Kuliner di Sekitar Ragunan Zoo: Tempat Makan Keluarga yang Asyik

Kebun binatang selalu menjadi tujuan wisata yang asyik untuk dikunjungi bersama keluarga. Di tempat ini, anak-anak bisa mengenal beragam jenis satwa yang berasal dari seluruh Indonesia. Salah satu taman margasatwa yang terkenal di Indonesia adalah Ragunan Zoo.

Taman Margasatwa Ragunan atau biasa dikenal dengan Ragunan Zoo memiliki luas 147 hektare dan dihuni lebih dari 2009 ekor satwa dan ditumbuhi kurang lebih 50.000 pohon. Berlokasi di Jakarta Selatan, akses menuju Taman Margasatwa Ragunan tidak sulit dan bisa dijangkau dengan moda transportasi umum, seperti bus TransJakarta yang akan berhenti di halte TransJakarta Ragunan.

Setelah puas dan capek berkeliling Ragunan Zoo, pengunjung bisa menikmati sederet kuliner lokal yang ada di sekitar taman margasatwa ini. Aneka menunya bervariasi mulai dari masakan tradisional seperti Soto Betawi hingga western. Harganya? Tenang, kuliner di Ragunan Zoo harganya mulai dari ala kaki lima sampai restoran mewah.

Menikmati kuliner di Ragunan Zoo, pengunjung akan disuguhkan pemandangan hijaunya taman margasatwa ini dan aneka satwanya. Lantas apa saja rekomendasi kuliner yang bisa dikunjungi saat berada di tempat ini? Berikut ulasannya.

Rekomendasi Kuliner di Sekitar Ragunan Zoo

Kuliner di Sekitar Ragunan Zoo: Tempat Makan Keluarga yang Asyik

1. Pusat Jajanan Kampung Kandang

Rekomendasi pertama untuk kuliner di sekitar Ragunan Zoo adalah Jajanan Kampung Kandang. Pusat jajanan ini konsepnya ala food court tapi di outdoor. Ada banyak tenda-tenda jajanan yang berjejer rapi menawarkan aneka menu makanan dan minuman. Pengunjung bisa memilih menu mulai dari bubur, soto, bakmi, bakso, nasi goreng, aneka jus, es campur, es teler, dan masih banyak lainnya. Untuk harganya, mulai dari belasan ribu rupiah.

Alamat : Jl. Raya Cilandak KKO No.6, RT.2/RW.6, Jagakarsa, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan,

Jam operasional : pukul 09.00-16.30 WIB

2. Warung Betawi Haji Muhayar

Ingin mencicipi aneka masakan khas Betawi dari ikan hingga ayam kampung, bisa berkunjung ke Warung Betawi H. Muhayar. Warung makan ini termasuk ke jajaran kuliner legendaris karena sudah ada sejak lebih dari 40 tahun lalu.

Di warung ini, pengunjung bisa mencicipi aneka menu andalan seperti pecak gurami, pecak ayam, pecak lele, selain itu ada juga menu ayam kampung, sayur asem, lalapan, dan lain-lain. Warung Betawi Haji Muhayar ini tidak terlalu besar tetapi sering dipadati pengunjung. Sebaiknya hindari berkunjung di siang hari karena warung ini sering ramai di jam makan siang.

Alamat : Jl. Taman Margasatwa No. 8, Pasar Minggu

Jam operasional : pukul 08.00-20.00 WIB

Baca juga: Wisata Jakarta Surga Kuliner: Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba di Ibu Kota

3. Andakar Steak

Mau mencicipi makanan western yang dekat dengan Ragunan Zoo, ada Andakar Steak yang bisa dikunjungi. Restoran ini buka mulai pukul 11 siang, dan menyajikan banyak menu western mulai dari aneka rice bowl dengan topping seperti chicken teriyaki, chicken mentai, dan chicken gochujang. Lalu ada juga aneka burger dan sosis, aneka steak dari daging sapi, daging domba, ayam dan ikan. Untuk minuman pun termasuk komplet dari aneka jus, squash, teh dan kopi.

Harganya bervariasi, untuk rice bowl mulai dari Rp45.000, aneka steak mulai dari Rp51.000, side dish mulai dari Rp20.000. Untuk tempatnya cukup adem karena ada pohon dan tanaman rambat. Andakar Steak menyediakan dua area yaitu indoor dan outdoor.

Alamat : Jl. Raya Cilandak KKO No.2, RT.10/RW.5, Ragunan

Jam operasional : pukul 11.00-22.00 WIB

4. Warung Kopi Sanur

Interior warung kopi Sanur ini terbilang unik. Dindingnya dicat warna-warna pastel, dihiasi dengan lampion di langit-langit. Sedangkan di satu sisi warung, dindingnya dihias topi-topi.

Warung Kopi sanur menyediakan menu aneka Indomie rebus, Indomie goreng, pizza mie, roti bakar, pisang bakar, nasi goreng, bubur kacang hijau dan tentu saja aneka kopi dan teh. Harganya relatif murah, untuk Indomie mulai dari Rp8.000, roti bakar Rp13.000, pizza mie Rp13.000, nasi goreng Rp10.000. Sedangkan untuk minuman, kopi mulai dari Rp10.000.

Alamat : Jl. Bhakti No.2A, RT.2/RW.7, Cilandak Timur, Pasar Minggu

Jam operasional : pukul 08.00-00.00 WIB

5. Javatic Resto n Café

Kafe ini terletak di lantai dua, tepat di atas mini market King Mart. Bagian outdoor kafe mengusung konsep industrial dengan lantai yang hanya disemen saja. Penempatan tanaman di beberapa sudut dan lampu temaram membuat kafe ini terasa teduh di malam hari. Untuk bagian dalam, desain interior seperti kafe pada umumnya.

Di Javatic Resto n Café, menunya termasuk lengkap. Mulai dari menu paket ayam, paket sop, paket nasi goreng, paket spesial, menu daging, ikan, fast food, indomie, roti bakar, dan dessert. Sedangkan minuman, menyediakan aneka kopi, ice blend coffee, manual brew V60 dan teh. Harga makanan mulai dari Rp19.000, untuk minuman mulai dari Rp7.000.

Alamat: Jl. Margasatwa No.17, RT.2/RW.3, Pd. Labu, Kec. Cilandak

Jam operasional: pukul 11.00-22.00 WIB, untuk hari Jumat dan Sabtu buka mulai pukul 1 siang dan tutup pukul 11 malam.

6. Restoran Cerita Rasa

Restoran ini termasuk luas dengan dua area yaitu indoor dan outdoor. Bagian outdoor memiliki ruang hijau terbuka dan ada beberapa spot foto yang instagrammable. Restoran Cerita Rasa menyediakan aneka menu nusantara seperti tekwan, soto Lamongan, soto Betawi, rawon, tongseng kambing, asam-asam iga, pindang patin, kupat Magelang, tahu gejrot, dan lain-lain. Harga mulai dari Rp29.000. Sedangkan untuk minuman, ada aneka wedang, es kelapa, es kopyor, bir pletok dengan harga mulai dari Rp32.000.

Alamat: Jl. Ampera Raya No.9, RT.4/RW.2, Cilandak Timur, Pasar Minggu

Jam operasional: pukul 10.00-22.00 WIB

7. Sate Khas Senayan

Restoran Sate Khas Senayan memiliki beberapa cabang yang tersebar di seluruh area Jakarta, salah satunya yang di area Pasar Minggu. Selain mencicipi aneka sate, pengunjung juga bisa menikmati beragam kuliner nusantara seperti lontong cap gomeh, nasi langgi, gurami, aneka nasi goreng, soto ayam, asam iga, dan masih banyak lainnya. Untuk harganya, menu sate mulai dari Rp30.000.

Alamat : Jl. Raya Pasar Minggu No.44

Jam operasional: pukul 09.00-22.00 WIB

Baca juga: 5 Korea Restaurant Paling Hits di Jakarta dan Sekitarnya

Rekomendasi restoran di sekitar Ragunan Zoo di atas bisa dipilih menyesuaikan dengan bujet. Selamat menikmati liburan seru bersama keluarga.

Exit mobile version