Rekomendasi Spot Sunrise Terbaik di Jogja

Puncak Suroloyo spot sunrise Jogja

Menikmati sunrise bagi sebagian orang merupakan kenikmatan yang hakiki. Karenanya, tidak sedikit dari para pelancong yang berburu spot terbaik untuk menikmati sunrise di berbagai wilayah Indonesia, termasuk spot sunrise terbaik di Jogja berikut ini.

Ya, Jogja memang terkenal akan tempat wisata alam dan budaya di Indonesia. Kalau ke Jogja, pasti kamu ingetnya candi-candi kan. Tapi ada juga lho spot sunrise terbaik yang bisa kamu kunjungi kalau kamu tidak mager untuk bangun pagi.

Nah, langsung aja nih kita simak tempat wisata apa saja sih yang bisa jadi spot sunrise terbaik di Jogja?

Deretan Tempat Wisata di Jogja untuk Menikmati Sunrise

1. Kebun Buah Mangunan

Bisa dibilang Kebun Buah Mangunan menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan karena pemandangan indahnya di pagi hari. Hal ini karena ketika di pagi hari kamu bisa melihat pemandangan alam berupa hamparan awan yang tebal, sehingga Kebun Buah Mangunan kerap disebut sebagai ‘negeri di atas awan’. Lokasinya sendiri berada di Jalan Imogiri – Dlingo.

Menurut sang pengelola, untuk bisa melihat pesona ‘negeri di atas awan’, pengunjung disarankan untuk datang sekitar pukul 05.00 – 06.00 WIB. Selain menikmati pesona sunrise dan hamparan awan, Kebun Buah Mangunan juga kerap dihinggapi kabut, terutama ketika di musim penghujan. Rute menuju Kebun Buah Mangunan ditempuh dengan waktu kurang lebih 60 menit dari pusat Kota Yogyakarta. Harga tiket masuknya sendiri sangat terjangkau, yakni Rp5.000 pada hari biasa dan Rp6.000 di akhir pekan atau hari libur nasional.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran

Tempat berikutnya untuk menikmati matahari terbit di Jogja adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Disebut gunung api purba karena gunung ini merupakan fosil gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir gunung ini akan meletus ya. Jarak tempuh dari pusat kota Yogyakarta ke tempat ini memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Tentu saja, jika ingin menikmati pesona indah matahari terbit, kamu harus datang pada pagi hari atau tepatnya sekitar pukul 05.30 WIB. Jangan lupa untuk siapkan mental dan fisik ya, karena kamu juga harus mendaki dengan waktu pendakian mencapai 40 menit untuk sampai ke puncak Gunung Api Purba Nglanggeran. Jadi, buat kamu yang mencari tantangan, sangat tepat nih untuk berkunjung ke sini. Dan ketika sampai di puncaknya, rasa lelah akan terbayar dengan keindahannya.

Baca Juga: Cara Unik Menikmati Keindahan Candi Borobudur

3. Puncak Suroloyo

Dilansir dari Wikipedia, Puncak Suroloyo merupakan salah satu puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh yang memiliki ketinggian sekitar 1.019 mdpl dan membentang sepanjang Yogyakarta dan Jawa Tengah. Bahkan nih, kamu bis lho melihat Candi Borobudur dari atas Puncak Suroloyo. Jadi, bukan cuma pemandangan sunrise saja yang bisa kamu lihat.

Namun, untuk bisa menemukan Candi Borobudur dari Puncak Suroloyo ini dibutuhkan ketelitian. Dan jika kamu ingin memotretnya, siapkan perlengkapan kamera yang lengkap ya. Puncak Suroloyo bisa dibilang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Kabupaten Kulon Progo. Lokasinya sendiri berada di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo dengan jarak tempuh 33 kilometer atau 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta.

4. Pantai Sundak

pantai sundak spot matahari terbit Jogja

 

Menikmati sunrise di Jogja tidak hanya bisa dilakukan dari tempat-tempat yang tinggi. Dari tempat yang rendah seperti pantai pun kamu bisa lho. Salah satunya adalah melalui Pantai Sundak yang berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Jogja. Untuk menuju Pantai Sundak, dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota.

Pantai Sundak memiliki hamparan pasir putih yang luas dengan tebing dan batu karang. Selain cocok dipakai untuk menikmati matahari terbit, pantai ini juga pas buat kamu untuk berwisata air. Bisa dibilang pantai ini tidak seluas pantai-pantai pada umumnya. Untuk saat ini tidak banyak masyarakat yang tahu akan pantai ini.

Baca Juga: Deretan Artis yang Pernah Berlibur ke Turki, Negara ‘Layangan Putus’

Exit mobile version