Saran Jasa Marga untuk Hindari Kemacetan Arus Balik Lebaran

pantau arus mudik lebaran 2023. Berikut cara cek CCTV tol online

Ragam cara cek CCTV tol online. foto: Parapuan

 

Setelah arus mudik Lebaran, saat ini kepolisian dan pemerintah kembali kerja keras untuk mengatasi lonjakan kendaraan menyambut arus balik mudik yang diprediksi akan terjadi dalam dua gelombang.

Pertama pada 24-25 April 2023, setelah itu akan disambung pada Minggu dan Senin, tepatnya pada tanggal 30 April 2023 hingga 1 Mei 2023.

Masyarakat yang akan balik ke Ibu Kota atau daerah asal lainnnya, disarankan untuk menghindari waktu-waktu yang diprediksi bakal jadi puncak mobilitas kendaraan tadi.

Dari keterangan resminya, Jasa Marga menyarankan pemudik yang akan balik memilih waktu di luar tanggal prediksi puncak tersebut, yakni pada hari Rabu, Kamis, dan Jumat, atau mulai dari 26-28 April 2023.

BACA JUGA : Hari Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik Mudik Lebaran

Hal ini agar perjalanan arus balik Lebaran bisa lebih nyaman. Selain itu, pemudik juga bisa mendapatkan keuntungan atas adanya biaya tarif tol yang lebih murah lantaran ada diskon 20 persen yang diberlakukan di luar tanggal prediksi puncak arus mudik.

Bahkan sebagai bentuk antisipasi kepadatan arus balik Lebaran, Jasa Marga memberikan perpanjangan diskon tarif tol sebesar 20 persen.

Bila semula diskon tarif tol saat arus balik Lebaran hanya berlaku di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, mulai 27 April 2023 nanti akan diberikan dari dari Semarang, tepatnya Gerbang Tol Kalikangkung hingga Jakarta atau Gerbang Tol Cikampek Utama.

Dengan demikian, pemudik bisa melintas Tol Trans-Jawa dengan biaya yang lebih murah dibandingkan tanggal prediksi puncak arus balik.

Namun harus diingat saldo pada kartu tol harus tercukupi karena ruas tol tersebut menerapkan sistem transaksi yang tertutup.

Artinya, satu kartu tol berlaku untuk satu kendaraan. Pemudik tak bisa meminjam, apalagi menggunakan kartu tol lain untuk melakukan transaksi pembayaran.

Usai melakukan tap in di gerbang awal atau keberangkatan, pengguna jalan Tol Trans Jawa wajib melakukan tap out dengan kartu yang sama.

Selain itu, Jasa Marga juga meminta masyarakat yang akan kembali untuk pintar-pintar memilih waktu keberangkatan dari kampun halaman. Hindari jam-jam favorit, seperti sore dan malam hari.

 

Exit mobile version