Panduan Lengkap Memilih Sepatu Badminton yang Tepat

Memilih sepatu badminton sudah semestinya dipertimbangkan dengan matang, sebab pemilihan sepatu yang tepat dapat mencegah risiko cedera hingga memaksimalkan performa dalam permainan bulu tangkis. Dari sekian banyak pilihan sepatu, kamu dapat menemukan sepatu terbaik dan ternyaman versimu lewat sejumlah panduan.

Jika kamu seorang pemula, menemukan sepasang sepatu badminton terbaik mungkin tampak sulit. Untuk mendapatkan sepatu yang tepat, kamu perlu memahami komponen dasar dari sepatu bulu tangkis. Dengan memahaminya, kamu bisa membuat keputusan yang tepat.

Apa yang harus diperhatikan saat memilih sepatu badminton? Setidaknya kamu harus mempertimbangkan fitur komponen pada sepatu, kenyamanan dan kesesuaian dengan kaki, ukuran berat, serta daya tahan sepatu. Mengapa hal tersebut penting?

Apa Itu Permainan Bulu Tangkis?

Panduan Lengkap Memilih Sepatu Badminton yang Tepat

Bulu tangkis adalah salah satu olahraga paling cepat yang melibatkan perubahan arah dan gerakan yang mendadak sehingga mengandalkan kegesitan tubuh, termasuk kaki. Untuk dapat menguasai permainan bulu tangkis ini, pemain harus memakai sepatu yang mendukung performa.

Kesalahan terbesar yang dilakukan pemain bulu tangkis pemula adalah mereka membeli sepatu olahraga atau sepatu lari biasa. Hal ini tidak hanya menurunkan performa, tetapi juga memperbesar risiko mengalami cedera saat bermain.

Misalnya, sepatu bulu tangkis yang tepat yaitu sepatu yang memiliki sol yang lebih tipis sehingga mengurangi pusat gravitasi sehingga mengurangi kerentanan terhadap cedera. Lebih lengkapnya, simak panduan berikut ini.

Baca juga: Cara Membeli Sepatu Online agar Tak Salah Ukuran dan Tak Kecewa

Panduan Memilih Sepatu Badminton

Berikut ini panduan komprehensif tentang cara memilih sepatu badminton yang sesuai dengan jenis kaki, gaya bermain, dan kebutuhan pemain.

1. Pilih Sepatu Non-Marking Sole

Bagi pemain badminton, sepatu non-marking sole menjadi poin penting agar tidak ada tanda atau goresan permanen pada lantai. Jenis sol sepatu ini biasanya dirancang khusus untuk olahraga dalam ruangan yang lantainya berjenis ubin, kayu, atau vinyl.

Umumnya, non marking sole terbuat dari karet khusus atau bahan lainnya yang dapat meminimalkan gesekan dengan lantai. Sepatu dengan sol seperti ini juga dipakai oleh para pemain tenis meja dan futsal. Penggunaannya dapat membuat pemain melakukan gerakan cepat, berputar, dan melompat secara optimal.

Pemilihan sepatu dengan sole non-marking penting untuk menjaga keamanan dan kualitas lantai lapangan dalam ruangan, serta untuk mematuhi peraturan dan etika dalam bermain olahraga di dalam ruangan.

Bagi seorang pemula, sol sepatu bulu tangkis yang tidak bertanda mungkin sulit dibedakan dengan sepasang sepatu biasa. Salah satu indikatornya adalah warna sol yang umumnya berwarna kecokelatan seperti warna tanah liat. Di pasar saat ini, banyak sol berwarna tanpa tanda kini tersedia. Sepatu ini cenderung memiliki tulisan bahwa itu adalah sepatu tanpa tanda.

2. Kesesuaian Ukuran Sepatu dengan Bentuk Kaki

Faktor penting lainnya yang perlu diperhatikan saat membeli sepatu bulu tangkis adalah kesesuaian dan ukurannya. Setiap pemain mempunyai ukuran dan tipe kaki yang berbeda-beda. Tergantung pada jenis kaki, pemain harus membeli sepatu bulu tangkis yang sesuai.

Umumnya, sepatu ergo menjadi pilihan para pemain badminton. Saat ini sepatu berbentuk ergo sudah banyak tersedia di pasaran. Sepatu ini menawarkan stabilitas dan fleksibilitas maksimum bagi pemain.

Sepatu bulu tangkis yang dipasang dengan benar akan meningkatkan kinerja pemain dan mengurangi risiko cedera pergelangan kaki. Jika pemasangannya tidak tepat, kemungkinan besar kamu akan mengalami cedera pergelangan kaki saat bermain.

3. Berat Sepatu

Saat membeli sepatu bulu tangkis, kamu harus memeriksa berat sepatunya. Dalam bulu tangkis, berat sepatu sangatlah penting.

Badminton merupakan olahraga cepat yang membutuhkan refleks dan gerakan cepat, memakai sepatu yang terlalu berat dapat membuatmu mudah lelah. Selain itu, sepatu bulu tangkis yang berat juga bisa membuat kamu rentan cedera. Biasanya berat sepatu bulu tangkis antara 250 g hingga 330 g.

4. Bantalan

Karena bulu tangkis melibatkan gerakan melompat dan menghentakan kaki ke lantai, pemain perlu memakai sepatu dengan bantalan yang tepat. Jika kamu memiliki sepatu dengan bantalan yang baik, hal tersebut membantu pendaratan kaki yang aman saat melompat dan juga mengurangi tekanan dari lutut saat mendarat.

Kurangnya bantalan dapat menyebabkan cedera karena lutut akan menyerap semua guncangan. Pilih sepatu dengan bantalan yang berfungsi sebagai peredam kejut, yang dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh. Ingat ya, bahwa bantalan yang tebal tidak berarti lebih baik.

Banyak perusahaan memiliki versi bantalannya sendiri yang mereka tambahkan pada sepatu. Bahkan bervariasi tergantung pada level sepatunya. Sepatu dengan tingkat yang lebih rendah akan memiliki bantalan yang lebih sedikit dan sepatu dengan tingkat yang lebih tinggi akan memiliki bantalan yang lebih banyak.

5. Frekuensi dan Tingkat Permainan

Jika kamu adalah pemain profesional, disarankan untuk menginvestasikan sejumlah uang lebih besar untuk membeli sepasang sepatu badminton. Pemain profesional menjalani pelatihan intensif setiap hari dan mereka tidak boleh melukai diri sendiri.

Sepatu tingkat tinggi dengan bantalan sempurna dapat meningkatkan permainannya. Di sisi lain, jika kamu seorang pemain level pemula atau tidak terlalu sering bermain, maka tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli sepasang sepatu bulu tangkis kelas atas. Karena intensitas dan gerakannya tidak terlalu tinggi, memilih sepatu dengan tingkatan yang lebih rendah akan lebih baik.

6. Fitur Bagian Dalam Sepatu

Pilihan sepatu yang diinginkan oleh setiap individu bervariasi. Beberapa orang menginginkan sepatu yang lebih ringan. Sementara, yang lain mencari sepatu yang memberikan dukungan fitur yang lebih baik di bagian dalam sepatu, seperti kemampuan penyerapan yang efektif.

Dalam olahraga bulu tangkis, dukungan sepatu bagian dalam memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini karena kaki dan pergelangan kaki dalam mengalami tekanan konstan akibat perubahan arah yang sering terjadi selama bermain badminton. Jika aktif berolahraga, sangat penting untuk memiliki sepatu yang dapat memberikan dukungan yang diperlukan dan membantu saat bermain.

Baca juga: Tip Merawat Sepatu dari Berbagai Bahan yang Bisa Dilakukan Sendiri

Untuk mendapatkan sepatu badminton yang tepat dan terbaik, kamu perlu mengeluarkan lebih banyak waktu untuk melakukan riset dan menggali informasi lebih jauh terkait jenis-jenis sepatu olahraga.

Semoga dengan sedikit tip di atas, kamu bisa segera menemukan sepatu badminton yang sesuai dengan kebutuhanmu ya.

Exit mobile version