7 Ciri Khas Desain Rumah Minimalis Kekinian yang Modern

Tipe hunian yang banyak dibangun oleh developer real estate saat ini adalah rumah minimalis. Dari segi bujet, harga rumah ini termasuk terjangkau dan desain arsitekturnya pun tidak terlalu ramai tapi memberi kesan kekinian yang modern.

Minimalis sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban dan populer di satu dekade belakangan ini. Tak hanya gaya hidup, berbagai bidang pun sudah mengadopsi gaya ini termasuk di dalamnya desain arsitektur yang kemudian melahirkan sebuah konsep rumah minimalis.

Rumah minimalis adalah gaya desain hunian yang memiliki ciri utama yaitu kesederhanaan dalam bentuk, material, detail, ruang dan warna.

Banyak kalangan menaruh minat dengan desain rumah ini karena konsepnya mengutamakan fungsi dan efisiensi tapi mampu memenuhi kebutuhan pemiliknya. Konsep dari desain pada jenis hunian ini tidak terbatas pada desain arsitektur saja tapi juga memperhatikan pemilihan warna, furnitur, interior hingga cahaya.

Desain minimalis secara langsung mencerminkan kepribadian pemilik rumah sebagai orang yang efisien dan simpel. Lantas seperti apa ciri khas dari desain rumah minimalis? Berikut ulasannya.

7 Ciri Khas Desain Rumah Minimalis

7 Ciri Khas Desain Rumah Minimalis Kekinian yang Modern

1. Ruang terbuka dengan cahaya melimpah

Rumah minimalis memiliki konsep desain ruang terbuka. Ini bisa dilihat dari ruang tamu dan dapur yang terbuka dan hanya dibatasi sekat kecil. Dengan mengusung konsep ruang terbuka ini, maka cahaya yang mengisi interior sangat melimpah.

Daya tarik lainnya adalah penggunaan warna terang pada dinding, ruangan yang rapi, detail bersih dengan desain modern, palet warna netral di berbagai furnitur. Tak hanya itu saja, kamar tidur luas dengan garis pandang cahaya besar menjadi ciri khas dari jenis rumah ini.

Cahaya alami yang melimpah ini akan memberikan kesan suasana yang tenang dan nyaman.

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Interior Rumah Sederhana Namun Terlihat Mewah

2. Arsitektur berbentuk geometris

Ciri khas berikutnya bisa dilihat dari bentuk bangunannya. Rumah minimalis memiliki bentuk bangunan geometris jika dilihat dari luar, seperti kubus atau persegi panjang. Atapnya juga tidak berbentuk segitiga pada umumnya tapi datar tanpa tambahan dekorasi dan banyak lekukan.

Adapun fasad dari arsitektur minimalis dibangun tanpa dekorasi. Ini jelas berbeda dengan fasad arsitektur rumah bergaya Eropa misalnya. Fasad rumah minimalis dibiarkan polos dan hanya dilapisi dengan cat berwarna netral seperti putih. Jendela pun tidak memiliki detail rumit, hanya berbentuk persegi panjang dengan bingkai sederhana.

3. Minim sekat

Umumnya tiap ruangan di arsitektur rumah minimalis tidak dilengkapi dengan dinding sebagai pembatas antar ruangan. Sekat atau pembatas ini hanya digunakan untuk ruangan yang bersifat pribadi seperti kamar mandi dan kamar tidur.

Untuk ruangan lainnya, dipisahkan menggunakan partisi seperti rak susun atau meja yang tidak terlalu tinggi. Biasanya partisi ini memisahkan antara ruang tamu dan dapur. Dengan minimnya sekat akan memberikan kesan rumah yang luas, terang, dan nyaman.

4. Penggunaan material bangunan yang sederhana

Ada sebuah motto dari arsitek minimalis yaitu listen to figure. Motto tersebut memiliki makna bahwa desain jenis ini mencari sebuah esensi kesederhanaan dengan cara menemukan kembali kualitas berharga dari bahan-bahan yang umum dan sederhana.

Tidak mengherankan jika rumah minimalis terkenal dengan penggunaan material bangunan yang sederhana dan mudah ditemui di berbagai toko bangunan. Misalnya, jenis batu bata untuk dinding, kayu maupun keramik sebagai bahan lantai rumah. Di beberapa rumah lainnya menggunakan material seperti baja, beton, kaca.

Material bangunan yang tidak rumit ini akan memberikan daya tarik tersendiri dan menonjolkan sifat dari material tersebut. Sehingga, hasil akhir dari rumah ini akan terlihat tidak serumit arsitektur rumah lainnya.

5. Dominasi warna monokrom

Ada tiga warna monokrom yang menjadi ciri khas dari rumah minimalis yaitu hitam, putih, dan abu-abu. Umumnya penerapan dari tiga warna tersebut ada di bagian lantai, furnitur, dekorasi, dinding hingga peralatan dapur. Warna monokrom ini akan memberi kesan bersih, sederhana tapi elegan. Walaupun pada realitanya ada yang menggunakan warna selain tiga warna tersebut, umumnya mereka menggunakannya sebagai aksen pemanis dari interior agar terlihat lebih dinamis tidak monoton.

6. Penempatan furnitur minimalis

Konsep sederhana dengan mengutamakan fungsionalitas dari rumah minimalis perlu ditunjang dengan furnitur dengan konsep senada juga. Biasanya di ruang tamu akan ditempatkan perabotan utama seperti sofa, meja dan rak. Ukurannya pun tidak besar, menyesuaikan dengan luas ruangan. Mau menambahkan ornamen seperti rak kekinian, bisa dipasang di dinding agar ruangan tidak terkesan penuh.

Hal yang sama berlaku di ruangan lainnya. Untuk area dapur, agar tidak banyak perabot, bisa membuat rak di bagian bawah tempat masak sebagai tempat penyimpanan barang-barang. Bisa juga menempatkan kitchen set minimalis untuk tampilan estetik.

Baca juga: Tip Menata Taman Depan Rumah dan 5 Desain yang Bisa Menjadi Inspirasi

7. Space kecil untuk taman

Walaupun luas rumah tidak besar, tapi ciri khas dari rumah minimalis adalah memiliki taman di bagian depan. Kehadiran taman minimalis ini untuk menyegarkan hunian, ibaratnya sebagai pemanis. Namun, fungsi dari taman ini bisa membuat penghuni rumah lebih nyaman dan sangat baik dalam mengalirkan energi positif ke dalam rumah.

Taman kecil ini bisa dilengkapi dengan rumput gajah mini atau rumput teki. Tambahkan beberapa tanaman kecil untuk kesan lebih hijau.

Beberapa pilihan model rumah minimalis adalah tipe rumah 36, tipe 45 dan tipe 60. Walaupun mengusung konsep simpel, tapi pemilik rumah bisa menyesuaikan desain dan isinya dengan kemampuan keuangan yang dimiliki.

Memahami ciri khas desain rumah minimalis kekinian yang modern dapat membantu dalam proses merancang atau merenovasi rumah, agar tampilan rumah tetap segar dan relevan dengan tren saat ini. Desain minimalis yang ditandai dengan penekanan pada fungsi, kebersihan garis dan permukaan, serta penggunaan warna dan materi yang serasi, mampu menciptakan ruang yang nyaman, rapi, dan estetis.

Tidak ada aturan ketat dalam menerapkan konsep minimalis, karena pada akhirnya, gaya dan kenyamanan penghuni rumah lah yang menjadi penentu akhir. Desain rumah minimalis modern bukan hanya tentang tampilan, tetapi juga tentang menciptakan ruang hidup yang nyaman dan fungsional.

Semoga, dengan memahami tujuh ciri khas ini, desain rumah minimalis impian bisa segera terwujud.

Exit mobile version