sekitar 2 – 2,5 km melalui jalur setapak di Hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Adapun, setiap orang yang ingin menikmati wisata alam dengan trekking ke Curug Cibereum Puncak Bogor maka tiket masuk yang perlu dibeli yakni sebesar Rp18.500 per orang.

3. Rafting di Sungai Ciliwung Puncak

Wisata petualangan yang tak kalah seru yaitu rafting di Puncak Bogor, sebuah kegiatan yang jarang diketahui oleh wisatawan lokal. Udara sejuk di Puncak mendukung kondisi air di Sungai Ciliwung yang dingin dan bersih.

Sungai Ciliwung di Puncak memiliki pesona yang indah dan airnya yang jernih. Meskipun terdapat banyak batu di sungai, hal ini justru memberikan tantangan ekstra dalam aktivitas arung jeram. Air sungai ini jauh lebih jernih dan segar dibandingkan dengan Sungai Ciliwung di Jakarta.

Paket rafting di Puncak Bogor tersedia dengan jarak tempuh yang berbeda. Paket ini mencakup perlengkapan rafting, asuransi, transportasi lokal, camilan tradisional, dan makan siang. Harga bervariasi tergantung pada jarak tempuh, dengan harga mulai dari Rp255.000 hingga Rp430.000 per orang untuk paket 5 km, 9 km, dan 12 km.

4. River Trekking Sungai Ciesek

Salah satu jalur trekking di Puncak Bogor yang banyak diminati yaitu rute trekking aliran Sungai Ciesek yang menghubungkan air terjun Curug Panjang dengan Curug Cibulao. Jalur ini membentang sejauh 1,2 km dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2-3 jam melalui sungai. 

Sementara, perjalanan kembali ke titik awal memakan waktu sekitar 1 jam melalui jalur trek hutan. Durasi total kegiatan river trekking dapat berubah tergantung pada ritme perjalanan, tetapi secara keseluruhan bisa memakan waktu setengah hari untuk menjalani petualangan di hutan dan aliran sungai di pegunungan.

River trekking adalah bentuk wisata petualangan yang menarik, mengikuti aliran sungai sebagai inti kegiatannya. Aktivitas ini menggabungkan hiking, petualangan, dan eksplorasi sungai yang mungkin memerlukan renang pada bagian tertentu. 

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mengikuti river trekking, terutama karena faktor cuaca. Oleh karena itu, disarankan untuk memanfaatkan kesempatan saat cuaca di pegunungan sedang cerah.

Untuk mengikuti kegiatan petualangan ini, peserta river trekking harus berusia antara 15 hingga 55 tahun, dengan setidaknya 6 orang peserta dalam setiap kelompok dengan harga Rp265.000 per orang. 

5. Camping Bukit Damar Puncak Bogor

Keindahan Bukit Damar Camp, sebelumnya dikenal sebagai Pesona Highland Camp, merupakan salah satu tujuan wisata yang mengagumkan. Untuk tiket masuk ke kawasan camping Pesona Bukit Damar, kamu perlu membayar tiket Rp25.000 per orang.

Terletak di ketinggian 779-1003 mdpl, lokasi ini menghadirkan panorama alam yang menakjubkan dengan nuansa pegunungan yang menjulang tinggi dan hutan yang lebat dengan beragam jenis tanaman khas Gunung Gede Pangrango di arah timur laut, serta Gunung Salak di tempat matahari terbenam.

Pada malam hari, Bukit Damar Camp juga memikat dengan cahaya gemerlap kota yang berkilauan dengan keindahannya. Tidak mengherankan bahwa wisata outdoor di Puncak Bogor ini menjadi daya tarik bagi para pelancong yang mencari ketenangan dan pesona alam.

Baca juga: Taman Safari Bogor: 5 Alasan untuk Dikunjungi bersama Keluarga

Puncak Bogor bukan hanya sekadar destinasi wisata alam, tetapi juga tawarkan petualangan seru yang tak akan terlupakan. Bagi para penggemar alam, menghabiskan waktu dengan trekking dan berbagai aktivitas outdoor lainnya di kawasan ini sungguh menjadi pengalaman yang memperkaya. Jadi, kapan mau berkunjung ke Puncak Bogor?

Exit mobile version