Sambut Hari UMKM Nasional, ShopeePay Rilis Fitur Baru

ShopeePay Rilis Fitur Baru

Dukung Hari UMKM Nasional, ShopeePay Rilis Fitur Baru – Pada tanggal 12 Agustus 2020, Indonesia merayakan hari UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Nasional. Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM di Indonesia dan sekaligus merayakan HUT UMKM Nasional, ShopeePay pun merilis fitur baru.

Adapun fitur baru yang dimaksud adalah fitur Upload QRIS dari Gallery. Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan transaksi pembayaran dari rumah hanya dengan cara mengunggahnya dari galeri foto.

Hal ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan ShopeePay untuk pengembangan QRIS yang dicanangkan oleh Bank Indonesia dan bagian dari komitmen ShopeePay untuk terus mendukung UMKM dan memberikan pengalaman bertransaksi yang mudah.

Baca Juga: Facebook Tingkatkan Literasi Keuangan Wirausaha Perempuan di Surabaya

Sebagaimana diketahui, UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terdampak secara signifikan atas diberlakukannya kebijakan PSBB akibat pandemi COVID-19. Dengan pemberlakukan PSBB tadi, bisa dilihat bahwa tidak sedikit yang terpaksa harus gulung tikar lantaran berkurangnya pemasukan.

Sementara itu, menurut studi dari Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) UI, disebutkan bahwa sebanyak 73% UMKM mengeluh karena berkurangnya jumlah pelanggan yang bertransaksi dikarenakan terbatasnya ruang gerak masyarakat untuk keluar rumah dan beraktivitas seperti dulu.

Menyikapi masa pandemi saat ini, ShopeePay sebagai perusahaan berbasis teknologi memahami betul bahwa pemanfaatan teknologi dan inovasi merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan industri ekonomi digital.

Cindy Candiawan, Marketing Manager ShopeePay berharap fitur ini dapat mendekatkan merchant-merchant QRIS dan pengguna tanpa harus bertemu langsung.  “Sehingga  hal ini bisa berpeluang dalam menggairahkan kembali tingkat konsumsi masyarakat dan berkontribusi terhadap perputaran roda ekonomi, dan di saat yang bersamaan memberikan pengalaman bertransaksi yang mudah dan aman bagi para pengguna,” ujarnya.

Baca Juga: Thenblank Sukses Berkat Berkolaborasi dengan Influencer

Cara Menggunakan Fitur Upload QRIS ShopeePay

Cara untuk menggunakan fitur ini sangat mudah, berikut langkah-langkah cara menggunakannya:

  1. Merchant mengirimkan foto stiker QRIS kepada pengguna ShopeePay
  2. Pengguna ShopeePay membuka aplikasi Shopee dan menekan tombol Scanner atau Bayar dari ShopeePay
  3. Klik ikon Upload QR dari Galeri yang berada di kanan atas untuk mengunggah foto stiker QRIS yang sudah tersimpan di galeri ponsel
  4. Pengguna dapat menyelesaikan transaksi dengan saldo ShopeePay

Saat ini, ShopeePay sudah terintegrasi dengan 3.7 juta merchant QR Indonesia Standard (QRIS), dengan lebih dari 2.5 juta merupakan pelaku usaha mikro, sesuai dengan antusiasme dari anjuran kebijakan yang dikeluarkan dan diapresiasi oleh Bank Indonesia. ShopeePay pun memiliki komitmen untuk mendukung UMKM di Indonesia.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan promo cashback sampai dengan 60% yang bisa dinikmati secara langsung di outlet merchant offline maupun melalui voucher cashback yang bisa didapat di aplikasi Shopee guna meningkatkan transaksi di mitra merchant UMKM.

Baca Juga: Ide Bisnis Kuliner Artis yang Bisa Anda Coba

Exit mobile version