5 Wisata Gunung di Pulau Jawa untuk Keluarga

Rekomendasi Wisata Gunung Keluarga – Belakangan ini, liburan ke gunung seolah menjadi favorit masyarakat Indonesia. Meski demikian, tidak semua gunung bisa dijadikan sebagai tempat berlibur yang nyaman, terlebih jika mereka berlibur bersama keluarga.

Ya, liburan memang menjadi agenda yang sering dilakukan akhir-akhir ini. Bukan tapa sebab, mereka sepertinya jenuh dan merasa penat selama masa karantina pandemi beberapa bulan lalu. Meski masih ada yang takut-takut untuk pergi berlibur, ada juga yang sudah memberanikan diri untuk berlibur.

Liburan ke gunung memang menyenangkan. Selain bisa melihat pemandangan alam, kamu juga bisa merasakan udara yang sejuk yang bisa menyegarkan pikiran. Nah, buat kamu yang ingin berlibur ke pegunungan bersama keluarga, berikut ini rekomendasi gunung yang cocok untuk wisata keluarga.

Baca Juga: Sultan Masuk! Panduan Liburan Mewah ke Labuan Bajo

Daftar Wisata Gunung Keluarga yang Asik

1. Gunung Galunggung

Gunung yang berlokasi di Tasikmalaya, Jawa Barat ini sangat cocok untukmu jika ingin mengajak keluarga berlibur. Untuk bisa mencapai ketinggian tertentu untuk menikmati pemandangan alam dan udara segar, kamu bisa mendakinya dengan menaiki anak tangga yang berjumlah sekitar 620 anak tangga.

Kamu pun tidak perlu khawatir kelelahan, karena tidak butuh waktu lama agar kamu bisa mencapai puncak. Kebanyakan yang berlibur ke sini memang wisatawan yang membawa keluarga. Salah satu spot terkenal di Gunung Galunggung adalah kawah.

2. Bukit Sikunir

Rekomendasi wisata gunung keluarga berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Bukit Sikunir. Bukit yang berada di Dataran Tinggi Dieng ini kerap disebut sebagai negeri di atas awan. Mengapa? Karena bukit yang memiliki ketinggian 2.300 mdpl ini menawarkan pemandangan alam yang eksotis.

Kamu bisa melihat pemandangan delapan gunung ketika sudah mencapai puncaknya, yang hanya membutuhkan waktu 30 menit pendakian. Akses pendakiannya pun mudah karena sudah disediakan anak tangga. Bukit Sikunir sendiri memiliki golden sunrise yang pastinya sangat cocok untuk keluarga.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Bogor yang Sudah Buka Kembali

3. Tangkuban Perahu

Kalau ingin ke wisata gunung yang cocok untuk keluarga, sudah pasti Tangkuban Perahu menjadi jawabannya. Gunung yang berlokasi di Cikole, Lembang, Jawa Barat ini terkenal dengan kawahnya yang indah dan juga udaranya yang sejuk.

Tangkuban Perahu bisa dikunjungi oleh semua usia, bahkan lansia sekalipun. Kamu bisa memilih untuk trekking atau bisa menaiki shuttle bus yang disediakan untuk bisa menuju ke lokasi kawahnya. Kawah yang terkenal di Tangkuban Perahu adalah Kawah Ratu. Tapi, selain itu ada juga berbagai macam kawah, seperti Kawah Upas dan Kawah Domas.

4. Gunung Kelud

Sedikit bergeser ke Jawa Timur, kamu bisa mengunjungi Gunung Kelud. Salah satu pesona yang ditawarkan Gunung Kelud adalah kawahnya yang terbentuk akibat letusan. Oh iya, Gunung Kelud sendiri termasuk ke dalam gunung teraktif yang ada di Indonesia.

Selain kawah, gunung yang terakhir meletus pada tahun 2014 ini juga menawarkan berbagai macam keindahan, di antaranya Puncak Gajah Mungkur, Puncak Kelud, dan Puncak Sumbing. Selain itu ada juga zona agrowisata di mana menyajikan pemandangan berupa hamparan taman bunga yang bersanding dengan tanaman lain. Rute wisata Gunung Kelud sendiri tidak terlalu sulit dan bisa ditempuh hanya beberapa jam.

5. Gunung Ijen

Gunung yang masih berada satu kawasan dengan Gunung Kelud ini juga bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin berlibur bersama keluarga. Salah satu daya tarik di Gunung Ijen adalah kawahnya yang memiliki pemandangan indah.

Meski kawahnya indah, kamu juga harus waspada dengan kandungan belerangnya. Gunung Ijen memiliki fenomena berupa api biru (blue fire) yang konon katanya hanya ada di sini. Untuk bisa menikmati api biru memang kamu harus mengunjunginya pada waktu dini hari.

Baca Juga: Menikmati Semburat Golden Sunrise Gunung Andong

Exit mobile version