Rekomendasi Kuliner Lombok Enak Wajib Coba

Gelaran MotoGP 2022 yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 6 Maret mendatang membuat Indonesia, khususnya Lombok, Nusa Tenggara Barat menjadi sorotan dunia. Sebagai salah satu destinasi liburan terkenal di Indonesia, wilayah ini tidak hanya terkenal akan keindahan alam, tapi juga memiliki deretan kuliner Lombok yang lezat.

Ya, kehadiran Marc Marquez cs di Lombok menjadi sorotan warganet di Indonesia. Melalui postingan di media sosial, sejumlah pebalap membagikan momen kagum terhadap keindahan Lombok. Nah, selain dibuat kagum oleh pesona alam, tentu para pebalap handal ini harus mencicipi kuliner Lombok nan lezat.

Lalu apa saja dereta kuliner Lombok enak yang wajib dicoba oleh para pebalap ini? Simak informasinya berikut!

Baca Juga: 5 Kuliner Malang yang Bisa Jadi Pilihan Menarik

1. Ayam Taliwang

 

Pergi ke Lombok sudah pasti tidak afdol kalau tidak mencicipi ayam Taliwang. Sesuai namanya, kuliner ini merupakan kuliner ayam bakar yang berasal dari Desa Taliwang, Sumbawa Barat. Namun, ayam Taliwang kemudian lebih populer di Lombok.

Cara pengolahannya adalah dengan dibakar, kemudian diberi bumbu campuran cabai merah kering, kencur, gula merah, dan garam. Dalam menyantap ayam Taliwang biasanya ditemani oleh plecing kangkung dan nasi hangat. Salah satu rumah makan Ayam Taliwang yang terkenal di kawasan Mandalika adalah Ayam Bakar Bu Lian yang juga menjadi tempat makan favorit Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

2. Sate Rembiga

Indonesia memiliki berbagai macam jenis sate. Ada sate madura, sate padang, sate taichan, sate maranggi, dan ada juga sate rembiga. Buat kamu yang belum tahu, sate rembiga adalah sate yang menggunakan bahan daging sapi yang diberi bumbu cabai. Karenanya, cita rasa dari sate rembiga ini adalah pedas, namun memiliki rasa sedikit manis.

Nama Rembiga sendiri diambil dari nama kelurahan di Selaparang, Maratam, Lombok. Menyantap sate rembiga biasanya dengan lontong atau plecing kangkung. Dagingnya empuk, karena biasanya menggunakan daging bagian has dalam.

3. Sayur Beberuk

Kuliner Lombok enak berikutnya adalah sayur beberuk. Sayur ini memiliki cita rasa yang pedas, tapi ada juga yang punya cita rasa asam. Bahan utama dari sayur beberuk adalah terong bulat hijau dan kacang panjang yang mentah.

Kedua sayuran tadi dipotong kecil-kecil dengan diberi irisan tomat atau sambal tomat dengan bumbu garam. Sayur beberuk biasanya menjadi pelengkap lauk di setiap hidangan khas Lombok, salah satunya adalah nasi campur.

Baca Juga: Pebalap Maverick Vinales Dibuat Kagum dengan Keindahan Lombok

4. Ayam Rarang

Selain ayam Taliwang, ada juga nih kuliner Lombok berbahan dasar ayam, yakni ayam rarang. Biasanya kuliner ini terkenal di kawasan Lombok Timur, tepatnya di Rumah Makan Rarang Inaq Dellah. Rumah makan ini konon sudah ada sejak 1976.

Cita rasa ayam rarang ini mirip dengan ayam Taliwang, yakni pedas. Warnanya merah menyala, bikin mata tergoda. Ayam rarang diolah dengan menggunakan ayam kampung. Penyajiannya pun biasanya dilengkapi dengan plecing kangkung.

5. Nasi Balap Puyung

Kalau lontong balap dari Jawa Timur, maka Lombok punya nasi balap. Jika ingin menyantap makanan ini, kamu bisa berkunjung ke Nasi balap Puyung Inaq Esun yang sudah ada sejak 1970. Dalam seporsi nasi balap puyung terdapat suwiran ayam pedas, kedelai goreng, dan sambal.

Ada juga kering kentang, oseng buncis, dan telur sebagai menu pelengkap. Sepiring nasi balap biasanya disajikan dengan menggunakan alas daun pisang yang membuat cita rasa semakin nikmat.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Malam di Jogja Terbaik, Ada Tempat Makan Cinta dan Rangga

Exit mobile version