Rapor Pertamina di Masa Pandemi 2020, Bina 3.000 Lebih UKM sampai Naik Kelas

Pertamina buka peluang kemitraan UMKM Pertashop

 

PT Pertamina (Persero) mengkalim terjadi peningkatan signifikan dari jumlah mitra UKM yang bergabung sepanjang 2020 dibandingkan tahun sebelumnya. Angkanya naik 48,6 persen atau lebih dari 1.000 UKM.

Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto menjabarkan, pada tahun 2019 jumlah MB yang dibina Pertamina sebanyak 2.068 UKM. Kemudian pada tahun 2020, jumlah UKM yang dibina bertambah menjadi 3.073 UKM.

“Ini membuat total UKM binaan Pertamina sejak tahun 1993 hingga sekarang berjumlah lebih dari 65 ribu UKM,” ujarnya.

BACA JUGA : Kuliner Paling Diburu Versi Tokopedia, dari Kopi Literan sampai Pisang Goreng

Selama 2020, Pertamina mengklaim banyak melakukan penyesuaian konsep agar program pembinaanya untuk membawa UKM naik kelas bisa sesuai dengan kondisi pandemi Covid-19.

Muria Batik Kudus/ Pertamina

Agar efektif dan tetap berjalan, maka mayoritas kegiatan pembinaan dilakukan via daring. Bahkan hal tersebut justru bedampak positif karena secara jangkauan menjadi lebih luas dan merata, yang juga membuat UKM melek digital.

Pertamina mengemas bentuk pembinaan melalui beberapa macam program. Baik yang bersifat rutinitas seperti program Inkubasi bisnis yang digelar Rumah BUMN, maupun program dengan cakupan lebih besar seperti Pertamina SMEXPO 2020, Pertamina UMKM Academy: Fast Track dan Pertamina Youthpreneur 2020.

Aktivitas atau kegiatan tersebut, seluruhnya digelar untuk menunjang UKM binaan dalam meningkatkan kompetensinya hingga bisa naik kelas.

BACA JUGA : UKM Abon Tuna Asal Masohi Naik Kelas Berkat Pertamina

Hasilnya, selama 2020 terjadi peningkatan hingga lebih dari 300 persen dari target jumlah binaan yang naik kelas, padahal awalnya Pertamina semula menargetkan terdapat 230 UKM naik kelas. Namun setelah digelarnya program Pertamina UMKM Academy, terjadi peningkatan menjadi 795 MB naik kelas.

“Hal ini patut disyukuri karena pembinaan yang kita lakukan selama ini langsung berdampak nyata bagi mitra binaan,” imbuhnya.

Kerja keras Program Kemitraan Pertamina dalam mendukung kemandirian UKM di Indonesia mendapat apresiasi dari pihak luar. Diantaranya Empowering SME and Optimizing Subsidy 10 Besar Millenial Innovation Summit Kementerian BUMN, Penghargaan oleh International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Award 2020, Penghargaan Gatra Media Group “Inovasi dalam Membangkitkan UKM melalui Dukungan Berkelanjutan”, dan Penghargaan MURI sebagai Ekspo UKM secara Daring dengan Produk Terbanyak.

Seluruh capaian gemilang ini tidak terlepas dari segala bentuk kolaborasi dan sinergi yang dilakukan Pertamina dengan pihak-pihak yang berkompeten. Baik sinergi dengan BUMN lain maupun non BUMN.

BACA JUGA : Awas, Banyak E-commerce Curang yang Bunuh UMKM

Agus berharap sinergi ini masih dapat terus dilanjutkan ke depannya dan terus membawa dampak positif utamanya untuk para UKM Indonesia.

“Semoga capaian-capaian ini dapat terus ditingkatkan untuk tahun-tahun berikutnya,” tutup Agus.

Exit mobile version