Rutin Donor Darah Bagus bagi Kesehatan Tubuh!

rutin donor darah bagi kesehatan tubuh

Karyawan JNE saat ikut aksi donor darah.

JNEWS – Perusahaan JNE dalam setiap tahun rajin mengajak karyawan untuk rutin donor darah, baik yang dilakukan untuk internal karyawan sendiri maupun berkolaborasi dengan pihak lain. Selain untuk membantu PMI dalam penyediaan stok kantong darah, donor darah juga memiliki beragam manfaat kesehatan  bagi si pendonor.

Menurut Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI), donor darah akan memberikan manfaat kesehatan bagi si pendonor. Di antaranya, memaksimalkan kapasitas organ paru-paru, meningkatkan kinerja organ ginjal dalam membuang limbah, meningkatkan kesehatan psikologis atau mental, membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh dan meningkatkan volume darah dalam paru-paru. Selain itu juga dapat menurunkan zat seng berlebihan di dalam darah, menghilangkan kaku di pundak dan mengetahui lebih lanjut tentang tipe darah seseorang.

Sedangkan menurut sebuah penelitian ‘Cardiovascular risk in 159.934 frequent blood donors while addressing the healthy donor effect’ yang diterbitkan pada BMJ Journal, di mana dilakukan penelitian terhadap sekitar 160.000 wanita yang mendonorkan darahnya secara rutin selama lebih dari 10 tahun ditemukan bahwa donor darah menawarkan efek perlindungan jangka panjang terhadap penyakit kardiovaskular pada wanita.

Menurut studi di atas, donor darah bermanfaat untuk melancarkan aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Rajin mendonorkan darah kira-kira mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen.

Tak hanya itu, mendonorkan darah juga bisa meminimalkan risiko kanker, stroke, dan serangan jantung. Menariknya lagi, manfaat donor darah juga bisa membuat kadar zat besi dalam darah jadi stabil.

Sedangkan menurut penelitian dari Mental Health Foundation, donor darah juga bisa menjaga kesehatan emosi. Cara ini dapat mengurangi tingkat stres hingga membantu menghilangkan perasaan negatif bagi seseorang yang rutin mendonorkan darah.

Dan hal yang menggembirakan, setiap kali diadakan kegiatan donor darah di lingkup JNE, banyak karyawan yang antusias untuk ikut berdonor darah, bahkan seringkali tertolak karena melebihi kapasitas kuota yang telah ditentukan. *

Baca juga: Mengenal Buah Carica: Keunikan dan Manfaat Kesehatannya 

Exit mobile version