Sebab Munculnya Plak Gigi, Begini Cara Pencegahannya

Plak gigi jadi salah satu masalah gigi yang paling banyak ditemui. Itu sebabnya, saat kamu pergi ke dokter gigi, salah satu yang akan diperiksa adalah adanya plak. Ya, gigi memang bisa menjadi sarang ideal bagi plak.

Jika sudah menumpuk terlalu banyak, plak gigi tentu akan menimbulkan masalah pada gigi dan mulut, bahkan mengganggu penampilan kamu. Pertanyaannya, bagaimana cara mencegah plak gigi? Cari tahu dari penjelasan di bawah ini, ya.

Baca Juga: Sopir Vanessa Angel Diduga Mengantuk, Ini Dia Bahaya Microsleep

Apa itu plak pada gigi?

Plak merupakan zat lengket yang melekat pada gigi. Seiring dengan waktu, plak dapat menumpuk menjadi karang gigi sehingga menghasilkan warna cokelat atau kuning pada gigi. Plak gigi biasanya ditemukan pada permukaan gigi dan garis gusi.

Penyebab dan perkembangan plak gigi

Umumnya, plak gigi terbentuk dari sisa makanan yang tertinggal pada gigi. Sisa makanan ini mendorong berkembangnya bakteri gigi yang membentuk koloni bakteri yang berstruktur dan stabil, atau secara biologis dikenal sebagai komunitas mikroba.

Setelah waktu pembentukan plak bakteri usai, bakteri kemudian memproduksi asam-asam tertentu. Asam-asam ini memiliki sifat abrasif yang secara perlahan meluruhkan enamel gigi. Dalam kasus yang parah, plak gigi dapat menyebabkan pembusukan tulang di bawah gigi.

Mencegah pembentukan plak gigi

cegah plak gigi

Plak gigi umumnya dapat dicegah dengan melakukan perawatan dan menjaga kebersihan gigi. Setidaknya ada tiga metode yang bisa digunakan untuk mencegah plak gigi, berikut penjelasannya:

1. Sikat gigi setidaknya dua kali sehari:

Secara umum, kamu dianjurkan untuk menyikat gigi sehabis makan. Namun kenyataannya, banyak orang yang tidak dapat menggosok gigi setelah makan, sehingga dianjurkan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, pertama di pagi hari dan satu lagi pada malam hari.

Menyikat gigi pada pagi hari membersihkan dan memberi kesegaran pada gigi, sementara menyikat gigi pada malam hari mencegah terjadinya penumpukan bakteri dalam semalam.

Sikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan sela-sela gigimu. Sebaiknya gunakan beberapa metode lain yang dapat membersihkan gigi dan mencegah munculnya plak gigi, seperti:

2. Pakai obat kumur 

Langkah kedua yang bisa dilakukan untuk mencegah plak gigi adalah dengan menggunakan obat kumur. Namun perlu diingat, tidak ada obat kumur yang cocok untuk semua orang. Sangat disarankan agar Kamu berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum menggunakan obat kumur. Selain itu, penting untuk dipahami bahwa obat kumur tidak dapat digunakan sebagai pengganti menyikat gigi. Obat kumur hanya membantu mengurangi plak gigi.

3. Penyesuaian pola makan

Secara sederhana, bakteri lebih tertarik pada makanan yang bersifat manis dan bertepung. Semakin sedikit kamu makan makanan yang mengandung gula, semakin baik kesehatan gigimu. Makanan yang menyebabkan pembentukan plak gigi adalah keripik, roti, permen, minuman ringan, dan alkohol.

Itu dia beberapa hal yang perlu kam tahu tentang penyebab dan cara mencegah plak gigi. Selain mengaplikasikan beberapa cara tersebut, kamu juga disarankan untuk memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi setidaknya sebulan sekali untuk mencegah kerusakan pada gigi.

Baca Juga: Telkomsel Rilis Fita, Aplikasi Pendukung Gaya Hidup Sehat

Exit mobile version