Selain Komunikasi, Ini 4 Fungsi Smartphone yang Jarang Disadari

Selain Komunikasi, Ini 4 Fungsi Smartphone yang Jarang Disadari

Selain Komunikasi, Ini 4 Fungsi Smartphone yang Jarang Disadari

Fungsi smartphone atau telepon pintar memiliki manfaat utama sebagai alat komunikasi yang praktis. Bisa dibilang, saat ini smartphone adalah hal krusial terutama dalam mendukung berbagai kehidupan sehari-hari.

Pengguna perangkat smartphone pun beragam, dari mulai anak kecil hingga dewasa, dengan kebutuhan yang berbagai macam pula. Namun, patut disayangkan apabila konsumen belum mengetahui kegunaan dan fungsi smartphone.

Baca juga: Cara Melacak Nomor HP Agar Terhindar dari Penipuan

Di luar dari keutamaan untuk berkomunikasi dan kemampuan untuk mengakses sejumlah aplikasi dan media sosial ada fungsi smartphone yang jarang diketahui, yaitu:

1. Penunjuk arah

Zaman sekarang ini, smartphone yang ada di pasaran sudah dilengkapi dengan fitur kompas atau penunjuk arah bawaan. Walaupun jarang diketahui, kompas atau penunjuk arah dianggap fitur yang krusial bagi sebagian orang.

Fitur kompas atau penunjuk arah ini juga sangat berfungsi bagi para muslim saat ingin melakukan ibadah sholat yang di mana arah kiblatnya tidak diketahui.

Dengan begini, Anda bisa mengetahui arah apapun yang dituju tanpa perlu membawa kompas physical kemanapun Anda pergi.

2. Built-in remote control

Smartphone canggih saat ini juga bisa berfungsi sebagai built-in remote control yang bisa digunakan selayaknya remote perangkat elektronik, seperti TV, AC, dan perangkat elektronik lainnya.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi kesulitan mengoperasikan perangkat elektronik saat remotenya hilang atau tidak dapat ditemukan saat ingin digunakan, karena merupakan hal yang paling sering terjadi.

Dilengkapi dengan fitur infrared yang bekerja dengan mengirimkan sinyal ke TV, AC, maupun perangkat elektronik lainnya. Hal ini lah yang memungkinkan smartphone Anda bekerja sebagai remote control untuk berbagai perangkat elektronik.

Biasanya untuk menikmati fungsi tersembunyi ini, beberapa smartphone sudah dilengkapi dengan aplikasi remote control.

Baca juga: Kenaikan Tarif Ojek Online Kembali Ditunda

Bila tidak, tidak perlu khawatir karena dengan mengunduh dan menginstall aplikasi tambahan sangat bisa memungkinkan smartphone Anda bekerja sebagai remote control saat remote asli perangkat elektronik hilang ataupun tidak berfungsi.

3. Sebagai mouse yang bisa disambungkan ke komputer atau laptop

Inilah salah satu fungsi yang jarang disadari pengguna smartphone, tetapi ternyata fungsinya sangat bermanfaat. Ada kalanya kita merasa kesulitan dalam menggunakan trackpad laptop, dan ingin menggunakan mouse untuk mempercepat pekerjaan.

Bagi sebagian pengguna komputer atau laptop yang tidak memiliki mouse tapi sangat membutuhkannya, tidak perlu khawatir karena smartphone yang dimiliki bisa dijadikan mouse, lho!

Smartphone yang Anda miliki bisa difungsikan sebagai mouse dengan cara menyambungkan perangkat komputer atau laptop melalui koneksi bluetooth, kabel USB, ataupun Wifi melalui aplikasi yang bisa diunduh dari app store atau play store.

Baca juga: Biar Paham, Begini Ciri Freon AC Rumah Mulai Habis

Dengan begitu, Anda bisa menggunakan mouse kapan dan di mana saja.

4. Menerjemahkan bahasa asing

Beberapa waktu ke belakang, perangkat penerjemah ataupun kamus bahasa terpisah dibutuhkan untuk menerjemahkan bahasa asing yang tidak dimengerti.

Tentunya bakal repot apabila harus membawa alat penerjemah maupun kamus tebal setiap waktu. Sekarang, para pengguna smartphone bisa bersukacita karena bisa berfungsi sebagai kamus bahasa asing yang tentunya sangat berguna bagi para pelajar maupun masyarakat luas karena tersedianya aplikasi kamus bahasa asing bawaan.

Fitur yang tersedia juga tidak sulit digunakan, hanya dengan memilih bahasa asing apa yang ingin diterjemahkan, masukan kalimatnya, dan hanya dengan satu klik Anda bisa mengetahui makna dan arti dari tulisan tersebut; sangat praktis.

Baca juga: Penjernih Udara Dalam Ruangan, Ini 6 Manfaat Air Purifier

Seperti namanya, smartphone atau telepon pintar, dibuat untuk mendukung dan meringankan kerja penggunanya, dari mulai aktivitas sekolah hingga aktivitas bisnis, terutama setelah mengetahui fungsi tersembunyi dan jarang disadari di atas.

Exit mobile version