Bosan ke Borobudur? Cobain 5 Wisata Yogyakarta Ini!

Goa Jomblang (foto: Instagram/eric.gozal)

Rekomendasi wisata Jogja – Yogyakarta atau Jogja akan selalu menjadi tujuan liburan terfavorit, baik bagi wisatawan lokal maupun asing. Nah, berkunjung ke Yogyakarta bukan cuma mengunjungi wisata yang itu-itu saja.

Mungkin kamu bosan dengan Candi Borobudur atau Candi Prambanan? Atau kamu mungkin juga sudah bosan berkeliling di Malioboro? Jangan khawatir, Yogyakarta ini hampir setiap tahunnya memiliki tempat wisata baru yang tak kalah menarik dari yang sudah disebutkan di atas.

Jika kamu masih bingung untuk listing destinasi wisata Yogyakarta apa saja yang mau kamu kunjungi, destinasi wisata berikut ini wajib masuk list itinerary kamu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Camping di Bogor yang Asoy

1. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem

Bukner Kaliadem termasuk ke dalam salah satu lokasi wisata bersejarah. Hal ini karena Bunker Kaliadem menjadi saksi bisu ganasnya letusan Gunung Merapi di tahun 2006, dimana pada saat itu ada dua relawan yang tewas terpanggang ketika sedang berada di dalam bunker ini.

Eits, tapi tunggu dulu. Di tempat ini kamu bisa melihat gagahnya Gunung Merapi dari Bunker Kaliadem ini. Tempat wisata yang berlokasi di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman ini sendiri sejatinya sudah dibangun lho sejak pemerintahan kolonial Belanda.

Bunker Kaliadem sangat cocok untuk kamu yang mencari ketenangan dan refreshing dari kegiatan sehari-hari yang membuatmu penat karena hawa di sini sangat sejuk.

2. Gunung Api Purba

Kalau kamu salah satu penggemar lagu Didi Kempot, kamu mungkin sudah tak asing dengan lagu Banyu Langit. Dalam penggalan lirik lagu tersebut, Didi Kempot turut memasukkan Gunung Api Purba. Nah, berkat promosi dari Didi Kempot ini, gunung yang berlokasi di Nglanggeran, Wonosari, Gunungkidul ini pun langsung diserbu masyarakat.

Gunung Api Purba ini menyuguhkan berbagai macam jenis bebatuan, mulai dari breksi, lava, dan juga andesit yang pastinya akan membuatmu berdecak kagum. Gunung ini sudah ada sejak 60 hingga 70 tahun yang lalu, maka dari itu disebut Purba.

Untuk bisa masuk ke tempat ini, kamu hanya perlu mengeluarkan kocek mulai dari Rp15.000 hingga Rp20.000. Selain bisa merasakan indahnya pemandangan, kamu juga bisa meraasakan sejuknya udara yang ada di sini.

3. Upside Down World

Salah satu destinasi wisata Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi selanjutnya, Upside Down World. Dari pertama buka hingga sekarang, destinasi wisata ini selalu ramai pengunjung. Di Upside Down World, banyak spot-spot unik dan seru untuk berfoto yang harus dipamerkan di feeds instagram kamu!

Upside Down World ini berada di Jalan Ring Road Utara, Depok, Yogyakarta. Untuk bisa masuk ke tempat ini, kamu harus merogoh kocek yang lumayan dalam, yakni Rp80.000 untuk orang dewasa, dan Rp40.000 untuk anak-anak. Tapi, kamu bisa sepuasnya berfoto dengan tema terbalik di tempat wisata Jogja terseru ini!

Baca Juga: 5 Wisata Hutan Pinus Cantik Yang Berada Di Bandung

4. Goa Jomblang

Tempat ini menjadi tempat favorit buat pecinta Kpop. Pasalnya, Goa Jomblang menjadi destinasi wisata Yogyakarta yang pernah dikunjungi oleh boyband Super Junior dan DBSK! Lokasi Goa Jomblang sendiri terletak tidak dari Gunung Kidul.

Goa Jomblang sangat cocok untuk kamu yang menyukai wisata ekstrim lho! Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir. Karena nantinya kamu akan dipandu oleh tour guide ketika ingin trekking di Goa Jamblang. Kamu juga akan mendapat peratalan pengamanan berstandar internasional ketika mengeksplorasi goa ini.

Untuk bisa menikmati tamasya di Goa Jomblang, kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit nih, yakni mulai dari Rp450.000. Tapi, biaya yang dikeluarkan sepadan kok dengan sensasi petualangan yang ditawarkan. Tertarik untuk mencoba wisata Jogja yang satu ini?

5. Museum Ullen Sentalu

Wisata Yogyakarta selanjutnya adalah Museum Ullen Sentalu. Nah, buat kamu yang suka dengan wisata sejarah atau hasil karya seni dari masa lalu, cocok nih berkunjung ke sini.

Museum yang berlokasi di Kaliurang ini memiliki arsitektur bangunan yang unik. Jika masuk ke sini, kamu bisa melihat berbagai macam karya seni peninggalan pada masa kerajaan Mataram di masa lalu. Cocok banget deh buat kamu pecinta sejarah.

Seperti di museum-museum lainnya, Museum Ullen Sentalu juga menetapkan hari Senin sebagai liburnya museum. Jadi buat kamu yang mau ke Museum Ullen Sentalu, jangan di hari Senin, ya. Siapkan juga uang Rp30.000 hingga Rp50.000 untuk tiket masuk.

Baca Juga: 5 Objek Wisata di Banyuwangi Wajib Kamu Kunjungi

Exit mobile version