Ridwan Kamil Minta Emak-emak se-Jawa Barat Belanja Produk UMKM

Motor Custom Ridwan Kamil buat Istri garapan UMKM/@ridwankawil

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, membuka peresmian UKM Jabar Paten yang dilakukan secara virutal. Dalam momen itu, pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut meminta semua pihak untuk produktif berbelanja produk UMKM.

Terutama untuk kaum emak-emak, alias ibu-ibu. Menurut Kang Emil, dengan berbelanja produk lokal besutan UMKM, maka secara otomatis juga mendorong program Bangga Buatan Indonesia (BBI).

“Saya perintahkan kepada ibu-ibu di Jawa Barat, tolong belanjanya dimaksimalin. Kalau suami protes, nanti bilang aja, diperintahkan oleh Gubernur Jawa Barat,” ucapnya.

Tak hanya itu, Kang Emil juga meminta untuk seluruh tamu, termasuk para pejabat di lingkunga dinas Jabar untuk ikut mempromosikan produk UMKM.

BACA JUGA : BLT UMKM Cair, Tapi Berkurang Jadi Rp 1,2 Juta

Selain dengan menggunakan atau membeli, caranya bisa dengan mengunggah produk UMKM tersebut di media sosial masing-masing, dan sebisa mungkin dilakukan setiap hari.

Gerakan Bangga Buatan Indonesia

LEbih lanjut dia menjelaskan bila Jawa Barat dipilih pemerintah untuk mengkampanyekan BBI sepanjang April 2021. Untuk itu, sebanyak 15.000 UMKM terpilih akan dipromosikan oleh semua pihak.

BBI sendiri merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Melalui gerakan ini, diharapkan bisa membantu para pelaku UMKM untuk kembali bangit setelah diterpa pendemi, selain itu industri lokal juga merupakan salah satu pilar pembangunan nasional.

Dengan demikian, Jokowi berharap agar Indonesia tak lagi berhantung pada produk impor, bahkan beberapa waktu lalu Jokowi juga sempat geram hingga menyerukan benci produk impor.

BACA JUGA : So Sweet, Ridwan Kamil Kasih Kado Motor Custom UMKM Buat Bu Cinta

Langkah-langkah strategi untuk membantuk UMKM juga sudah disiapkan, bahkan pemerintah memberikan anggaran belanja khusus bagi produk UMKM hingga siap membantu untuk menembus pasar ekspor.

Exit mobile version