10 Restoran Indonesia dengan Pemandangan Menakjubkan: Makan Enak sambil Menikmati Keindahan Alam

Restoran Indonesia dengan pemandangan indah merupakan tempat healing terbaik setelah menjalani rutinitas kehidupan. Restoran seperti ini umumnya berada di daerah yang jauh dari kota. Orang akan mencarinya pada masa liburan karena perlu waktu lebih banyak untuk sampai di restoran tersebut.

Restoran dengan pemandangan indah sering dijuluki menjual view. Tentu saja mereka tetap menjual makanan. Tanpa makanan enak, pengunjung tidak akan kembali. Tingginya kebutuhan untuk menghabiskan waktu dengan suasana berbeda membuat restoran Indonesia mencari lokasi yang menarik selain menawarkan makanan lezat.

10 Restoran Indonesia dengan Pemandangan yang Menakjubkan

Indonesia memiliki banyak sekali restoran dengan pemandangan menawan. Bahkan Buzzfeed memilih Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata dengan makanan terenak di dunia. Berikut adalah 10 restoran Indonesia dengan pemandanganmengagumkan.

Restoran Indonesia - Enam Langit by Plataran
Sumber: IG @enamlangit.borobudur

1. Enam Langit by Plataran di Jawa Tengah

Enam Langit merupakan bagian dari Plataran Borobudur Resort & Spa, sehingga sering disebut sebagai Enam Langit by Plataran. Dahulu Enam Langit disebut Mata Langit. Enam Langit terletak di Perbukitan Menoreh, Magelang, Jawa Tengah.

Enam Langit seakan muncul di antara puncak Gunung Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Sumbing dan Prau. Pemandangan inilah yang menghasilkan foto fantastis dan viral. Pengunjung dapat bersantap ala fine dining atau piknik sambil menikmati pemandangan Candi Borobudur, matahari terbit dan matahari tenggelam.

Baca juga: 14 Makanan Internasional yang Diakui Terenak Sedunia – Banyak dari Indonesia!

2. Amanjiwo di Jawa Tengah

Masih di sekitar Borobudur, Magelang, terdapat Restoran Amanjiwo yang berada di lingkungan Amanjiwo Resort. Amanjiwo sudah terkenal sebelum Nikita Willy berbulan madu di sana. Amanjiwo memiliki kebijakan untuk menjaga privacy dan ketenangan sehingga sebelum marak media sosial, tak banyak yang tahu bahwa di sana ada hotel bertaraf internasional.

Bangunan Amanjiwo yang mirip Candi Borobudur, membuat pengunjung seolah kembali ke masa yang sangat lampau. Pengunjung dapat menikmati hidangan ala fine dining atau yang lebih santai di bagian teras dengan pelayanan penuh sambil menikmati pemandangan candi, sawah, gunung dan pepohonan.

Sumber: IG @tumpengmenoreh

3. Tumpeng Menoreh di Perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta

Tumpeng Menoreh didirikan oleh Erix Soekamti, anggota band  Endank Soekamti. Restoran Indonesia ini langsung viral karena lokasinya yang menakjubkan di atas Perbukitan Menoreh, dengan pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing. Ada yang menyebutkan bahwa Tumpeng Menoreh terletak di Kulonprogo, ada yang menyebutkan terletak di Magelang. Namun Erix menyatakan bahwa Tumpeng Menoreh terletak di Gelangprojo, yaitu Magelang – Kulonprogo – Purworejo.

Tumpeng Menoreh buka selama 24 jam. Menu yang disajikan adalah khas pedesaan di sekitarnya karena ada kerja sama dengan masyarakat setempat.

4. Kampung Daun di Jawa Barat

Kampung Daun di Lembang ini benar-benar seperti namanya, yaitu dikelilingi oleh rimbunan daun sehingga seolah di dalam hutan. Agar menyatu dengan sekelilingnya, interior dan eksterior bangunan utama dan saung-saungnya didesain mirip perkampungan di desa.

Menu yang disediakan menyesuaikan konsep restoran secara keseluruhan, yaitu hidangan khas Sunda yang autentik dari jajanan hingga menu utama.

5. Damar Langit di Jawa Barat

Damar Langit di Puncak, Cisarua, ini merupakan restoran baru yang menjadi satu dengan Damar Langit Resort. Dengan konsep casual dining, Damar Langit menyajikan menu-menu sarapan, makan siang dan makan malam yang ditata apik.

Diliputi udara sejuk khas Puncak, Damar Langit menyajikan pemandangan yang indah dan lengkap. Ada gunung, lembah, bahkan kelap-kelip perkotaan. Pengunjung dapat tetirah sejenak untuk merenungi keramaian nun jauh di sana.

Sumber: Plataran

6. Atlantis On The Rock di NTT

Atlantis on The Rock di Labuhan Bajo juga termasuk dalam pengelolaan Plataran. Atlantis on The Rock merupakan salah satu lokasi yang digunakan dalam KTT ASEAN 2023 lalu. Tempat ini menyajikan pemandangan yang tiada duanya. Berada persis di tepian Laut Flores, restoran Indonesia ini menghadap ke Kepulauan Komodo.

Atlantis on The Rock menyajikan hidangan dari hasil laut yang ditangkap nelayan setempat, yang diolah oleh chef bertaraf internasional. Pengunjung dapat menyantap hidangan sambil menantikan sunset yang menawan.

7. Escape Bajo

Escape Bajo masih berada di Labuhan Bajo. Hanya saja restoran Indonesia ini lebih sederhana dibandingkan dengan Atlantis on The Rock. Yang membuatnya istimewa adalah lokasinya yang benar-benar bisa membuat pengunjung duduk menghadap ke Laut Flores.

Escape Bajo merupakan sebuah coffee shop,  tempat yang cocok untuk bersantai seorang diri maupun bersama teman-teman. Pemandangan Laut Flores yang lepas dan pulau-pulau kecil di hadapannya, akan memberikan suasana yang nyaman untuk berkontemplasi sambil menyesap kopi. Escape Bajo juga menyediakan makanan-makanan praktis.

8. Siwa Resorts  di NTB

Siwa Resorts yang terletak di ketinggian, di atas Pantai Kuta Lombok, memiliki restoran dengan pemandangan yang mengagumkan. Di media sosial, restoran milik Siwa Resorts ini lebih dikenal dengan Siwa Cliffs.  Siwa Cliffs menawarkan pemandangan lembah yang sangat luas disambung dengan Pantai Kuta dan Laut Lombok. Siwa Cliffs terkenal sejak Sirkuit Mandalika diresmikan karena membuka akses ke lokasi Siwa.

Siwa Cliffs menyediakan hidangan sarapan, makan siang dan makan malam dengan menu western yang dipadu dengan menu Indonesia. Menu-menu Siwa mengutamakan bahan-bahan dari sekitar, terutama hasil laut.

Baca juga: 7 Rekomendasi Cafe di Jogja yang Instagrammable

9. Ayana di Bali

Restoran Ayana Bali di Jimbaran merupakan bagian dari Ayana Resort Bali. Ayana tidak hanya memiliki satu tapi beberapa restoran, baik yang berkonsep indoor maupun outdoor. Restoran-restoran yang memiliki pemandangan luar biasa adalah Rock Bar, Kisik Lounge & Seafood Restaurant, Sami-sami, Unique Roof Top & Restaurant, Dava Steak & Seafood, Luna Rooftop Bar, Kampoeng Bali, To’Ge, Padi, dan Damar.

Masing-masing restoran memiliki ciri khas. Rock Bar berdiri di pinggiran Samudera Hindia sehingga menyajikan pemandangan lautan yang lepas dan ganas. Menu yang dihidangkan ala cocktail party. Unique membuat pengunjung bisa melihat cakrawala yang sangat luas dan jauh, terdiri dari pepohonan dan lautan. Menu yang disajikan adalah menu Meksiko. Sedangkan Kampoeng Bali menyajikan menu khas Bali, lengkap dengan pemandangan sawah.

Sumber: IG @kepiturestaurantubud

10. KePitu di Bali

KePitu Restaurant merupakan bagian dari The Kayon Resort. The Kayon dinobatkan sebagai Luxury Honeymoon Resort Winner 2022. Tak heran gelar ini didapatkan karena pemandangan sekitarnya memberikan perasaan tenang dan privat. KePitu merupakan restoran Indonesia terbaik untuk romantic dinner di tengah keindahan persawahan dan rimbunan pohon di Ubud.

KePitu menawarkan berbagai menu sesuai dengan tema yang sedang dipromosikan. Pengunjung juga bisa memesan menu khusus untuk keperluan pribadi, termasuk pengaturan tempat.

Demikianlah 10 restoran Indonesia yang terletak di tempat-tempat indah, seperti pinggir pantai, pegunungan, atau hutan. Menghabiskan waktu bersantap di restoran sambil menikmati keindahan alam sekitarnya akan memberikan pengalaman makan yang tak terlupakan.

Exit mobile version