Tekad Koperasi Punakawane di RAT ke-3, Semakin Mandiri dan Bermanfaat bagi Anggota

Para pengurus Koperasi Punakawane JNE saat RAT 2024.

JNEWS – Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke III tahun buku 2023 Koperasi Punakawane, yang mengusung tema ‘Peningkatan Kemandirian dan Relevansi Solusi’ berlangsung sukses. Dalam RAT tersebut juga diputuskan  pembagian dividen atau Sisa Hasil Usaha (SHU) kepada seluruh anggota jumlah totalnya sebesar Rp 704.214.661.

Sekitar 80 anggota Koperasi Punakawane (Koperasi Pusat Paguyuban Karyawan PT JNE), mengikuti acara Rapat Angota Tahunan  ke III tahun buku 2023 di ballroom utama, JNE Tomang 11 Jakarta Barat, Selasa (28/5/2024). Selain itu hadir secara online puluhan anggota lainnya dari berbagai kantor cabang JNE di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, juga turut hadir mengikuti jalannya RAT, Penasehat Koperasi Punakawane M. Feriadi Soeprapto, Ketua Pengawas Chandra Fireta, Pengawas Edi Santoso, Ketua Koperasi Malvino Yudo Negoro dan jajaran pengurus lainnya.

Dalam sambutannya M. Feriadi menyatakan, tujuan didirikannya koperasi internal JNE adalah untuk kesejahteraan anggotanya, di mana para anggotanya merupakan karyawan JNE. “Selain untuk kesejahteraan anggotanya, koperasi ini juga harus memberi manfaat yang maksimal kepada JNE, sehingga JNE ke depannya semakin maju dan semakin memiliki daya saing,” ujarnya.

Dengan jumlah karyawan JNE yang mencapai lebih dari 50 ribu orang, maka anggota Koperasi Punakawane ke depannya harus lebih banyak. Selain itu koperasi harus bisa melihat potensi dan ekosistem yang ada di JNE.

Baca juga: Laju JNE di Pulau Garam

Sementara itu Chandra Fireta mengungkapkan, bahwa RAT merupakan bentuk pertanggungjawaban dan laporan pengurus kepada para anggota. RAT juga merupakan perintah UU Perkoperasian.

Para peserta Rapat Anggota Tahunan Koperasi Punakawane 2024.

“Kami mengapresiasi seluruh pengurus koperasi, yang tanpa lelah, tanpa dibayar, bahkan  banyak pengorbanan yang telah diberikan sehingga SHU pun setiap tahun jumlahnya terus  meningkat. Terima kasih atas kerja kerasnya untuk seluruh pengurus,” ucap Chandra Fireta.

Chandra melanjutkan, Koperasi Punakawane terus bertumbuh dan berkembang, banyak jenis usaha baru yang dijalankan sehingga memberi manfaat bagi anggotanya di mana pembagian SHU menjadi income tambahan bagi para anggota.

“SHU tahun ini naik lebih dari dua kali lipat. Akan tetapi jangan lupa para anggota juga harus memberikan support kepada koperasi, sehingga koperasi ke depannya akan terus maju dan memberikan kesejahteraan kepada seluruh anggota,” tegas Chandra.

Sedangkan Malvino Yudo Negoro menuturkan, RAT membahas di antaranya mengenai laporan keuangan, usulan penggunaan SHU dan rencana pengembangan usaha. Ia merasa bersyukur RAT berlangsung sukses dan anggota menerima serta menyetujuinya.

“Kami sebagai pengurus merasa bangga RAT berjalan lancar, anggota menerima pertanggungjawaban dan menyetujui semua yang dibahas.  Ke depannya kami optimis anggota koperasi akan bertambah banyak, karena program sosialisasi kepada para karyawan akan lebih digencarkan. Begitu juga pengembangan usaha akan lebih dimaksimalkan. Banyak opsi yang akan dikerjakan supaya Koperasi Punakawane lebih maju dan berkembang, sehingga akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada JNE. Dan tentunya para anggota lebih sejahtera,” tandas Malvino.

Baca juga: Ajak Content Creator Berkreasi, JNE Sediakan Hadiah Total Ratusan Juta Rupiah!

Seperti diketahui, Koperasi Punakawane berdiri pada 17 Januari 2019, oleh Notaris Elly Halida No 09/Tanggal 17 Januari 2019. Dengan anggota aktif per April 2024 sebanyak 1.486 anggota yang merupakan karyawan JNE. *

Exit mobile version