Rakernas Asperindo 2023 Tekankan Kolaborasi dan Kompetisi yang Sehat

JNEWS, Jakarta – Lebih dari 200 peserta mengikuti Rakernas Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO) 2023. Peserta terdiri dari para wakil perusahaan anggota, pengurus DPP dan wakil dari pengurus DPW serta DPD seluruh Indonesia.

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 yang dipimpin oleh Ketua Umum ASPERINDO M. Feriadi Soeprapto, mengawali pembukaan acara Rakernas di Hotel Mercure Batavia Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Rakernas yang mengusung tema ‘Digitalisasi dan Kolaborasi untuk Ketahanan Industri Pos Nasional’ tersebut diikuti oleh seluruh DPP, pengurus DPW, DPD dan para wakil perusahaan anggota ASPERINDO.

Acara berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat (17-18/7/2023), dengan berbagai agenda acara, di antaranya talkshow, rapat pleno dan penandatanganan MOU dengan mitra ASPERINDO. Tidak ketinggalan dalam acara ini juga dilakukan santunan anak yatim.

“Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Tepat 78 tahun yang lalu, tepatnya pada 17 Agustus 1945, kemerdekaan Republik Indonesia diproklamasikan. Dalam momen yang bertepatan dengan memperingati HUT RI ke-78 Republik Indonesia, Alhamdulillah ASPERINDO bisa menggelar Rakernas,” ungkap M. Feriadi dalam sambutannya.

Baca juga: Kiprah JNE di Kota Proklamator

rakernas asperindo 2023
Ketua Umum Asperindo M. Feriadi Soeprapto menjadi inspektur upacara HUT RI Ke-78 dalam acara Rakernas Asperindo.

Menurutnya, tema yang diusung dalam Rakesnas yakni digitalisasi dan kolaborasi bertujuan untuk mewujudkan ketahanan industri bersama. Pesan tema ini akan menjadi motivasi kuat bagi ASPERINDO untuk mengevaluasi program kerja yang sudah dirumuskan pada Munas sebelumnya. “Keputusan pada Rakernas kali ini akan sangat bermanfaat dan menjadi rujukan Munas yang akan dilaksanakan pada 2025 nanti,” jelasnya.

Pada hakekatnya, semua perusahaan dalam sebuah ekosistem industri saling berkompetisi, bersaing satu sama lain. Namun dengan wadah ASPERINDO diharapkan mereka bersaing secara sehat agar semua tetap bisa eksis bersama. “Pada Rakernas kali ini ASPERINDO ingin mengkonsolidasikan para anggota tentang norma yang disepakati organisasi dalam berkompetisi antaranggota yaitu bersaing namun tetap bersanding,” ungkap M. Feriadi yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur JNE tersebut.

Salah satu tafsirnya adalah seluruh anggota wajib menjaga cara dan bentuk berkompetisi yang sehat. Berkompetisi harus diterjemahkan menjadi sebuah perlombaan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan dan tercipta pertumbuhan industri jasa pengiriman dan logistik yang tetap sehat. ASPERINDO ingin mengulangi pesan penting kepada para anggota untuk kembali memilih jalan yang telah disepakati ini.

Di era globalisasi dan digitalisasi, ASPERINDO berharap para perusahaan pelaku harus tetap bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. “ASPERINDO berniat dan bertekad pelaksanaan Rakernas bisa berjalan dengan sungguh-sungguh sehingga bisa membuahkan hasil yang lebih baik untuk kepentingan organisasi dan para anggota di masa mendatang. Begitu juga untuk kepentingan masyarakat Indonesia sebagai pelanggan, serta kiprah ASPERINDO bisa berperan bagi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia yang kini berusia 78 tahun,” pungkas M. Feriadi yang menutup sambutannya dengan pekikan kata ‘Merdeka!’. *

Baca juga: Presdir JNE Bicara Makna Hari Kemerdekaan

Exit mobile version