Rincian Biaya Franchise Alfamart, Indomaret, dan Alfamidi

rincian biaya franchise alfamart, indomaret, dan alfamidi

Membuka sebuah usaha, bisa dengan cara waralaba atau franchise. Nah, ada satu ide bisnis franchise menarik nih yang bisa kamu jalankan, yakni menjadi bos minimarket. Berapa sih memang biaya franchise Alfamart, franchise Alfamidi, dan franchise Indomaret?

Sama seperti gerai minimarket pada umumnya, Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret merupakan minimarket dengan sistem waralaba. Bisnis di sektor minimarket ini dinilai menjanjikan, sebab minimarket seolah sudah menjadi sebuah kebutuhan di kalangan masyarakat. Siapa coba di sini yang nggak membeli kebutuhan di minimarket?

Baca Juga: Pengen Cuan di Tengah Pandemi, Bisa Lirik Franchise Apotek K-24

Karenanya, buat kamu yang ingin membuka bisnis franchise Alfamart, franchinse Alfamidi, dan franchise Indomaret, simak deh tata caranya berikut ini!

Biaya Franchise Alfamidi

Sebelum kamu berniat membuka franchise Alfamidi, kamu perlu tahu bahwa kamu harus membayar biaya investasi terlebih dahulu. Biaya franchise Alfamidi atau biaya investasi berbeda-beda, tergantung dari tipe gerai yang ingin dipilih.

Biaya franchise Alfamidi paling murah ada di angka Rp750 juta untuk tipe gerai 60 dengan area penjualan 200-250 meter persegi. Di tipe gerai 60 ini kamu bisa menjual total 60 item. Sementara untuk tipe gerai 80, budget yang harus kamu keluarkan untuk investasi adalah Rp850 juta. Di tipe gerai yang satu ini memiliki luas area yang tidak berbeda jauh, yakni 251-250 meter persegi dengan jumlah item mencari 7.000 item.

Kemudian ada tipe gerai 100 dengan nilai investasi mencapai Rp950 juta. Tipe gerai yang satu ini memungkinkan kamu untuk berjualan dengan total lebih dari 7.500 item. Perlu kamu ingat bahwa biaya tersebut tentu di luar biaya renovasi dan tempat yah.

Di samping itu, investasi tersebut berlaku selama 10 tahun yang meliputi merk dagang, sistem, management, dan supply barang. Namun, urusan instalasi kelistrikan, alat-alat toko, perizinan badan usaha hingga kelengkapan toko sudah termasuk di dalamnya.

Baca Juga: Deretan Franchise Kuliner Murah di Bawah Rp15 Juta, Sikat!

Biaya Franchise Alfamart

Buat kamu yang ingin membuka bisnis franchise Alfamart, rincian biaya franchise Alfamart berbeda dengan Alfamidi. Di Alfamart terbagi menjadi empat kategori tergantung jumlah rak jualan. Berikut rinciannya:

  1. Tipe gerai 9 rak (30 m2): Rp300 juta
  2. Tipe gerai 18 rak (60 m2): Rp350 juta
  3. Tipe gerai 36 rak (80 m2): Rp450 juta
  4. Tipe gerai 45 rak (100 m2): Rp500 juta

Sekadar caratan, biaya investasi tersebut sudah meliputi franchise Fee sebesar 45 juta untuk 5 tahun, instalasi listrik, peralatan gerai dan air conditioner, cash register dan sistem informasi ritel, shop sign dan polesign, prijinan gerai, serta biaya promosi dan persiapan pembukaan gerai. Namun, nilai investasi tersebut di luar dari investasi properti dan estimasi investasi tersebut bisa berubah sesuai kondisi pada saat proses pembukaan.

Biaya Franchise Indomaret

Sementara itu buat kamu yang ingin membuka Indomaret, kamu musti mengajukan lokasi yang potensial. Kalau kamu bingung, biasanya tim dari Indomaret akan memberikan rekomendasi lokasi yang sudah berdiri bangunan dan dilengkapi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Untuk biaya investasi yang perlu kamu kurang lebih sebesar Rp494 juta, dengan rinciah Rp36 juta untuk franchise fee selama 5 tahun, Rp9,5 juta untuk biaya promosi pembukaan toko, Rp221,5 juta renovasi dan tambah daya listrik, dan Rp227 juta untuk peralatan toko.

Khusus selama IFRA Expo 2022, di Jakarta Convention Center (JCC), Indomaret memberikan diskon untuk franchise fee menjadi hanya Rp 18 juta. Calon mitra yang tertarik dapat mengunjungi JCC dan datang ke booth Indomaret.

Baca Juga: Ide Bisnis dari Hobi Pelihara Kucing, Murah Meriah Lho

Exit mobile version