Riset UI: Jumlah Perempuan Pegiat UMKM Tumbuh 30 Persen

ilustrasi gambar mengenai perempuan penggiat UMKM

Selain memfasilitasi dan melakukan sosialisasi NIB bersama Kemenves RI/BKPM, Tokopedia melakukan berbagai inisiatif lain untuk memberdayakan perempuan pelaku UMKM agar semakin meraja di negeri sendiri.

Mengingat saat ini sudah ada sekitar 12 juta penjual yang bergabung dengan Tokopedia dan hampir 100%nya UMKM termasuk yang digerakkan oleh perempuan.

Baca juga: Turun, Serangan Ransomware ke UKM di Indonesia

Riset LPEM FEB UI 2020 mengungkap bahwa jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol lewat Tokopedia selama pandemi hampir 1,5 kali lipat lebih tinggi dibanding laki-laki.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan sejumlah inisiatif dilakukan untuk memaksimalkan potensi perempuan pelaku UMKM melalui pendepatan Hyperlocal.

“Berkat upaya-upaya tersebut, Tokopedia mencatat kenaikan jumlah perempuan penjual mencapai hampir 30 persen pada awal 2023 dibandingkan periode yang sama sebelum pandemi pada Maret 2020,” jelas Rizky dalam keterangannya, dikutip Rabu (8/3/2023).

Baca juga: Mendag: Hari BBI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Beberapa wilayah dengan lonjakan jumlah perempuan penjual paling tinggi adalah Denpasar, Badung, Balikpapan, Makassar dan Palembang, dengan rata-rata peningkatan lebih dari tiga kali lipat.

Di sisi lain, beberapa kategori di Tokopedia dengan peningkatan jumlah perempuan penjual paling tinggi, antara lain Perawatan Hewan, Buku, Makanan dan Minuman, Perlengkapan Pesta dan Kerajinan hingga Olahraga, dengan rata-rata peningkatan lebih dari dua kali lipat selama awal 2023 dibanding periode yang sama sebelum pandemi.

Jumlah Perempuan Pembeli di Tokopedia Naik 40 Persen

Selain berbagai peningkatan yang terjadi pada perempuan pelaku UMKM, Tokopedia juga mencatat temuan menarik dari sisi perempuan sebagai pembeli pada awal 2023.

Baca juga: Ini 3 Layanan Bayar Pajak Lewat E-Commerce

“Kenaikan jumlah perempuan pembeli mencapai hampir 40 persen dibandingkan periode yang sama sebelum pandemi,” jelas Rizky.

Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Dapur dan Perawatan Tubuh menjadi beberapa kategori di Tokopedia yang paling laris dibeli perempuan. Sementara itu, perabotan rumah, produk perawatan rambut, bumbu dan bahan masakan, dekorasi pesta dan make up menjadi beberapa produk di Tokopedia yang paling banyak diburu oleh perempuan.

Exit mobile version