Seberapa Pentingkah Website untuk Bisnis?

shutterstock_600274793

Seberapa pentingkah website untuk kemajuan bisnis Anda? Meski ada banyak alasan yang menyebutkan bahwa aplikasi lebih baik daripada situs website, tetapi jangan mengabaikan kekuatan website untuk perkembangan bisnis Anda.

Website merupakan salah satu pintu agar bisnis mudah ditemukan di mesin pencari. Selain itu, website juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan content marketing.

Mengapa Harus Membuat Website? Tidak dapat dipungkiri bahwa internet telah mengubah sistem dan tatanan di segala aspek kehidupan, termasuk dalam berbisnis.

Salah satu perubahan dalam berbisnis yang dipengaruhi oleh perkembangan internet adalah sistem pemasaran hingga transaksi. Website yang didukung oleh domain bisa Anda cantumkan mengenai detail perusahaan, jenis dan detail produk berupa foto, komunikasi dengan calon pembeli, hingga transaksi. Jadi seberapa pentingkah website untuk bisnis Anda? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

BACA JUGA: Ikuti 6 Langkah Berikut Ini untuk Menciptakan Brand

8 Manfaat Menggunakan Website untuk Bisnis

1. Meningkatkan Kredibilitas

Dengan website, Anda bukan hanya menjangkau banyak konsumen baru, namun juga meningkatkan kredibilitas usaha, terutama bagi usaha kecil.

Selain memiliki website, hal yang paling utama adalah mendesain website semenarik mungkin. Apabila memungkinkan, gunakan jasa profesional untuk mendesain website yang nyaman dilihat dan user friendly.

Dengan demikian, tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda otomatis akan meningkat. Kelebihan lainnya, website juga bermanfaat bagi situs online yang belum memiliki toko offline.

2. Menghemat Uang

Membuat iklan di website sendiri akan sangat  membantu bagi Anda yang memulai bisnis secara kecil-kecilan dengan modal iklan yang rendah.

Apabila dibandingkan dengan biaya iklan di surat kabar atau televisi, tentunya ini adalah cara yang sangat efektif dan murah dalam mempromosikan bisnis Anda.

3. Terhubung dengan Pelanggan Sepanjang Waktu

Jika Anda memiliki website, konsumen dapat mengakses dan mengunjungi website Anda kapan saja, 24 jam selama 7 hari. Desainlah website Anda semanarik mungkin, agar konsumen tidak bosan melihat katalog Anda.

Konsumen dapat mencari berbagai informasi yang dibutuhkannya tentang produk dan layanan di situs Anda, di mana saja dan kapan saja.

Selain mempromosikanya di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter, percayalah, ini adalah cara yang efektif untuk menginfokan kepada pelanggan Anda tentang kedatangan produk baru, acara mendatang, promosi khusus, atau layanan baru yang sedang Anda tawarkan.

Terlebih, kini juga ada teknologi di mana konsumen bisa memesan langsung via website, yang tentunya akan sangat membantu Anda untuk menerima pesanan di luar jam kerja.

BACA JUGA: Lima Jurus Jitu Promosi Bisnis Online Khas Anak Muda

4. Jangkauannya Lebih Luas

Apabila Anda hanya mengandalkan toko offline, baik dalam menjual produk maupun jasa, bisa dibilang Anda terkendala jarak. Konsumen yang bisa menjangkau produk atau jasa yang ditawarkan hanyalah mereka yang berjarak dekat dengan toko Anda.

Website menawarkan solusi untuk jarak tersebut, dimana konsumen bisa membeli secara online. Kini produk dan jasa Anda bisa diakses oleh pasar yang lebih luas, karena produk Anda bisa diakses dan dilihat secara global.

5. Sebagai Platform Katalog Produk dan Jasa Online

Tidak peduli apa pun jenis usaha yang Anda jalani, website merupakan platform yang bagus untuk memajang katalog atau portofolio Anda.

Hanya dengan memasukkannya ke website, katalog atau portfolio tersebut langsung bisa diakses oleh siapapun di seluruh dunia. Praktis sekali bukan? Anda tidak perlu repot-repot lagi mencetak dan mengirimkan ke setiap konsumen.

Terlebih lagi, Anda bisa menghemat banyak biaya, seperti biaya cetak katalog, biaya kirim, dan biaya perangko.

6. Menghemat Waktu

Tahukah Anda, selain menghemat biaya, situs juga mampu menghemat waktu Anda dalam memberikan informasi kepada konsumen.

Seluruh pemasaran yang harus dilakukan one by one seperti tatap muka dan telepon tentunya sangat menghabiskan waktu dan tenaga.

Dengan adanya website, Anda hanya perlu memberikan informasi penting satu kali saja dan informasi itu dapat diakses oleh jutaan orang sekaligus.

BACA JUGA: Mengintip 5 Brand Clothing Sumbar yang Minang Banget

7. Meningkatkan Pelayanan

Pada situs website Anda bisa menambahkan halaman tanya jawab, menulis artikel dan blog, atau memberikan info newslettercuntuk menjawab semua pertanyaan pelanggan Anda, hal tersebut dapat membuat para pelanggan selalu up-to-date.

Anda juga tidak perlu menjawab pertanyaan yang sama berulang kali. Hemat tenaga sekali ya!

8. Memudahkan Dalam Meminta Feedback

Jika Anda pebisnis yang ingin maju, tentunya feedback atau masukan dari konsumen adalah yang utama. Percuma membuat produk sebagus apapun jika tidak ada minat konsumen.

Dengan demikian, banyak pebisnis berlomba-lomba mengumpulkan feedback dari konsumen untuk memperbaiki produk/jasanya.

Nah itulah manfaat website untuk bisnis Anda. Ada banyak manfaat dan kemudahan yang Anda dapatkan untuk perkembangan bisnis saat membuatkan situs web untuk bisnis yang sedang Anda kelola.

BACA JUGA: 5 Tempat Nongkrong di Jakarta untuk Pecinta Sepeda

Exit mobile version