Panduan Wisata Road Trip Jakarta ke Bali: Rute dan Destinasi Menarik

JNEWS – Melakukan road trip sebagai bagian perjalanan liburan adalah hal yang menantang sekaligus menyenangkan. Apalagi jika pergi bersama keluarga atau bestie. Rute perjalanan panjang yang favorit dilakukan adalah Jakarta ke Bali.

Wisata road trip merupakan kegiatan yang dilakukan melalui perjalanan darat dengan jarak cukup panjang serta waktu tempuh lebih lama dibandingkan moda transportasi lainnya. Umumnya untuk melakukan perjalanan ini menggunakan mobil atau motor. Namun, apabila ingin pergi bersama keluarga, mobil adalah pilihan terbaik.

Ada banyak hal yang bisa didapatkan selama road trip seperti menghabiskan waktu terbaik bersama keluarga lebih lama, mengunjungi berbagai tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya dan waktu perjalanan pun lebih santai.

Road trip Jakarta ke Bali sering dilakukan wisatawan karena sekarang ini infrastruktur darat di seluruh Pulau Jawa sudah memadai. Ini ditandai dengan hadirnya tol Trans Jawa yang menghubungkan berbagai kota, sehingga bisa mempersingkat jarak tempuh.

Bagi yang akan melakukan road trip Jakarta ke Bali, berikut ini rute dan tempat singgah yang bisa dijadikan panduan.

Rute Jakarta ke Bali dan Tempat Singgah

Panduan Wisata Road Trip Jakarta ke Bali

Berdasarkan Google Maps jarak tempuh Jakarta ke Bali adalah 1.182 km dengan waktu tempuh 18 jam 13 menit melalui Jl. Raya Pantura. Namun, tentu saja tidak selamanya tepat karena pasti ada persinggahan baik di beberapa titik.

Untuk perjalanan dari Jakarta ke Bali bisa menggunakan tol Trans Jawa. Berikut rute melalui tol yang bisa dijadikan panduan.

Baca juga: 7 Villa Murah di Bali dengan Pemandangan Menakjubkan

Lantas di mana saja bisa dijadikan tempat singgah?

1. Rest Area KM 19 Jakarta-Cikampek

Rest area ini telah beroperasi sejak tahun 2005 silam dan sering disebut sebagai rest area kapal karena desain kanopi berbentuk kapal. Di sini ada banyak tempat makan, kafe, minimarket, musala, hingga toilet.

2. KM102

Memasuki tol Palimanan, ada rest area KM102 arah ke Cirebon. Ini merupakan rest area terbaik tipe A. Di tempat ini, fasilitasnya cukup lengkap, mulai dari SPBU, kafe, minimarket, parkiran luas, restoran, dan keamanan terjamin.

3. KM456

Berikutnya ada rest area terbaik versi Kementerian PUPR. Mengapa disebut terbaik? Desainnya mengusung tema pendopo, jadi tidak heran rest area ini disebut sebagai rest area pendopo.

Luas tempat ini 3,3 hektare menawarkan pemandangan indah. Menariknya lagi ada sky bridge yang menghubungkan 2 arah yakni Surabaya dan Jakarta, tenant-tenant branded, kafe, restoran, toilet, musala, dan food court.

4. Pantai Cacalan

Masuk ke Kota Probolinggo, wisatawan bisa memilih untuk rehat sejenak sambil mengunjungi wisata yang ada. Salah satu tempat wisata yang tidak terlalu jauh dengan lokasi Pelabuhan Ketapang adalah Pantai Cacalan. Di sini, wisatawan bisa menikmati pemandangan laut yang memesona sambil menikmati momen matahari terbenam.

5. Three B Café and Restaurant

Ingin makan sambil menikmati pemandangan laut? Pilihan Three B Café and Restaurant adalah yang terbaik. Tempat makan ini juga memiliki villa, jadi cocok untuk wisatawan yang ingin menginap. Jaraknya tidak jauh dari Pelabuhan Ketapang, kurang lebih 16 menit.

Tip Road Trip Jakarta ke Bali Aman dan Nyaman

1. Mempersiapkan Rute yang Akan Ditempuh

Tip pertama adalah menyiapkan rute mana yang akan ditempuh. Untuk rute memang bisa mengandalkan Google Maps atau aplikasi penunjuk arah lainnya seperti Waze. Namun, alangkah lebih baik apabila wisatawan telah riset untuk rute yang akan dilewati.

Ini akan membantu wisatawan selama perjalanan, meminimalkan risiko salah arah, menghemat tenaga serta waktu. Tak hanya itu saja, jika sudah riset terkait rute, wisatawan akan tahu titik-titik mana saja akan disinggahi misalnya rest area, restoran maupun penginapan.

2. Mengecek Kondisi Kendaraan

Melakukan road trip, kendaraan adalah hal penting untuk diperhatikan. Karena keamanan dan keselamatan saat berkendara bergantung pada kondisi kendaraan. Ingat, bahwa perjalanan Jakarta ke Bali kurang lebih 20 jam, jadi kendaraan harus dalam kondisi yang optimal.

Jika menyewa mobil rental, wajib menanyakan kondisinya ke pihak yang menyewakan. Jangan sampai, kendaraan yang akan dikendarai mengalami masalah dalam perjalanan karena bisa mengancam keselamatan dan rencana liburan bisa berantakan.

3. Menyiapkan Bujet

Setiap perjalanan perlu memikirkan bujet dengan matang. Dirinci apa saja pengeluaran untuk road trip ini. Mulai dari biaya bensin, tol, uang makan, menginap, naik feri, belanja oleh-oleh, dan lain-lain. Persiapkan secara detail agar tidak kekurangan uang selama perjalanan.

Bawalah uang cash secukupnya biar tidak repot harus turun mampir di ATM. Sediakan juga uang dalam dompet digital untuk memudahkan pembayaran di tempat-tempat tertentu.

4. Menyiapkan Dokumen

Ada sejumlah dokumen yang mesti dipersiapkan agar perjalanan berjalan lancar seperti KTP, STNK, SIM mobil harus lengkap serta masih berlaku. Untuk penyeberangan feri dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk, dibutuhkan e-ticket yang bisa dibeli secara online.

5. Penginapan

Apabila merasa perlu berhenti untuk menginap di sepanjang jalan Jakarta ke Bali, maka tentukan daerah mana yang akan disinggahi untuk beristirahat agar tubuh bisa fit kembali. Selain itu, tentukan juga penginapan selama di Bali karena khawatirnya penuh apalagi jika road trip dilakukan saat liburan. Biasanya banyak wisatawan yang mengunjungi Bali dan hotel di sana akan full book.

Baca juga: 9 Rekomendasi Toko Oleh-Oleh Khas Bali yang Besar dan Terkenal Murah

6. Perhatikan Kondisi Tubuh

Melakukan road trip Jakarta ke Bali, kesehatan wajib diperhatikan. Karena akan melakukan perjalanan cukup panjang, duduk di mobil dengan durasi lama begitupun penyeberangan feri maka energi yang dibutuhkan pun besar. Begitu juga dengan pengemudi, sebaiknya ada dua orang yang bisa gantian menyetir sepanjang jalan.

Road Trip Jakarta ke Bali membutuhkan persiapan yang matang, oleh karena itu tips dan rute di atas bisa diterapkan. Selamat berlibur!

Exit mobile version