Sambut HUT RI Ke-77, JNE Gelar Kegiatan Donor Darah

Kegiatan Donor Darah JNE

Kegiatan Donor Darah berlangsung di Gedung JNE Pusat, Tomang 11

Bekerjasama dengan PMI Jakarta Barat, JNE menggelar kegiatan donor darah dengan target sebanyak 100 kantong darah bisa terkumpul. Kegiatan yang bertajuk ‘Saya Sudah Berdonor Darah’ tersebut dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI  Ke-77.

Selain bisa membantu sesama bagi mereka yang sakit dan membutuhkan transfusi darah, ikut berdonor darah juga bermanfaat bagi kesehatan seseorang karena bisa menstimulsi sel darah merah yang baru.

Berdasarkan hal tersebut di atas, dan sesuai dengan nilai-nilai yang ada di perusahaan, maka JNE kembali menggelar kegiatan donor darah, bertempat di Ballroom Lantai 7, JNE Tomang 11, Jakarta Barat, Senin (22/8/2022).

Kegiatan yang baru pertama kali digelar setelah vakum selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19 ini, mendapat sambutan antusias dengan membludaknya jumlah peserta yang ingin memdonorkan darahnya. Untuk semakin menarik minat, pihak panitia memberikan doorprize untuk 20 peserta pertama.

Baca Juga: Gelombang Kedua Vaksin Massal JNE Lampaui Target, 9.191 Orang Telah Tervaksin

Sementara itu, pihak PMI Jakarta Barat mengerahkan 9 orang staf, termasuk dokter ahli HB untuk memeriksa darah dan beberapa orang tenaga kesehatan. Selain itu juga mereka menyediakan 6 bed untuk para peserta saat proses diambil darahnya.

Sekertaris PMI Jakarta Barat, Paujang S. mengungkapkan, kebutuhan darah untuk wilayah Jakarta Barat dalam sehari antara 100 – 200 kantong. Dengan adanya donor dari para karyawan JNE sangat membantu akan kebutuhan ketersediaan darah tersebut.

Kegiatan donor darah kembali digelar JNE setelah 2 tahun tertunda akibat pandemi Covid-19. Kegiatan ini mendapat sambutan antusias dari para karyawan.

“Kami sangat mengapresiasi JNE yang menggelar acara ini dan berharap kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin, misalnya 3 bulan sekali. Karena setetes darah bisa menyelamatkan nyawa seseorang yang sedang membutuhkan,” ujar Paujang, saat ditemui JNEWS disela-sela kegiatan.

“Kantong darah dari para karyawan JNE nantinya akan dikirim ke PMI Pusat untuk dilakukan pemeriksaan. Bila benar-benar sehat dan layak, maka akan kembali dikirim ke PMI Jakarta Barat untuk didistribusikan ke rumah sakit yang ada di Jakarta Barat. Terima kasih JNE, semoga langkah JNE ini dicontoh oleh perusahaan-perusahaan lainnya,” tambah Paujang.

Salah satu peserta, Juwanto, mengaku sudah lupa berapa kali dirinya ikut donor darah. Ia merasa senang dan bangga dari dulu bisa melakukan donor darah untuk menolong sesama yang sedang sakit dan memerlukan darah.

“Prinsip hidup saya, berbagi adalah suatu kewajiban sesuai dengan kemampuan dan kapasitas. Alhamdulillah saya bisa berbagai darah untuk orang sakit yang membutuhkan darah. Semoga darah yang saya donorkan bermanfaat bagi orang lain,” ujarnya.

Hal serupa juga diutarakan oleh Ardian dari HC Department JNE Tomang 11. Menurutnya donor darah selain bermanfaat bari orang sakit yang membutuhkan, juga berguna untuk kesehatan diri sendiri. “Bersyukur bisa donor darah, kalau orang lain mungkin berbagi dengan harta atau lainnya, saya berbaginya dengan donor darah,” ucapnya sambil tersenyum. “Semoga darah saya ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan,” pungkasnya.*

Exit mobile version