Panduan Lengkap untuk Rental Mobil di Bali: Tip dan Trik

Rental mobil di Bali merupakan pilihan banyak wisatawan. Sudah secara umum diketahui, bahwa rental mobil di Bali terkenal murah dibandingkan dengan destinasi wisata lainnya di Indonesia.

Jika bersama keluarga atau teman-teman, akan lebih hemat jika menyewa mobil daripada bolak-balik memesan taksi. Wisatawan juga akan lebih leluasa membawa keluarga dan barang-barang. Namun, keselamatan, keamanan dan kenyamanan berwisata harus tetap diutamakan.

Mengapa Harus Rental Mobil di Bali?

Panduan Lengkap untuk Rental Mobil di Bali: Tip dan Trik

Bali adalah destinasi wisata utama di Indonesia yang menyediakan atraksi wisata lengkap, antara lain laut, pantai, gunung, danau, sawah, beach club hingga seni dan budaya. Sayang sekali jika liburan di Bali hanya dihabiskan di dalam hotel. Berkeliling Bali adalah cara menghabiskan liburan yang lebih mengasyikkan.

Rental mobil cocok untuk wisatawan yang datang berenam atau lebih. Jika hanya datang berdua, lebih praktis menyewa motor untuk bepergian jarak dekat dan menyewa mobil jika untuk jarak jauh. Sedangkan jika datang lebih dari 30 orang, sebaiknya menyewa jasa travel agent atau EO (Event Organizer) untuk memudahkan koordinasi.

Sebagian wisatawan memilih menyewa mobil tanpa sopir untuk mendapatkan kebebasan sepenuhnya. Tanpa sopir, mereka bebas mengobrol apa saja, bebas menumpuk barang bawaan dan oleh-oleh, serta bebas menggunakan waktu. Namun banyak juga yang memilih menyewa mobil bersama sopir agar tidak perlu memikirkan rute perjalanan dan parkir. Dengan atau tanpa sopir, rental mobil dianggap lebih leluasa, praktis, dan hemat untuk rombongan.

Baca juga: Panduan Wisata Road Trip Jakarta ke Bali: Rute dan Destinasi Menarik

Tip Mendapatkan Harga Terbaik

Meski terbilang murah, tapi sudah sifat manusia masih punya keinginan untuk mendapatkan yang paling murah. Apalagi jika ke Bali membawa anak, orang tua, dan mertua yang berarti ada pengeluaran besar. Berikut adalah tip untuk mendapatkan harga rental mobil terbaik, yang sebagian dikutip dari laman Bali Caring Community:

  1. Minta rekomendasi teman, baik yang tinggal di Bali atau yang pernah berwisata ke Bali. Biasanya menyewa mobil atas rekomendasi teman akan mendapatkan harga terbaik. Jika tidak ada diskon, biasanya akan mendapat beberapa bonus atau kemudahan.
  2. Membandingkan harga rental di media sosial atau OTA (Online Travel Agent). Sekarang OTA tidak hanya menjual tiket, tapi juga menawarkan rental kendaraan.
  3. Pesan jauh-jauh hari agar tidak terpaksa menerima mobil sewa yang mahal karena tidak ada pilihan lain lagi.
  4. Perhatikan biaya-biaya tambahan atau tersembunyi, misalnya pengantaran mobil ke penyewa, asuransi, BBM, deposit, makan sopir, waktu tambahan, dan sebagainya.

Pemilihan Jenis Mobil Rental

Pemilihan jenis mobil rental harus disesuaikan dengan kebutuhan, kenyamanan dan kemampuan. Berikut adalah tip pemilihan jenis mobil rental di Bali.

  1. Mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan BBM irit, seperti Avanza, Xenia, dan Ertiga, memiliki banyak peminat. Persediaan mobil jenis ini juga banyak sehingga mudah ditemui. Meski mobil ini cocok untuk rombongan keluarga hingga 7 orang, sebaiknya mobil cukup diisi 6 orang agar penumpang bisa istirahat dengan baik setelah beraktivitas seru. Harga sewa mobil ini sekitar Rp200.000 hingga Rp300.000 per 24 jam tanpa sopir dan tanpa BBM, yang biasa disebut dengan lepas kunci. Jika menggunakan sopir dan BBM, harga sewanya mencapai Rp400.000 hingga Rp650.000. Namun, umumnya penggunaan sopir dibatasi 6 hingga 10 jam saja.
  2. Bali juga memfasilitasi wisatawan yang ingin tampil gaya dengan mobil Pajero hingga Alphard Transformer dengan harga sewa di atas Rp2.000.000 per hari. Mobil ini cocok untuk siapa pun yang memiliki bujet longgar.
  3. Untuk pasangan atau keluarga kecil berjumlah 4 orang, ada beberapa jenis city car, antara lain Agya, Ayla dan Brio, dengan harga sewa sedikit di bawah MPV. Wisatawan juga bisa menyewa jenis mobil ini dengan sopir, tetapi ukuran mobil ini cukup kecil untuk ditambah dengan orang yang baru dikenal. Sementara rental mobil di Bali untuk sedan yang lebih besar agak sulit didapatkan.

Syarat-Syarat Rental Mobil di Bali

Para pemilik usaha rental mobil di Bali sudah paham bahwa yang mereka layani adalah wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Karena itu, kecil kemungkinan wisatawan menggunakan tanda pengenal Bali. Pelaku usaha akan meminta syarat lain sebagai berikut:

  1. KTP yang masih berlaku di seluruh Indonesia.
  2. SIM A wajib punya bagi yang akan menyewa mobil secara lepas kunci.
  3. Memberikan nomor ponsel, alamat hotel, dan nomor kamar selama berlibur di Bali.
  4. Memberikan uang muka sebelum mobil diantarkan. Biasanya uang muka hangus jika terjadi pembatalan.
  5. Mobil hanya bisa digunakan di dalam Pulau Bali.
  6. Beberapa perusahaan rental meminta Kartu Keluarga atau KK bagi yang membayar menggunakan kartu kredit keluarga untuk keperluan verifikasi.

Baca juga: Liburan Hemat: Tip dan Trik Berburu Tiket Pesawat ke Bali dan Mendapatkan Akomodasi Terjangkau

Demkianlah informasi tentang rental mobil di Bali. Yang tak kalah penting adalah memeriksa kondisi mobil dengan detail pada saat serah terima. Biasanya pemilik usaha rental mobil akan mengenakan denda jika mobil kembali dengan keadaan tidak seperti semula.

Exit mobile version