Punya Kucing Anggora? Jangan Sembarangan, Ini Tips Perawatannya

Portrait of Siberian kitten on a beige background, studio shoot

Kucing anggora merupakan hewan peliharaan yang terkenal karena keindahan bulunya. Bulu yang halus dan lebat menjadi ciri khas dari kucing anggora. Tak salah bila banyak orang menyukai jenis kucing yang berasal dari Turki ini.

Secara umum, perawatan hewan yang dikenal sebagai kucing Ankara ini sama dengan kucing domestik lainnya. Nah, bila kamu tengah memelihara kucing jenis ini, berikut langkah-langkah perawatan yang perlu diketahui.

1. Makanan bernutrisi

Kamu bisa memberi makan kucing anggora dengan makanan khusus jenis ini. Tapi, kamu juga bisa memberikan makanan bergizi buatan seperti dengan bahan daging atau ikan. Terpenting, memberi makan kucing anggora harus tepat waktu.

Baca juga: Kerja di Rumah Nyaman, Produktivitas Meningkat, Gimana Caranya?

2. Vaksin

Sama seperti manusia, hewan juga membutuhkan vaksinasi untuk perlindungan kekebalannya. Ini bisa kamu lakukan untuk menghindari hewan kesayangan dari berbagai jenis penyakit. Ya, bisa dibilang sedia payung sebelum hujan.

3. Memotong kuku

Kucing anggora memiliki kuku panjang yang harus dipotong secara rutin. Sebab, kuku yang panjang bisa melukai tubuh kucing itu sendiri kala menggaruk. Daripada menimbulkan luka yang tak diinginkan, sebaiknya kamu harus rajin menggunting kukunya.

4. Rutin menyisir bulu

Memiliki bulu yang lebat dan panjang mewajibkan pemeliharanya untuk menyisiri kucing anggora dengan rutin. Pakai sisir khusus untuk bulu hewan agar tidak menimbulkan risiko lain. Dengan bulu yang terawat pastinya membuat hewan peliharaan kamu makin nyaman.

Baca juga: Ralali.com Menghubungkan Distributor dengan UMKM Secara Online

5. Bersihkan telinga

Bukan hanya manusia yang telinganya perlu dibersihkan, kucing anggora pun demikian. Bulu yang lebat dan panjang seringkali menutupi telinga kucing. Ditakutkan, ada kotoran yang ikut masuk ke telinga dan bisa menyebabkan infeksi. Karena itu, kamu harus rutin membersihkan telinganya dengan obat tetes.

6. Cek ke dokter dengan rutin

Mengecek kesehatan kucing kesayangan kamu ke dokter hewan adalah hal wajib yang perlu dilakukan. Sebab, kucing merupakan hewan yang cukup rentan terserang penyakit bila tidak dirawat dengan baik.

Exit mobile version