Selama Libur Long weekend Isra Miraj, KAI Layani 469 Ribuan Penumpang

Libur panjang yang jatuh pada akhir pekan atau long weekend selalu dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk pergi berlibur. Hal ini pun terlihat dari adanya lonjakan jumlah penumpang kereta api, di mana menurut PT Kereta Api Indonesia (KAI) terjadi peningkatan sebesar 36% dibanding pekan sebelumnya.

Pada periode long weekend Isra Mikraj terhitung dari 25 s.d 28 Februari 2022, KAI mencatat telah melayani sekitar 469.491 pelanggan kereta api atau rata-rata 117.373 pelanggan per harinya, dengan rincian 220.093 KA Jarak Jauh dan 249.398 KA Lokal.

Baca Juga: Kabar Baik, LRT Jabodebek Bakal Beroperasi Sampai Jam 11 Malam

Bila dibandingkan dengan periode 18 s.d 21 Februari 2022, peningkatan terjadi sekitar 36%, dimana KAI hanya melayani sekitar 345.367 pelanggan.

Untuk mengakomodasi meningkatnya volume pelanggan tersebut, total perjalanan KA Jarak Jauh dan Lokal yang dioperasikan adalah sebanyak 1.627 perjalanan KA atau rata-rata 382 perjalanan KA per hari, naik 1% dibanding pekan sebelumnya yaitu sebanyak 1.514 perjalanan KA atau rata-rata 379 perjalanan KA per hari.

“Kenaikan jumlah pelanggan pada libur long weekend Isra Mikraj ini kami sertai dengan pelayanan yang berjalan dengan baik. Kami juga tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dikutip dari siaran persnya.

Baca Juga: Kolaborasi KAI dan DAMRI Hadirkan Akses Transportasi Menuju Stasiun

KAI konsisten menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api. KAI memastikan hanya pelanggan yang benar-benar memenuhi ketentuan yang boleh berangkat naik KA pada libur long weekend Isra Mikraj sesuai dengan regulasi pemerintah.

Puncak volume pelanggan pada periode long weekend Isra Mikraj terjadi pada Senin (28/2) dimana terdapat 134.121 pelanggan. Adapun kereta api yang menjadi favorit masyarakat pada periode long weekend Isra Mikraj yaitu KA Airlangga (Pasarsenen – Surabaya Pasarturi pp), KA Sri Tanjung (Lempuyangan – Ketapang pp), dan KA Wijayakusuma (Cilacap – Ketapang pp), dan lainnya.

Total pelanggan yang ditolak berangkat pada periode 25 s.d 28 Februari 2022 ada sebanyak 1.411 pelanggan. Rinciannya yaitu belum vaksin 45 pelanggan, sakit 3 pelanggan, dan reaktif/positif sebanyak 1.363 pelanggan.

“Terima kasih kami sampaikan kepada para pelanggan KAI atas pilihannya menggunakan transportasi kereta api selama libur long weekend Isra Mikraj dan telah mematuhi protokol kesehatan,” tutup Joni.

Libur long weekend selalu menjadi hal yang dinanti-nanti. Terlebih dengan adanya tren healing, sekarang ini masyarakat seolah butuh untuk pergi berlibur. Tidak hanya memadati stasiun, tren healing pada long weekend kemarin juga menarik perhatian karena macet yang luar biasa di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: KAI Turunkan Harga Tiket Kereta Api untuk Lansia

Exit mobile version