Ragam Teknologi yang Terinspirasi dari Film, Apa Saja?

Samsung QLED

Ilustrasi

Semakin hari teknologi semakin canggih aja ya. Coba deh bayangin 15 tahun yang lalu kamu nggak akan mengira kan bisa melakukan video call di mana pun kamu mau. Atau mengendarai sebuah kendaraan yang bisa berjalan secara otomatis (autonomous vehicle).

Ya, semua itu tercipta berkat kerja keras dari para pakar dan ilmuwan di dunia ini. Namun, tahu kah kamu kalau ada sejumlah teknologi saat ini yang sebenarnya terinspirasi dari sebuah film. Ya, film yang biasanya kita tonton, khususnya yang bergenre sci-fi, umumnya menampikan teknologi-teknologi canggih yang belum ada saat ini.

Baca Juga: Rekomendasi Film dan Serial Kekinian buat Streaming pakai Samsung Galaxy M22

Para produser atau sutradara film memang memiliki imajinasi yang tinggi. Namun, imajinasi tersebut rupanya kemudian memberikan inspirasi bagi para ilmuwan untuk direalisasikan ke dalam dunia nyata. Ini beneran ada lho. Penasaran kan kira-kira teknologi apa saja yang terinspirasi dari film? Simak aja artikelnya di bawah ini!

Teknologi Ini Terinspirasi dari Film

1. Telepon Genggam

Duh, jadul banget ya nyebut telepon genggam. Biasanya kan smartphone. Eits, tapi tunggu dulu. Smartphone yang kamu pakai hari ini tidak akan lahir tanpa adanya telepon genggam atau handphone (HP). Tahu nggak kamu kalau HP itu lahir terinspirasi dari film “Star Trek: the Original Series”?

Yap, sang pencipta telepon genggam, yakni Martin Cooper terinspirasi pada film tersebut di mana pada saat itu ada adegan di mana sang Captain Kirk menggunakan alat komunikasi berbentuk telepon genggam. Film atau serial tersebut tayang pada 1966. Namun, Cooper berhasil membuatnya dan memasarkan HP pertama kali pada 1983. Menarik kan?

2. Tablet

Selain telepon genggam, tablet yang juga kamu pakai saat ini terinspirasi dari film sci-fi buatan Stanley Kubrick, yakni 2001: A Space Odyssey” yang dirilis tahun 1968. Dalam film tersebut, alat menyerupai tablet merupakan alat komunikasi yang dipakai oleh astronot tersebut. Perangkat tablet ini sendiri juga muncul lho dari serial “Star Trek: the Original Series”.

Nah, perdebatan mengenai tablet ini cukup singit. Apple mengklaim bahwa tablet pertama di dunia itu adalah iPad pada 2010. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa pengembangan tablet ini sudah ada sejak 1990-an. Hmm..mana yang benar ya?

3. Kendaraan otomatis

Pengembangan kendaraan otomatis hingga kini masih terus dikembangkan di berbagai belahan dunia, salah satunya dilakukan oleh Tesla, sebuah perusahaan teknologi milik Elon Musk. Meski saat ini belum beredar secara masif, karena masih terkendala dengan satu dan lain hal, teknologi kendaraan otomatis ini sejatinya sudah diidamkan oleh manusia sejak lama.

Hal ini terbukti dari kehadiran kendaraan otomatis di film Total Recall yang dirilis pada tahun 1990. Dalam film tersebut ada adegan di mana terdapat mobil yang dikendarai oleh robot. Meski agak beda, namun konsepnya tetap sama, yakni sebuah kendaraan yang bisa berjalan tanpa harus kita kendarai.

Baca Juga: 5 Tontonan Menarik Sehabis Nonton Squid Game

4. Video Call

Kangen sama pacar? Sekarang ini sudah ada kok yang namanya video call. Komunikasi pun lebih terasa dekat karena kita tidak hanya bisa mendengarkan suara, tapi juga melihat wajahnya dari jauh. Nah, teknologi video call juga sudah ada sejak lama, tapi munculnya di film-film sci-fi.

Penasaran filmnya apa saja? Ada banyak, mulai dari “2001: A Space Odyssey,” “Blade Runner,” hingga “Back to The Future II”. Siapa yang mengira ya, teknologi khayalan tadi akhirnya bisa terealisasikan ke dalam dunia nyata. Keren!

5. Hologram

Buat kamu penggemar film Star Wars, pasti sudah tahu teknologi ini muncul dari “Star Wars: A New Hope” yang rilis di tahun 1977. Di film tersebut, robot mungil R2D2 bisa memancarkan proyektor hologram yang menampilkan bayangan Princess Leia. Pada saat itu, mungkin teknologi hologram masih menjadi teknologi di awang-awang.

Namun, puluhan tahun kemudian hologram sudah dipakai masif untuk beberapa kegiatan, biasanya sih konser. Salah satunya adalah konser Hatsune Miku yang selalu tampil menggunakan hologram. Ada juga konser Michael Jackson yang turut memanfaatkan hologram dan macam-macam deh.

Baca Juga: Tips Memilih Monitor Gaming Sesuai Kebutuhan

Exit mobile version