Selepas Rapat Pleno, DPP dan Anggota Asperindo Tinjau Mega Hub JNE

Para peserta rapat pleno DPP Asperindo yang berlangsung di Mega Hub JNE.

Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asperindo menggelar rapat pleno yang dilanjutkan dengan melakukan visit tour ke Mega Hub JNE. Mereka bangga dan memuji keberhasilan JNE membangun Mega Hub. Asperindo mendorong agar para pemain jasa pengiriman dan logistik dalam negeri bisa menjadi pemain utama agar tidak dikuasai oleh asing.

Rapat pleno DPP Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) digelar di ballroom lantai 2 Mega Hub JNE, Bandara Mas, Tangerang, Rabu (22/3/2022).

Rapat yang digelar secara offline dan online tersebut, dihadiri sekitar 35 peserta yang merupakan anggota DPP. Adapun hal yang dibahas adalah terkait penyempurnaan rencana kolaborasi sesama anggota asosiasi, menjaga dunia logistik Indonesia tetap maju dan bertumbuh serta menyikapi regulasi pemerintah mengenai bisnis logistik di Indonesia.

Menurut Ketua Umum Asperindo, Mohamad Feriadi Soeprapto,  pentingnya anggota Asperindo berkolaborasi, karena industri ini begerak dengan cepat sehingga dengan bekerjasama akan mengurangi ketergantungan kepada pihak luar.

“Mari kita berkerjasama, bersatu, bergotong royong untuk mendorong perekonomian Indonesia terus bertumbuh setelah 2 tahun terpuruk karena pandemi Covid-19,” ujar M. Feriadi dalam sambutannya.

Rapat pleno membahas berbagai hal tentang kondisi terkini perkembangan bisnis jasa pengiriman dan logistik di Tanah Air.

Keberadaan Asperidno harus bisa dirasakan manfaatnya oleh mesyarakat. Terkait pemberitaan, di mana ada perusahaan logistik terpuruk hingga memberhentikan karyawannya, itu juga harus disikapi dengan baik dan bijak oleh Asperindo.

Baca juga: Kisah Karyawan Pelestari Tari Tradisional Minang

“Yang punya pesawat, yang punya armada darat reguler, armada laut dan fasilitas lainnya, mari saling bekerjasama, tidak harus berinvestasi secara sendiri-sendiri. Dan kenapa rapat pleno di Mega Hub JNE, supaya ini memberi inspirasi dan suatu saat nanti bisa digunakan untuk bekerjasama,” tambah M. Feriadi yang juga merupakan Presiden Direktur JNE tersebut.

“Seperti slogan Asperindo, meski bersaing namun kita tetap bersanding. Asperindo sanggup dan mampu menjalankan bisnis jasa pengiriman dan logistik di Tanah Air, jangan sampai nantinya dikuasai oleh asing. Oleh karena itu, Asperindo mendorong setiap anggotanya bisa saling berkolaborasi,” M. Feriadi mengakhiri.

Usai rapat pleno berakhir, semua peserta dan juga anggota Asperindo lainnya yang hadir diajak visit tour ke area kerja Mega Hub. Mereka meninjau langsung mesin sortir conveyor belt otomatis yang mampu mensortir 48 ribu paket perjamnya tersebut.

Bruno, salah seorang anggota DPP Asperindo dari KGXpress, menyatakan rasa salut dan bangga kepada JNE yang telah berhasil membangun Mega Hub besar lengkap dengan mesin sortir otomatisnya.

Peserta mengadakan visit tour di area kerja mesin conveyor belt otomatis yang sudah terpasang di Mega Hub JNE.

“Pekerjaan yang manual dewasa ini sudah berubah. Saya melihat Mega Hub ini akan membantu kecepatan dan akselarasi sehingga membuat kepercayaan customer kepada JNE akan semakin bertambah,” ujar Bruno.

Sementara terkait rapat pleno, Bruno mengungkapkan, sangat positif untuk lebih menyamakan persepsi dan koordinasi dalam rangka bekerjasama. “Ini sangat baik meski bersaing di lapangan namun kami semua tetap bersanding,” Bruno menambahkan.

Senada dengan Bruno, Dodi dari CitoXpress mengapresiasi JNE yang telah mempunyai Mega Hub, yang menurutnya sangat luar biasa. “Bagi saya Mega Hub JNE menjadi inspirasi dan untuk belajar akan keberhasilan JNE selama ini. Semoga JNE semakin maju,” tandasnya. *

Baca juga: Covid-19 Melandai, JNE Pontianak Alami Peningkatan Kiriman

Exit mobile version