Intip Rekomendasi Destinasi Wisata di Sabang

“Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau.”

Di antara kamu di sini pasti sudah tidak asing lagi dengan sepenggal lirik lagu tersebut, bukan? Ya, lagu tersebut merupakan lagu Dari Sabang Sampai Merauke yang diciptakan oleh R. Suharjo.

Lagu tersebut menggambarkan kondisi kepulauan Indonesia yang terbentang dari Kota Sabang yang terletak di Provinsi Aceh dan Kota Merauke yang terletak di provinsi Papua. Sabang sendiri dikenal sebagai kota yang terletak di Pulau Weh, yakni pulau paling barat yang ada di Indonesia.

Sama seperti pulau lain yang ada di Indonesia, di Sabang ini juga terkenal dengan berbagai macam destinasi wisata menarik. Yuk langsung saja simak deretan wisata yang ada di Kota Sabang.

Baca Juga: Tempat-tempat ini Sangat Asik Buat Ngabuburit di Jogja

1. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer merupakan sebuah bangunan berbentuk monumen dengan tinggi sekitar 43,6 meter. Bangunan ini terletak di Desa Iboih atau kurang lebih sekitar satu jam perjalanan dari pusat Kota Sabang. Arsitektur Tugu Nol Kilometer sendiri cukup unik, di mana terdapat sebuah rencong yang merupakan senjata khas Aceh mengapit di sisi kanan dan kiri, serta lambang Garuda Indonesia di puncaknya. Jika mengunjungi Tugu Nol Kilometer, kamu bisa melihat berbagai macam pemandangan, seperti hutan, laut, dan sejumlah tempat nongkrong.

2. Pantai Iboih

Nah, tidak jauh dari Tugu Kilometer Nol, ada sebuah pantai yang memiliki pemandangan indah, yakni Pantai Iboih. Pantai ini terletak di seberang tepi barat Pulau Weh dan menghadap ke Samudera Hindia. Ada berbagai macam aktifitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Iboih, di antaranya snorkeling, menyelam, hingga surfing. Oleh pemerintah setempat, pantai ini sudah ditata sedemikian rupa, sehingga membuat nyaman wisatawan yang berkunjung. Ada beragam fasilitas, seperti akomodasi dan tempat santai.

3. Danau Aneuk Laot

Wisata Sabang tidak hanya dikenal dengan panorama pantai dan laut, tapi ada juga nih wisata di danau bernama Danau Aneuk Laot. Danau ini berlokasi di bagian tengah Kota Sabang dengan luas sekitar 37,5 hektar. Buat kamu yang suka berwisata ke danau, maka cocok banget nih berkunjung ke Danau Aneuk Laot. Karena selain airnya yang jernih, udara di sekitar danau ini sejuk dan segar. Jadi, kamu bersama keluarga atau kawan bisa berpiknik ria di sekitaran danau sembari menyaksikan sunset.

Baca Juga: 5 Destinasi Instagramable di Surabaya

4. Gua Sarang

Destinasi wisata di Sabang ini dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih selama 40 menit dari Pelabuhan Balohan, Sabang. Namun, setibanya di sana, perjalanan yang cukup lama dan ditambah dengan kondisi jalan yang berliku akan terobati dengan indahnya pemandangan di sana. Kamu bisa menyaksikan hamparan laut biru yang jernih dan keasrian hutan lindung yang lebat. Gua Sarang biasanya banyak dipakai buat para pemburu konten, karena di sini banyak sekali spot foto yang indah.

5. Taman Laut Rubiah

Wisata Sabang berikutnya adalah Taman Laut Rubiah yang letaknya sebelah barat laut Pulau Weh. Nah, buat kamu yang hobi menyelam atau snorkeling, cocok nih ke tempat ini. Karena Taman Laut Rubiah terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Kurang lebih ada sekitar 14 dari 15 biota laut yang dilindungi di Indonesia ada di taman laut ini. Kalau memang kamu malas berenang, kamu bisa kok menyaksikan keindahan bawah laut dari atas perahu dengan mengintip melalui lubang kaca.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Malang dengan Pemandian Alam

Exit mobile version