Saatnya Beli Mobil, Pemerintah Resmi Perpanjang Diskon PPnBM

Diskon PPnBM Mobil Baru

 

Guna mendorong perekenomian dan menggairahkan pasar otomotif, pemerintah akhirnya resmi memperpanjang diskon PPnBM untuk beberapa jenis mobil di 2022. Namun demikian, skema relaksasinya memang berbeda dengan tahun sebelumnya.

Pemberian diskon 100 persen untuk pajak yang membuat harga mobil menjadi lebih murah, hanya berlaku bagi LCGC, seperti Daihatsu Sigra, Toyota Calya, Honda Brio Satya. Itu pun dengan sistem degradasi, artinya besaran diskon akan berbeda selama tiga kuartal di 2022.

Sementara untuk mobil non LCGC, pemberian diskon hanya diberikan sebesar 50 persen. Namun ini berlaku untuk mobil yang menerima pajak emisi 15 persen dan memiliki harga jugal mulai dari Rp 200 juta sampai Rp 250 juta.

BACA JUGA : Ini Pentingnya Mengaplikasi Dashcam di Mobil

Artinya, hanya sebagai mobil di luar LCGC yang akan menerima diskon PPnBM pada kuartal awal 2022 ini. Namun demikian, tentu hal ini menjadi kabar baik bagi yang sedang mencari mobil baru karena mendapat potongan pajak yang nominalnya jutaan.

Nah untuk mobil-mobil yang mendapatkan pajak 50 persen, sebenarnya cukup banyak. Anda bisa melakukan pencarian sendiri melalui situs resmi masing-masing merek seperti Toyota, Daihatsu, Suzuki, Honda, dan lain sebagainya.

Meski demikian, harus diingat bila syarat utamanya mobil harus memiliki local purchase 80 persen dan harganya tak lebih dari Rp 250 juta. Contoh, untuk Toyota Anda masih bisa meminag All New Avanza dengan varian tengah yang sudah dimodali transmisi CVT, demikian juga untuk Daihatsu All New Xenia, bahkan pilihanya lebih banyak.

BACA JUGA : Insentif Pajak 0 Persen Berlaku, 21 Mobil Baru Turun Harga

Untuk Honda, yang tertarik meminang Brio dan Mobilio juga bisa mendapatkan diskon pajak 50 persen sampai dengan Maret 2022. Selain mobil-mobil keluarga seperti MPV, dengan banderol di bawah Rp 250 juta, pilihan lain yang bisa dinikmati adalah mobil jenis SUV.

Mobil jenis SUV sendiri pilihanya cukup beragam. Seperti Daihatsu Rock dan Toyota Raize, yang mana dari kedua produk kembar ini memiliki varian bawah dan tengah dengan harga tak lebih dari Rp 250 juta, apalagi komponen lokalnya pun juga tinggi.

Karena itu, bagi yang tertarik mencari mobil baru, jangan sia-siakan kesempatan diskon pajak yang diberikan pemerintah mengingat durasi waktu yang diberikan memang tak panjang.

Exit mobile version