Rute Wisata Jogja Satu Hari: Menjelajahi Tempat-Tempat Menarik dalam Sehari

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi kota wisata paling tepat untuk sekadar melepas kejenuhan dengan waktu terbatas. Dalam waktu sehari saja, menjelajahi wisata Jogja dengan berkunjung ke banyak destinasi, dari pantai, gunung, sampai monumen dan tempat bersejarah yang legendaris. 

Siapa sih yang tidak mengenal Jogja? Kota yang dijuluki sebagai Kota Pelajar ini memang dikenal memiliki segudang destinasi wisata ciamik yang wajib dikunjungi. Ada banyak keragaman budaya, kuliner, wisata alam, hingga spot-spot foto autentik. 

Keindahan alam Jogja pun terbentang dari barat hingga timur, dari Kulonprogo hingga Gunungkidul. Terdapat wisata Jogja dengan nuansa alam yang perlu kamu kunjungi seperti keindahan Pantai Wediombo, Gunung Sempu, Hutan Pringwulung, Gua Jomblang, hingga air terjun Kedung Pedut. 

Agar tak kebingungan, artikel ini akan mengulas berbagai rute yang dapat kamu jadikan referensi untuk membuat rencana kunjungan wisata Jogja satu hari yang menarik dan tak boleh ketinggalan. 

Rute Wisata Jogja Satu Hari

Berikut adalah pilihan rute wisata Jogja yang bisa dinikmati dalam sehari, yang sudah dikategorisasikan berdasarkan minat wisatawan. Pastikan untuk mempertimbangkan jarak dan waktu perjalanan antara lokasi-lokasi ini agar dapat mengoptimalkan waktu dengan baik.

1. Wisata Pantai Gunungkidul Jogja 

Wisata Jogja - Pantai Baron

Sejumlah destinasi wisata Jogja di Gunungkidul dikenal memiliki beberapa pantai yang menakjubkan dengan pemandangan alam yang indah. Berikut beberapa di antaranya.

Pantai Baron

Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang bagus untuk berselancar dan pemandangan alam yang indah. Tak hanya pantainya, pengunjung juga bisa mengunjungi Gua Kiskendo yang terletak di dekatnya. Adapun, lokasi Pantai Baron yakni terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Pantai Kukup 

Pantai Kukup memiliki hamparan pasir yang luas dan air yang tenang. Pantai ini memiliki keunikan dengan adanya pulau karang yang bisa diakses saat air surut. Jika ingin berkunjung, lokasi Pantai Kukup terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai Drini

Pantai ini terkenal dengan batu karang yang menjulang tinggi di tengah laut. Dengan keindahan alam yang memesona, lokasi Pantai Drini ada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai Pok Tunggal

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dan ombak yang relatif tenang. Dinamakan “Pok Tunggal” karena memiliki satu batu karang besar di tengah laut yang menjadi ciri khasnya. Batu karang inimenawarkan wisata  alam yang menarik dan sering dijadikan latar belakang untuk foto-foto indah. Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai Nglambor

Pantai ini memiliki suasana yang sejuk dengan pohon-pohon kelapa yang rindang. Di sekitar pantai terdapat hutan bakau yang dapat dijelajahi. Hutan bakau ini juga merupakan tempat berlindung bagi berbagai spesies hewan laut. Tak hanya itu, pantai ini dikelilingi gua-gua alami yang bisa dieksplorasi, seperti Goa Lanang dan Goa Wadon. Kamu dapat berkunjung ke Pantai Nglambor yang berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Baca juga: Capture the Magic: 10 Instagrammable Place in Jogja City Center

2. Wisata Candi di Sleman

Di Sleman, Yogyakarta, terdapat beberapa candi yang menarik untuk dikunjungi dalam satu hari dalam rangkaian wisata Jogja. Berikut adalah beberapa pilihan candi yang bisa menjadi bagian dari perjalananmu.

Candi Sari

Mulailah perjalanan dengan mengunjungi Candi Sari yang dibangun di abad ke-8. Candi Buddha ini terletak tidak jauh dari Prambanan, memiliki bangunan induk dan beberapa ruangan yang pernah digunakan untuk kegiatan keagamaan. Adapun, Candi Sari terletak di Dusun Sambirejo, Desa Kalasan, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Sebagai informasi, Candi Sari ditemukan dalam kondisi yang cukup rusak dan mengalami restorasi untuk mengembalikan sebagian dari keindahan arsitektur aslinya.

Candi Kalasan

Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Candi Kalasan, candi Buddha yang memiliki arsitektur dan ukiran yang indah. Candi ini juga terletak dekat dengan Prambanan, tepatnya di Dusun Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan. Memiliki gaya arsitektur Hindu dengan sentuhan Buddha yang kuat, hal ini mencerminkan perpaduan budaya yang terjadi pada masa itu.

Candi Prambanan

Jangan sampai lupa untuk mengunjungi Candi Prambanan, sebagai salah satu candi Hindu terbesar yang ada di dunia. Jika kebetulan berkunjung saat malam bulan purnama, jangan sampai ketinggalan juga untuk menyaksikan pagelaran Sendratari Ramayana secara langsung di halaman candi ini. Dijamin akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.

Candi Ratu Boko

Bergeser sedikit ke arah selatan dari Candi Prambanan, ada kompleks Candi Ratu Boko. Meskipun namanya mengandung kata “candi”, Ratu Boko sebenarnya lebih merupakan sebuah istana atau pemukiman kerajaan. Kompleks Candi Ratu Boko berasal dari abad ke-8 Masehi dan diduga dibangun oleh salah satu dari raja-raja Wangsa Sailendra, yang juga membangun Borobudur. Terletak di ketinggian sekitar 196 meter di atas permukaan laut, kompleks ini menawarkan pemandangan Yogyakarta yang luar biasa, termasuk Gunung Merapi dan Prambanan di kejauhan.

3. Wisata Bukit di Jogja

Wisata Jogja juga menawarkan pemandangan alam bukit yang indah. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan terletak di Dusun Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Destinasi wisata Jogja ini merupakan salah satu yang terpopuler dan menjadi favorit bagi para wisatawan, khususnya pencinta alam.

Puncak Becici

Dari Puncak Becici, kamu bisa melihat pemandangan 360 derajat yang mengagumkan. Konon, destinasi wisata Jogja ini merupakan salah satu favorit Barack Obama ketika berkunjung kemari. Puncak Becici terletak di daerah Dlingo, Bantul, Yogyakarta, dan merupakan bagian dari deretan bukit di kawasan selatan Yogyakarta.

Hutan Pinus Mangunan

Masih di area yang sama, Hutan Pinus Mangunan menawarkan suasana yang sejuk dan pemandangan alam yang indah, khususnya deretan pohon pinus yang menjulang tinggi. Suasana hutan yang sejuk dan udara yang segar membuat tempat ini menjadi destinasi favorit bagi mereka yang ingin melepaskan diri dari hiruk-pikuk kota.

Hutan ini juga dikenal sebagai spot foto yang menarik. tersedia beberapa spot foto dilengkapi dengan berbagai properti, bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. 

4. Wisata Air Terjun di Jogja

Berikut adalah beberapa destinasi air terjun di Yogyakarta yang dapat dikunjungi dalam satu hari.

Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun yang terletak di Gunungkidul ini relatif dekat dengan Yogyakarta. Sebagai wisata air terjun Jogja terpopuler, Air Terjun Sri Gethuk menawarkan beberapa tingkat air terjun yang membentang, dan pemandangan di sekitar air terjun sangat cantik dan alami. Pengunjung dapat menyewa perahu bambu untuk mengitari area sekitar air terjun. Aktivitas ini sangat populer di Sri Gethuk. Jika tertarik, lokasi air terjun ini yaitu di Dusun Bleberan, Desa Playen. 

Air Terjun Jurang Tembelan

Tak hanya Sri Gethuk, air terjun di Gunungkidul yang menarik untuk dikunjungi yaitu Air Terjun Jurang Tembelan. Lokasinya terletak di Dusun Semugih, Playen, Gunungkidul, dan menawarkan pemandangan alam yang memukau dengan air terjun yang mengalir dari tebing kapur tinggi ke kolam alami di bawahnya.

Air Terjun Ngandong

Air Terjun Ngandong terletak di Dusun Nglipoh, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul. Lokasinya dapat dijangkau dalam waktu yang cukup singkat. Terdapat kolam alami yang memungkinkan kamu berenang atau berendam di bawah air terjun.

5. Wisata Sejarah dan Budaya

Bagi kamu yang ingin menelusuri sejarah dan budaya Yogyakarta yang kaya, berikut rekomendasi rute wisata Jogja yang bisa ditempuh dalam satu hari.

1. Keraton Yogyakarta

Mulailah hari dengan mengunjungi Keraton Yogyakarta, istana tradisional yang menjadi pusat kebudayaan Jawa. Pengunjung dapat belajar tentang sejarah dan budaya Keraton dari pemandu lokal.

2. Taman Sari

Setelah itu, kunjungi kompleks Taman Sari yang dulunya merupakan kompleks istana dan kawasan rekreasi Keraton. Di sana kamu bisa menjelajahi gua-gua bawah tanah dan mandi di kolam-kolam air.

3. Museum Sonobudoyo

Terletak dalam Kompleks Keraton Yogyakarta, Museum Sonobudoyo akan memberikan gambaran lengkap perjalanan sejarah dan budaya Yogyakarta. Di hari-hari tertentu, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan wayang kulit secara langsung di sini.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Jogja Kekinian yang Harus Didatangi bareng Keluarga

6. Wisata Seni dan Belanja

1. Jalan Malioboro

Sore hari adalah waktu yang bagus untuk berbelanja oleh-oleh dan mencari kerajinan tangan di Jalan Malioboro. Di sepanjang jalan ini, kamu bisa menemukan berbagai toko suvenir, pakaian, dan barang-barang unik.

2. Teras Malioboro 1 dan 2

Jika sebelumnya kamu bisa menjumpai deretan pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Malioboro, kini mereka semua dikumpulkan di 2 tempat: Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2. Di dua tempat yang terpisah tidak jauh ini, kamu bisa menemukan berbagai kios cinderamata, kerajinan, kaus, celana, batik, dan masih banyak lagi, dengan harga yang sangat murah.

3. Pasar Beringharjo

Kalau ingin mencari segala macam jenis barang, baik barang kebutuhan ataupun oleh-oleh, dari bahan makanan, rempah, sampai sepatu, baju, batik, juga jajanan, Pasar Beringharjo tak ada matinya. Apalagi jika kamu bisa berbahasa Jawa, kamu akan berpeluang mendapatkan berbagai barang dengan harga yang sangat miring di sini.

Demikian beberapa rute yang bisa dipilih saat melakukan perjalanan wisata Jogja dalam satu hari. Semoga bisa membantu agar kamu bisa menjelajahi Jogja hingga puas.

Exit mobile version