7 Inspirasi Desain Interior Rumah Sederhana Namun Terlihat Mewah

Memiliki rumah sederhana tapi ingin menampilkan kesan mewah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari mengolah kembali barang-barang di rumah dengan mengecat ulang perabotan maupun furnitur, mengganti busa sofa atau menambahkan elemen warna emas.

Banyak yang beranggapan desain interior rumah sederhana dengan kesan mewah itu membutuhkan bujet yang besar. Memang, kalau memilih mengganti seluruh perabotan dan renovasi ulang tentunya hal tersebut akan menguras bujet. Tapi, sekarang ini banyak inspirasi desain interior baik di Pinterest, YouTube, Instagram, hingga acara televisi yang memberikan tip bagaimana membuat rumah sederhana terlihat mewah dengan bujet terjangkau dan tentunya bisa dilakukan sendiri.

Pemilihan kesan mewah di rumah sederhana bisa dilakukan dengan cara memilih cat berwarna putih dan elemen emas di perabotan misalnya. Warna putih menunjukkan sederhana, sedangkan emas adalah lambang kemewahan.

Nah, bagi yang masih bingung memulai dari mana desain interior rumah sederhana dengan kesan mewah, berikut ini beberapa inspirasi yang bisa dijadikan referensi.

7 Inspirasi Desain Interior Rumah Sederhana Namun Terlihat Mewah

7 Inspirasi Desain Interior Rumah Sederhana Namun Terlihat Mewah

1.    Pilihlah palet warna netral untuk cat

Ciri-ciri rumah sederhana dengan kesan mewah ada di pemilihan palet warna. Umumnya menggunakan warna yang netral dan elegan yakni:

Untuk menambah kesan mewah, sertakan elemen emas, perak, baja, platinum di aksen-aksen yang penting maupun perabotan atau furnitur.

Agar ruangan utama tidak terlihat membosankan, menerapkan teknik wall moulding yang lagi hits adalah pilihan terbaik. Untuk diketahui, wall moulding adalah teknik dekorasi dinding dengan bahan cetakan yang umumnya menggunakan material dari kayu, gypsum hingga PVC.

Wall moulding akan memberikan kesan mewah dan elegan. Untuk melakukan teknik ini, tidak butuh biaya yang cukup besar.

Baca juga: Ini 5 Rekomendasi Warna Taplak Meja Makan yang Cakep!

2.    Tambahkan karpet besar

Karpet adalah salah satu elemen dekorasi rumah yang tidak boleh dilewatkan. Menambahkan karpet di ruang tamu misalnya akan memberikan ruangan tampak mewah. Namun, tidak sembarang karpet bisa menampilkan kesan ini.

Ada beberapa referensi karpet untuk rumah sederhana dengan kesan mewah berdasarkan tren tahun 2023 antara lain:

3.    Dekorasi dinding

Dekorasi dinding tentunya tidak boleh dilupakan agar ruangan lebih ‘hidup’ dan menambahkan unsur karakter. Bisa menggunakan foto keluarga yang di pigura dengan bahan kayu di satu sisi dan di sisi lain bisa menempatkan hiasan dinding berupa lukisan.

Tidak punya lukisan? Tidak masalah. Tempatkan aksesoris berupa cermin besar agar ruangan yang tampaknya sempit bisa terlihat lebih lega. Cermin yang besar sekarang ini ada banyak macam variasinya, mulai dari bahan kayu, rotan dan modelnya juga beragam.

Jika memiliki semua dekorasi dinding di atas, pastikan tidak menempatkan semuanya di satu ruangan ya agar tidak terlihat sesak. Tempatkan di ruang tamu, kamar atau di koridor.

4.    Sekat gorden sebagai pemisah ruangan

Salah satu kendala rumah sederhana adalah sekat untuk berbagai ruangan. Umumnya ruang utamanya di rumah sederhana itu lapang dan di sinilah letak kendala, bagaimana menyiasati agar tercipta dua ruangan.

Salah satu tip desain interior untuk kasus ini adalah dengan menempatkan tirai atau gorden sebagai sekat agar ruangan terlihat elegan. Penempatan tirai atau gorden ini selain menampilkan kesan elegan, mewah namun juga minimalis. Pilihlah warna gorden yang sesuai dengan tembok juga perabotan rumah agar terlihat lebih senada.

5.    Pemilihan lampu

Warna lampu akan memengaruhi suasana rumah. Pasalnya, warna lampu bisa membuat sebuah ruangan terasa hangat, tetapi juga bisa berkesan lebih dingin.

Misalnya, memilih lampu berwarna kalem atau kuning akan membuat ruangan lebih terasa hangat. Sebaliknya, warna neon akan memberikan kesan lebih dingin di dalam ruangan.

Selain warna, tipe dan watt lampu juga harus diperhatikan. Apabila ingin menampilkan kesan elegan, maka pilihan lampu gantung di ruang tamu akan lebih tepat, tetapi ukurannya harus diperhatikan. Akan lebih baik jika tidak terlalu besar. Pasalnya, lampu yang terlalu besar dalam ruangan kecil juga akan memberikan kesan sempit.

Bisa juga memasang lampu sorot di area dapur dan di teras agar ketika malam hari area tersebut tampak syahdu. Sedangkan watt dari lampu ini akan berpengaruh terhadap pemakaian listrik di rumah.

Fungsi dari lampu tak sekadar menerangi ruangan saja, tetapi juga bisa diaplikasikan untuk menyoroti furnitur khusus di sebuah ruangan yang ingin ditonjolkan.

6.    Tambahkan sudut hijau

Bunga atau tanaman adalah elemen penting yang mesti ada di rumah. Hadirnya tanaman atau bunga di rumah bisa memberikan pemandangan indah, mampu mengurangi stres, berperan sebagai aromaterapi alami, dan masih banyak manfaat lainnya.

Sekarang ini ada banyak pilihan tanaman atau bunga yang bisa dibeli dengan bujet terjangkau untuk ditempatkan di rumah. Bahkan bisa juga memilih jenis yang minim perawatan, jika memang tak punya waktu banyak untuk mengurusnya.

Untuk mewujudkan desain interior rumah sederhana dengan kesan mewah, bisa dipilih tanaman hias besar seperti monstera atau kaktus, dan tempatkan di sudut ruangan.

7.    Langit-langit yang tinggi

Salah satu perbedaan antara rumah sederhana dan rumah sederhana kesan mewah ada di langit-langit. Rumah mewah umumnya memiliki langit-langit tinggi karena ini akan memberikan kesan yang lapang di sebuah ruangan.

Cara untuk memberikan ilusi langit tinggi di sebuah ruangan adalah dengan memangkas plafon sampai di rangka atapnya. Apabila ingin mengusung konsep ini, pastikan rumahnya mempunyai sistem ventilasi udara yang cukup baik, ya. Karena fungsi dari langit-langit tinggi ini membuat udara terasa lebih sejuk.

Baca juga: Ini Dia Spesifikasi Rumah Tahan Gempa yang Harus Diterapkan

Gimana, sudah mulai memiliki pandangan seperti apa mendesain ulang rumah sederhana yang dimiliki? Lakukan bertahap sesuai dengan bujet yang dimiliki, ya. Selamat mencoba.

Exit mobile version