Rekreasi di Jakarta dengan Anggaran Terbatas: 6 Aktivitas Gratis atau Terjangkau yang Bisa Dilakukan

Mengisi waktu luang di akhir pekan atau libur panjang dengan rekreasi di Jakarta dapat dilakukan dengan anggaran terbatas, khususnya bagi warga Jabodetabek. Kota yang memiliki ikon wisata Monumen Nasional alias Monas ini menyimpang beragam tempat rekreasi murah tetapi menarik untuk dijelajahi.

Bahkan, beberapa di antaranya menawarkan rekreasi gratis untuk para pengunjung. Wisata gratis tak berarti rekreasi tersebut membosankan, justru sejumlah tempat menjadi serbuan bagi para pengunjung di kala berlibur.

Tak dimungkiri, banyak orang mengira berlibur dan menghabiskan waktu liburan di Jakarta pasti akan mengeluarkan anggaran yang tak sedikit. Namun, hal ini kembali kepada selera dan gaya hidup setiap individu.

Apalagi, Jakarta tak hanya diisi dengan pusat perbelanjaan atau mal-mal mewah berisi luxury brand. Ada banyak lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Penasaran? Berikut ulasan tentang kegiatan rekreasi di Jakarta dengan anggaran terbatas.

6 Ide Kegiatan Rekreasi di Jakarta yang Murah Meriah

1. Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki

Jika tertarik dengan destinasi wisata kesenian maka tempat ini sangat cocok. Pusat kesenian Jakarta yang menjadi tempat wisata edukasi, salah satu destinasi rekreasi di Jakarta untuk wisata seni dan budaya.

Taman Ismail Marzuki baru saja melakukan revitalisasi dan menampilkan konsep baru yaitu The New creative Hub and Art Center dan The New Urban Tourism Destination. Penampilan tempat ini semakin estetik, modern, dan menarik.

Lokasi Taman Ismail Marzuki di Jalan Cikini Raya, Jakarta, yang berdekatan dengan Institut Kesenian Jakarta. Di sini terdapat teater kecil maupun besar untuk penyelenggaraan teater hingga pementasan musik, planetarium yang menyajikan wahana wisata perbintangan, taman di atas basement, hingga Perpustakaan Jakarta.

TIM dibuka mulai pukul 9.00-21.00 setiap hari Senin-Jumat dan dapat dikunjungi secara gratis. Untuk beberapa destinasi memerlukan biaya masuk tetapi tetap dalam harga yang terjangkau.

Baca juga: Melacak Jejak Sejarah Budaya dengan Liburan di Jakarta

2. Urban Forest Cipete

Pemandangan yang sangat langka ketika menemukan tempat rekreasi di Jakarta dengan pepohonan hijau layaknya hutan di kota metropolitan Jakarta.

Kawasan yang berlokasi di Cilandak Barat, Jakarta Selatan ini dilengkapi kafe dan restoran yang dapat dikunjungi sembari menikmati suasana hutan di tengah kota. Tempat ini digandrungi oleh para milenial karena tempatnya yang instagramable dan cocok untuk hangout dan berfoto-foto.

Beberapa fasilitas tambahan yang akan sangat membantu seperti stop kontak, akses Wi-Fi yang cepat, hingga playground untuk anak-anak tersedia di sini. Tempat ini gratis untuk dikunjungi dan diperbolehkan untuk membawa hewan peliharaan untuk berjalan-jalan. Urban Forest ini buka dari pukul 07.00-22.00 WIB.

Rekreasi di Jakarta dengan Anggaran Terbatas: 6 Aktivitas Gratis atau Terjangkau yang Bisa Dilakukan

3. Kawasan Kota Tua

Belum lengkap rasanya jika rekreasi di Jakarta tanpa mengunjungi kawasan Kota Tua. Bukti sejarah dan kebudayaan sangat kental terasa di sini.

Dahulu kawasan ini menjadi pusat pemerintahan dan ekonomi pada masa Hindia Belanda, dibangun oleh VOC tahun 1619. Sekarang Kota Tua sudah menjadi ikon Kota Jakarta dan selalu ramai pengunjung.

Spot wisata yang dapat dijelajahi di Kota Tua ini yaitu Museum Fatahillah yang berada di tengah lapangan Kota Tua, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa, dan Kali Besar yang berdampingan dengan bangunan kolonial di sekitarnya.

Akses menuju Kota Tua dapat melalui commuter line tujuan akhir Kota Tua. Harga tiket masuk ke beberapa tempat pun sangat terjangkau mulai dari Rp 10.000.

4. Perpustakaan Nasional

Wisata edukasi yang bisa dilakukan adalah dengan mengunjungi Perpustakaan Nasional di Jakarta Pusat. Di sini pengunjung dapat menikmati layanan gratis dalam mengakses buku-buku.

Perpustakaan Nasional ini sangat luas dan mencakup berbagai macam buku mulai dari sains hingga sejarah. Di setiap lantai bangunannya dibedakan berdasarkan tema buku-buku yang ada. Dari lantai paling atas perpustakaan dapat dinikmmati pemandangan Monumen Nasional dan Kota Jakarta yang luas.

Layanan kunjungan ke Perpustakaan Nasional ini mulai dari hari Senin sampai Jumat dari pukul 08.00-15.30. Lokasi Perpustakaan Nasional berada di Jalan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta pusat, gedung dengan 24 lantai merupakan Perpustakaan Nasional.

5. Pantai Pasir Putih PIK

Destinasi pantai yang dapat dikunjungi wisatawan ialah Pantai Pasir Putih PIK 2 ini. Pengunjung belum dipungut biaya hingga waktu yang belum ditentukan. Berlokasi di Jakarta Utara, pantai ini sering kali dinikmati masyarakat sembari jogging.

Di pantai ini pengunjung bisa berfoto, bermain pasir, ataupun sekadar jalan-jalan. Suasana di sini masih segar dengan adanya ruang terbuka hijau. Jam operasional Pantai Pasir putih PIK 2 mulai dari pukul 06.00-22.00 setiap hari. Tidak ada biaya tiket masuk untuk mengunjungi pantai ini.

6. Jakarta Good Guide

Jika ingin mencoba pengalaman yang berbeda, kamu bisa mengikuti sejumlah kegiatan komunitas rekreasi di Jakarta untuk mengisi waktu luang di akhir pekan. Salah satu yang dapat dicoba yaitu Jakarta Good Guide. Komunitas jalan-jalan ini akan membawamu berkeliling ke tempat-tempat legendaris di Jakarta.

Ada pemandu profesional dan berlisensi yang membantu wisatawan untuk memperkenalkan sejumlah sudut kota di Ibu Kota ini. Dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, komunitas ini dibangun pada tahun 2014. Kegiatannya banyak, di antaranya para wisatawan diajak berjalan kaki sepanjang 3-5 km untuk mengunjungi tempat bersejarah.

Yang menarik, komunitas ini memiliki konsep Pay-as-You-Wish, di mana setiap peserta dibebaskan untuk memberikan tip atau tarif sesuai kemampuan dan kepuasan peserta dari tur tersebut.

Baca juga: Daftar 10 Taman Kota di Jakarta yang Cocok untuk Tempat Jalan-Jalan Santai

Nah, dari sekian rekomendasi rekreasi di Jakarta tersebut mana yang paling membuat kamu tertarik? Wisata ke tempat-tempat gratis atau bergabung dengan komunitas untuk mengisi akhir pekanmu? Silakan mencoba!

Exit mobile version