Sambut MotoGP Mandalika, UMKM Dibekali Teknik Komunikasi Goda Konsumen Global

 

Jelang ajang balap berskala internasional, MotoGP Mandalika 2022, Pertamina bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membekali UMKM Nusa Tenggara Barat dengan Upskilling UMK guna memperkuat rantai pasok industri pariwisata dan ekonomi kratif di Mandalika.

Pertamina dan Kemenparekraf menggelar pelatihan secara virtual dalam program Upskilling UMK. Kegiatan ini digelar sebelum pelaksanaan Business Forum dan Business Matching yang nantinya akan mempertemukan UMK dengan pembeli potensial, baik kalangan pelaku industri pariwisata, seperti perhotelan.

Selain itu, dengan bekal ilmu dari program ini UMK juga bisa menyajikan produk dan jasa yang lebih prima menghadapi konsumen yang akan berduyun-duyun dari berbagai negara pada saat maupun pasca kegiatan MotoGP Mandalika.

BACA JUGA : Perpres Terbit, Pemerintah Siap Fasilitasi Kemudahan dan Insentif Bagi Wirausaha

Tiket MotoGP Mandalika

Aurelius Kuhuwael, Exclusive Facilitator dari MarkPlus Institute ditunjuk Pertamina menjadi mentor dan pendamping dalam kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari tersebut.

“Pelatihan hari pertama akan difokuskan untuk mempelajari komunikasi bisnis dan teknik negosiasi bagi pelaku UMK,” tuturnya.

Aurelius menitik beratkan agar para UMK agar mampu menguasai teknik komunikasi bisnis yang lancar. Sehingga dengan demikian akan dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produknya.

“Komunikasi yang efektif ini dapat membangun kesepahaman, problem solving, meningkatkan produktivitas, mempererat hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan citra baik,” ujarnya.

“Pembekalan ini penting, sebab, puluhan UMK calon peserta Business Forum tersebut akan unjuk kebolehan dalam menggaet konsumen secara langsung pada saat kegiatan Business Matching. Outputnya, para UMK bisa lebih percaya diri dalam mempromosikan produknya ke berbagai kalangan. Termasuk para penggemar MotoGP dari berbagai belahan dunia yang akan datang ke Indonesia,” katanya.

Salah satu peserta pelatihan, Sayuk Wibawati mengaku senang mengikuti program tersebut. Pemilik usaha Nutsafir Cookies ini juga siap menyambut tamu-tamu yang akan datang ke Pulau Lombok beberapa waktu kedepan.

“Dengan ilmu yang diberikan pada pelatihan ini, membuat saya lebih optimistis dalam berkomunikasi dengan para konsumen saya nantinya. Terima kasih Pertamina,” tuturnya.

BACA JUGA : UMKM Siap Ramaikan MotoGP Mandalika 2022

Vice President Corporate Communications Pertamina, Fajriyah Usman memastikan, para UMKM binaan di sekitar lokasi Pertamina Mandalika International Street Circuit siap untuk memperkuat rantai pasok industri pariwisata dan ekonomi kreatif di DPSP Mandalika.

Melalui Program PUMK, lanjut Fajriyah, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap mitra binaan menjadi UMK naik kelas dan Go Global.

Exit mobile version