6 Rest Area Terbesar di Indonesia dan Fasilitasnya

JNEWS – Rest area atau tempat istirahat dan pelayanan (TIP) merupakan fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna jalan tol untuk beristirahat sejenak dari perjalanan. Jarak antar tempat istirahat ini dibuat dengan interval tertentu agar aktivitas berkendara tidak terlalu melelahkan dan bisa lebih nyaman.

Di Indonesia, pembangunan infrastruktur jalan tol berkembang pesat selama satu dekade belakangan ini. Berbagai daerah khususnya Indonesia bagian tengah, timur, dan barat sudah memiliki jalan tol.

Dikutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, sejak tahun 1978 hingga saat ini (per Oktober 2023) luas total jalan tol di Indonesia yang telah beroperasi sepanjang 2.816,7 km. Jalan tol ini tersebar di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Bali.

Dalam pengoperasian jalan tol tersebut, dikelola oleh 52 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dengan 73 ruas jalan tol dan 132 tempat istirahat dan pelayanan.

Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan jalan tol, berikut ini beberapa rest area terbesar di Indonesia beserta fasilitasnya.

6 Rest Area Terbesar di Indonesia

Perlu diketahui, tempat istirahat dan pelayanan (TIP) di Indonesia terbagi ke dalam dua kategori yakni tipe A dan tipe B. Perbedaan utama dari keduanya adalah tipe A terdapat SPBU dan luas, sedangkan pada tipe B tidak ada SPBU.

Luas dari rest area tipe A minimum 6 hektare dengan lebar 150 meter. Fasilitas di tipe ini pun cukup lengkap dan memadai. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini ulasan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) terbesar di Indonesia.

6 Rest Area Terbesar di Indonesia dan Fasilitasnya

1. Rest Area KM 19

Rest Area KM 19 ada di ruas tol Jakarta-Cikampek dan telah beroperasi sejak tahun 2005. Daya tarik utama dari tempat istirahat dan pelayanan (TIP) ini adalah kanopinya yang dirancang berbentuk seperti kapal yang mengutamakan kenyamanan, keleluasaan dan keterbukaan ketika mengisi bahan bakar. Dengan keunikan tersebut, TIP ini pernah meraih penghargaan MURI sebagai kanopi terunik se-Indonesia.

Berbagai fasilitas yang bisa ditemui di tempat ini antara lain:

Baca juga: Mengenal Ruas-Ruas Jalan Tol Pertama di 5 Pulau di Indonesia

2. Rest Area KM 102

Rest area KM 102 ada di ruas tol Cipali (Cikopo-Palimanan) tepatnya di jalur menuju Cirebon (arah timur), kurang lebih jaraknya 4 km sesudah gerbang tol dan simpang susun Kalijati. Tol ini menghubungkan Jakarta dengan berbagai kota di Jawa Barat seperti Cirebon dan Bandung.

Area TIP ini memiliki suasana sejuk dan pemandangan hijau. Hal ini tidak lepas dari aneka pepohonan dan tanaman hijau yang mengelilinginya. Tidak mengherankan jika tempat ini selalu ramai dikunjungi karena menawarkan suasana nyaman dan fasilitas lengkap.

Beberapa fasilitas yang ada di tempat ini antara lain:

3. Rest Area KM 166 A Tol Cipali

Tempat istirahat dan pelayanan (TIP) KM 166 A Tol Cipali terletak di jalan tol Cipali (Cikopo-Palimanan) tepatnya di km 166 dari arah Cikopo, Jawa Barat. Tempat ini selalu ramai dikunjungi karena memiliki area yang luas, fasilitas lengkap bahkan ada playground untuk anak-anak.

Manajemen TIP ini selalu tanggap dengan kebutuhan masyarakat menjelang arus mudik Lebaran dengan menyediakan berbagai fasilitas tambahan seperti toilet umum. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi TIP KM 166.

Fasilitas yang ada di KM 166 antara lain:

4. Rest Area TRAVOY KM 207 A Palikanci

Tempat istirahat dan pelayanan (TIP) TRAVOY KM 207 berada di jalan tol Palimanan Kanci atau biasa disebut Palikanci, arah Jawa Tengah. Luas dari TIP ini enam hektare. Lokasinya yang strategis karena masuk ke dalam rute utama yang digunakan pemudik saat pulang kampung. Hal inilah yang membuat tempat ini selalu ramai dijadikan tempat peristirahatan.

Area TIP ini dikelilingi pepohonan dan tanaman hijau sehingga terasa sejuk. Tak hanya itu saja, fasilitas yang lengkap di tempat ini membuat pengunjung betah untuk istirahat. Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di KM 207 A.

5. Rest Area KM 429 A Tol Ungaran – Bawen

Masyarakat yang hendak menuju Kota Solo atau Salatiga melalui jalur Pantura, ruas jalan tol Semarang-Bawen bisa dijadikan pilihan. Di ruas tol ini ada rest area KM 429 A yang luas.

Daya tarik dari TIP KM 429 A ini adalah letaknya di daerah perbukitan sehingga dikelilingi pepohonan yang membuat suasana sejuk dan nyaman. Beberapa fasilitas yang ada di KM 429 A antara lain:

6. Rest Area Pendopo KM 456

Resta Pendopo 456 merupakan TIP terbaik yang ada di Indonesia. Lokasinya tidak jauh dari exit tol Salatiga dan bisa dinikmati oleh pengendara dari arah Semarang ke Solo maupun sebaliknya. Daya tarik utama dari resta ini adalah sky bridge yang menghubungkan kedua area TIP.

Tak hanya itu saja, TIP ini memiliki lima joglo dengan atap limas. Menurut filosofi, lima joglo dengan atap limas memiliki arti lima gunung yang ada di Jawa Tengah yakni Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing dan Telomoyo.

Konsep TIP ini dirancang tidak hanya untuk tempat istirahat saja tetapi juga destinasi wisata karena memiliki panorama yang indah dan fasilitas lengkap. Menariknya lagi, berada di tempat ini terasa seperti di mal karena memiliki sejumlah tenant yang menjual merek internasional seperti NIKE, Adidas, Puma, Levi’s.

Fasilitas yang ditawarkan resta Pendopo 456 yaitu:

Baca juga: Pengemudi Wajib Tahu, Tips Berkendara Aman dan Nyaman di Jalan Tol

Berkendara di jalan tol membutuhkan berbagai persiapan mulai dari kondisi kendaraan yang prima dan tubuh yang fit. Oleh karena itu, hadirnya rest area terbesar bisa dijadikan pilihan terbaik untuk menghindari micro sleeping dan mengambil jeda sejenak agar tubuh bisa istirahat sebelum melanjutkan kembali perjalanan.

Exit mobile version