Rekomendasi Sarapan Praktis buat Orang Kantoran, Tak Sampai 30 Menit!

Kamu sedang mencari rekomendasi sarapan praktis? Melewatkan sarapan sering kali dilakukan oleh banyak orang. Apalagi bagi kamu yang bekerja kantoran dan tidak mau repot menyiapkan makanan atau bahkan sedang menjalani program diet. Padahal, sarapan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho.

Sarapan adalah waktu makan terpenting. Asupan nutrisi saat sarapan ini dapat membantu proses metabolisme dan membakar kalori sepanjang hari. So, tidak heran jika kamu sering kali melewatkan sarapan maka akan timbul masalah kesehatan, seperti peningkatan trigliserida, penurunan kolesterol baik, hingga sindrom metabolik.

Sebelum kamu melewatkan sarapan lebih banyak lagi, maka kamu perlu mengetahui manfaatnya di bawah ini.

Rekomendasi Sarapan dan Manfaatnya untuk Tubuh

1. Memberi nutrisi yang cukup bagi tubuh

Jika kamu terlalu sering melewatkan sarapan, maka vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak akan terpenuhi dengan optimal.

Namun, kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kudapan yang berat di pagi hari. Kamu dianjurkan mengonsumsi sereal gandum, buah dan sayur, daging tanpa lemak, telur rebus, susu rendah lemak, ayam, maupun keju. Jangan segan untuk mengombinasikannya dengan protein, serat, dan karbohidrat komplek agar merasa kenyang lebih lama, ya.

Baca juga: Tips dan Trik Chef Devina Agar Bahan Makanan Tetap Segar

2. Melindungi tubuh dari kolesterol jahat

Dengan rutin melakukan sarapan, maka kamu dapat terhindar dari serangan kolesterol jahat, lho. Asupan serat yang tinggi saat sarapan juga dipercaya meminimalkan penyakit jantung, menyeimbangkan kadar gula darah, serta mencegah resistensi insulin.

So, tidak heran jika kamu rutin melakukan sarapan maka kamu dapat terhindar dari risiko diabetes.

3. Meningkatkan kemampuan kognitif

Tidak hanya untuk tubuh, rutin melakukan sarapan juga dapat meningkatkan konsentrasi otak. Ketika sarapan, otak akan menyerap asupan nutrisi pertama setelah berpuasa semalaman.

Nutrisi tersebut berupa glukosa dan glikogen, di mana jika kebutuhan glukosa tidak terpenuhi maka dapat mempengaruhi daya konsentrasimu dan cepat lelah tentunya.

Cobain Rekomendasi Sarapan Praktis ini Yuk!

Nah, masalahnya, bagi orang kantoran waktu sarapan itu bisa jadi sempit banget. So, butuh beberapa menu yang bisa disiapkan supercepat, supaya nggak telat berangkat ke kantor tanpa skip sarapan.

1. Nasi goreng

Siapa yang tidak familier dengan menu nusantara ini? Rekomendasi sarapan praktis yang satu ini dijamin memiliki cita rasa yang yummy dan bergizi, tentunya.

Selain nasi, kamu dianjurkan untuk menambahkan sayur, ayam, telur, dan bahan pelengkap lainnya agar kebutuhan nutrisimu dapat terpenuhi saat sarapan. Bumbunya juga minimalis; hanya bawang putih, bawang merah, kecap, saus sambal, saus tomat, dan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Bumbu instan nasi goreng juga banyak ditemukan di warung-warung kecil. Oseng-oseng sebentar, bisa langsung disantap.

Baca juga: 5 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal Sampai Luar Negeri

2. Pancake

Rekomendasi sarapan pagi yang satu ini dijamin praktis dan enak tentunya. Saking praktisnya, untuk membuat pancake, kamu tidak perlu menghabiskan waktu hingga 30 menit, lho.

Pasalnya, kamu hanya perlu membuat adonan yang terdiri dari tepung terigu, satu butir telur, dan susu. Setelah itu, panaskan butter dengan api kecil di sebuah pan. Tuangkan adonan ke pan, dan tunggu hingga matang. Kamu bisa menambahkan cocho chips atau pisang sesuai selera, ya.

Menambahkan pisang sebagai topping pancake dipercaya membuatmu kenyang lebih lama, lho. Pasalnya pisang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga dapat memenuhi nutrisimu untuk menjalani hari.

3. Salad

Buat kamu yang tidak mau repot membuat menu sarapan, salad adalah rekomendasi sarapan yang praktis dan sehat juga.

Kamu bisa memilih beberapa bahan segar, lalu mencucinya dengan bersih. Tambahkan kentang rebus maupun tomat untuk menambah kandungan nutrisinya agar lebih seimbang. Pastikan menu salad yang kamu buat sudah mengandung gizi seimbang, mulai dari protein, karbohidrat, vitamin, mineral, hingga lemak, ya.

4. Oatmeal

Rekomendasi sarapan praktis berikutnya adalah oatmeal. Ide sarapan yang satu ini tidak kalah praktis dan tentunya menyehatkan, lho.

Campurkan oatmeal dengan susu sebagai pengganti air. Menambahkan susu sebagai pengganti air ini dipercaya dapat meningkatkan kandungan protein. Tambahkan topping seperti madu, sirup, dan potongan buah favorit agar lebih menggugah selera, ya.

Oatmeal sendiri memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, mulai dari vitamin B kompleks, zat besi, hingga magnesium.

5. Nasi Pecel

Nasi pecel merupakan menu rekomendasi sarapan favorit bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Jawa, khususnya di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

Menu yang terdiri dari nasi, sejumlah sayuran yang sudah direbus, dan disiram sambal kacang ini sangat menggugah selera. Kamu juga bisa memilih lauk mulai dari rempeyek, tempe goreng, bakwan, dan masih banyak lagi.

Biasanya tanpa kamu repot-repot membuatnya, nasi pecel kerap dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Atau, banyak juga tersedia sambel pecel siap makan, yang hanya tinggal diseduh dengan air hangat. Sayurannya bisa dipilih sesuai seleramu.

Mudah, dan murah. Nggak usah khawatir bikin dompet jebol!

6. Avocado Toast

Avocado toast adalah menu sarapan yang terdiri dari alpukat, roti panggang, dan telur setengah mateng. Rekomendasi sarapan ini paling cocok untuk milenials yang nggak mau repot sebelum ke kantor, lho.

Konon, dengan rutin mengonsumsi alpukat, maka asupan lemak baik untuk tubuhmu dapat terpenuhi sehingga kamu dapat terhindar dari risiko penyakit jantung.

7. Smoothies

Rekomendasi sarapan yang dapat kamu coba sebelum menghadapi bos di kantor adalah smoothies.

Campuran buah dan susu ini kaya akan asam amino, antioksidan, dan juga asam lemak. Meminum smoothies di waktu sarapan dapat membuat proses metabolism di dalam tubuhmu lebih optimal.

Kamu bisa mengombinasikan strawberry, blueberry, pisang, youghurt dengan susu almond. Kebayang kan, rasanya gimana? Yummy.

8. Sandwich

Sandwich adalah menu sarapan yang anti ribet. Pasalnya kamu tinggal menyiapkan setangkup roti, daging sapi, daging ayam, ikan tuna, atau ikan salmon dikombinasikan dengan telur, selada, tomat segar, dan mayonise. Kamu juga bisa menambahkan saus sambal hingga cream cheese untuk membuat sandwich.

Baca juga: 5 Makanan Khas Nusantara Ini Dibuat dari Sisa Makanan Lho

Nah, itulah rekomendasi sarapan yang dapat kamu coba di rumah. Menu sarapan di atas dijamin tidak menyita waktumu untuk pergi ke kantor, kok. Kira-kira, kamu akan mencoba menu yang mana dulu?

Menu sarapan mana saja yang kamu pilih, tetap praktis, mudah, dan menyehatkan. Selamat mencoba!

Exit mobile version