Rekomendasi AC Hemat Listrik untuk Solusi Cuaca Panas

rekomendasi AC hemat listrik untuk cuaca panas

Sebagian besar wilayah Indonesia belakangan ini mengalami cuaca panas. Nah, buat kamu yang kebetulan ingin mencari rekomendasi AC hemat listrik terbaik 2022, kami punya nih daftarnya!

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mencatat selama periode 1 sampai 7 Mei 2022 suhu maksimum di sekitar wilayah Indonesia berada di 33036,1 derajat Celcius. Apa sih sebab cuaca panas di Indonesia ini?

World Meteorological Organization (WMO) menjelaskan penyebab cuaca panas adalah gelombang panas atau dikenal dengan istilah Heat Wave. Heat Wave merupakan fenomena di mana kondisi udara panas yang berkepanjangan selama lima hari atau lebih secara berturut-turut. Heat Wave ini lah yang menyebabkan suhu maksimum harian lebih tinggi dari suhu maksimum rata-rata hingga 5 derajat Celsius atau lebih.

Baca Juga: Cuaca Panas, Yuk Bersih-Bersih Kipas Angin Tanpa Bongkar

Salah satu cara untuk mengatasi cuaca panas adalah dengan menyalakan AC. Namun, tidak sedikit dari masyarakat yang menanggap AC bisa bikin listrik boros. Padahal, ada juga lho AC yang hemat listrik. Berikut ini rekomendasi merek AC hemat listrik yang nggak bikin kantong boncos.

Daftar AC Hemat Listrik Nggak Bikin Kantong Boncos

1. AC Panasonic

Merek AC yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Selain memberikan hawa dingin yang menyejukkan, AC Panasonic juga dikenal hemat listrik. Hal ini karena teknologi inverter yang ditanamkan di setiap lini produknya. Di samping hemat listrik, AC Panasonic juga punya teknologi nanoe X yang telah teruji telah teruji 99,99% efektif mengempas tuntas varian Virus Corona (Alpha, Beta, Gamma, dan Delta), serta berbagai macam bakteri. Harga produk AC Panasonic dijual dengan rentang harga Rp2 jutaan sampai Rp30 jutaan.

2. AC Gree

Bagi sebagian dari kamu, mungkin merek yang satu ini masih terasa asing. Namun, merek yang berasal dari China ini  sudah berdiri sejak tahun 1991. Salah satu keunggulan dari AC Gree adalah penggunaan teknologi Triple Protection, yakni teknologi tahan api, antibocor, dan anti temperatur tinggi. Adapula teknologi refrigerant R32 yang membuat AC Gree lebih ramah lingkungan. Untuk kategori AC rumahan, AC Gree dijual dengan harga Rp3 jutaan sampai Rp9 jutaan.

3. AC Daikin

Bicara mengenai AC terbaik, sudah pasti kamu setuju kalo Daikin masuk ke salah satunya. Daikin adalah merek AC asal Jepang yang sudah berdiri sejak tahun 1924 di Osaka, Jepang. Produknya sudah terjual di lebih dari 140 negara. Disebut hemat listrik karena AC Daikin dilengkapi dengan teknologi Energy Saving. Di samping itu ada juga teknologi Quiet Operation untuk suara AC yang tidak bising dan Comfortable Airflow Control. Soal harga, AC rumaha Daikin dijual dari harga Rp3 jutaan sampai Rp30 jutaan.

Baca Juga: Rekomendasi TV Rp1 Jutaan untuk Nonton Siaran TV Digital

4. AC Sharp

Masih dari negari Sakura, ada merek Sharp yang juga terkenal di kalangan produsen AC. Sharp sendiri adalah perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1912. AC Sharp menjadi salah satu rekomendasi AC hemat listrik karena dilengkapi teknologi Plasmacluster yang mampu melindungi ruangan dari jamur, alergen, dan bau, serta low voltage yang dapat menghemat penggunaan listrik di rumah. Untuk harganya sendiri, tipe AC rumahan Sharp dijual mulai Rp2 jutaan sampai Rp9 jutaan.

5. AC LG

Beranjak ke rekomendasi berikutnya, ada AC LG. Merek AC asal Korea Selatan ini hadir dengan teknologi Ionazer Sterilization yang bisa dimanfaatkan untuk mensterilkan bakteri dan menghilangkan bau hingga 99,99%. Nah, buat mengatasi panas seperti saat ini, AC LG bisa diandalkan karena memiliki teknologi Jet Cool yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan dengan lebih cepat. Harganya mulai dari Rp2 jutaan sampai Rp9 jutaan.

Baca Juga: Awas, Salah Letakan Makanan di Kulkas Malah Bisa Rusak

Exit mobile version