Segera Diberlakukan, Pembayaran Digital QRIS di 5 Negara ASEAN

ilustrasi penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS)

Woman's hand holding smartphone, scanning barcode for contactless payment in the cafe

Bank Indonesia (BI) menginisiasi kerja sama konektivitas pembayaran lintas negara di kawasan dengan bank sentral Filipina, Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Thailand. Kerja sama itu, akan memudahkan penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) di lima negara ASEAN.

Baca juga: KUY Token Siap Gebrak Pasar Kripto Lewat Game DEKARON Online

Kesepakatan tersebut akan dituangkan dalam suatu bentuk dokumen kerja sama MOU. Inisiatif ini sekaligus menunjukkan kepemimpinan Indonesia di kawasan dalam implementasi kesepakatan G20 di area sistem pembayaran dan merupakan upaya konkret dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

“Itu adalah mimpi yang menjadi nyata, beberapa waktu yang lalu, dari para Gubernur bank di kawasan ASEAN ingin memberikan kemudahan bagi masyarakat,” kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam acara Advancing Regional Digital Payment Connectivity pada Senin (14/11/2022).

Menurut Perry, Regional Payment Digital Connectivity dengan 5 negara Asean sebagai wujud nyata digital connectivity di Asean menjadi contoh bagi negara lain untuk mendukung pemulihan ekonomi di masing-masing negara maupun secara regional.

Kemudian, lanjut Perry, kerja sama tersebut juga merupakan bentuk koordinasi yang erat antara BI dan Kementerian Keuangan untuk menyukseskan 6 agenda di jalur keuangan (finance track) Presidensi G20 Indonesia.

Baca juga: Inaproduct, Platform Digital Kolaborasi Pemerintah Siap Dongkrak UMKM Go Global

“Kemana pun kita pergi, di 5 negara ASEAN ini, kita bisa menggunakan pembayaran melalui QR, kita bisa menggunakan QRIS di Thailand, Malaysia, Singapura, Philipina, dan itu akan menjadi sistem pembayaran yang cepat, instantly,” ujar Perry.

Sebelumnya, Perry sempat mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus memperluas digitalisasi sistem pembayaran guna mendorong integrasi dan efisiensi transaksi ekonomi dan keuangan digital dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Akselerasi tersebut juga dilakukan melalui perluasan kepesertaan dan penggunaan BI-Fast, Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) juga Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). BI pun tengah melakukan persiapan implementasi QRIS Tarik Transfer Setor (TTS) pasca piloting dan terus melanjutkan perluasan QRIS antarnegara.

Baca juga: Langkah Jitu Kemendag Atasi Kelangkaan Kontainer Ekspor

Exit mobile version