Rekomendasi Platform Digital untuk UMKM

platform digital UMKM

Perkembangan teknologi yang semakin pesat berbanding lurus dengan perkembangan platform digital untuk kebutuhan usaha. Agar dapat bertahan, terutama di masa pandemi seperti saat ini, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM pun harus pandai dalam memanfaatkan platform digital tersebut.

Bicara mengenai ekosistem digital, pemerintah Indonesia saat ini tengah gencar untuk mendorong pelaku UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital. Bahkan setelah target 10 juta UMKM Go Digital terlampaui pada November 2020 lalu, kini pemerintah berupaya untuk menargetkan 30 juta UMKM Indonesia sudah Go Digital pada 2023 mendatang.

Tentu untuk bisa mencapai target tersebut, dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak untuk mendorong pelaku UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital. Pasalnya, ada beberapa keuntungan yang bisa didapat oleh pelaku UMKM ketika sudah terjun ke dunia digital, di antaranya tidak perlu menyewa toko, bisa dimulai dengan modal yang kecil, hingga menjangkau pasar yang lebih luas.

Nah, tanpa berlama-lama, berikut ini beberapa platform digital untuk UMKM yang bisa kamu manfaatkan untuk mengakselerasikan usahamu.

Baca Juga: Serap Resep Dongkrak Bisnis UMKM di Tengah Pandemi ala Gojek

1. Channel Media Sosial

Di jaman penggunaan smartphone dan internet seperti saat ini, media sosial menjadi salah satu saluran yang tepat untuk dapat mempromosikan barang daganganmu. Ada banyak sekali ragam media sosial yang bisa kamu manfaatkan, di antaranya Instagram, Facebook, hingga Twitter. Selain sifatnya gratis, kamu juga bisa menggunakan fitur promosi berbayar yang disediakan oleh penyedia platform media sosial. Dengan demikian, kamu bisa menargetkan konsumen secara spesifik, entah itu dari segi usia, tempat tinggal, hingga gender.

2. 99 Persen Usahaku

99 Persen Usahaku merupakan sebuah platform layanan berbasis aplikasi (Android) dan web yang diciptakan untuk membantu pelaku UMKM agar lebih efisien, maju, dan berkembang. Di samping dapat mempromosikan produknya, pelaku UMKM dapat memanfaatkan 99 Persen Usahaku sebagai sarana untuk dapat memperoleh pengetahuian lewat konten pembelajaran yang disediakan, di antaranya digital learning melalui pelatihan daring, artikel seputar informasi bisnis, cerita sukses dari pelaku UMKM, dan forum diskusi.

3. LinkAja

Kamu butuh modal untuk memulai bisnis online? Kamu bisa mengajukan pinjaman melalui platform digital LinkAja. Dompet digital besutan Telkomsel dan sejumlah BUMN lainnya ini menyediakan layanan peminjaman online yang bekerja sama dengan beberapa penyedia pinjaman online, seperti Mandiri Utama Finance, UKU, Pegadaian, Onehope, dan Kredit Pintar dengan nominal peminjaman hingga Rp50 juta. Kamu pun tidak perlu khawatir keamanannya, karena fasilitas peminjaman ini sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga: Kemenkop UKM Siapkan Stimulus Agar UMKM Bisa Bangkit

4. Telkomsel MyAds

Buat kamu yang kadung punya usaha konvensional, kamu juga bisa memasarkan produkmu melalui platform digital seperti Telkomsel MyAds. Sedikitnya ada tiga keunggulan utama yang ditawarkan Telkomsel MyAds, di antaranya Eksklusif, Spesifik, dan Terukur. Dengan menggunakan Telkomsel MyAds, kamu dapat menjangkau ratusan juta pelanggan Telkomsel dari seluruh Indonesia. Kamu juga dapat memonitor performa iklan yang kamu buat.

5. GoBiz

Platform digital yang satu ini sangat cocok buat kamu yang memiliki usaha kuliner. Super app besutan Gojek ini diciptakan sebagai sebuah solusi bisnis untuk membantu para mitra UMKM yang tergabung ke dalam ekosistem Gojek, khususnya GoFood. Melalui GoBiz, para pelaku usaha di ekosistem Gojek yang berjumlah lebih dari 500.000 UMKM ini, mampu mengembangkan usahanya ke tahap selanjutnya serta membantu operasional usaha sehari-hari, mulai dari mengatur promosi secara mandiri, memilih metode pembayaran, pencatatan pesanan dan rekap transaksi, hingga pengelolaan kepegawaian.

Baca Juga: UMKM Sepatu Sendal Bogor Siap Tembus Pasar Ekspor

Exit mobile version