Panduan Memilih Sepatu Basket yang Tepat untuk Berbagai Jenis Pemain

JNEWS – Sepatu basket merupakan salah satu perlengkapan utama dalam permainan bola basket. Permainan yang melibatkan jalan, lari, lompat, dan mengecoh ini membutuhkan sepatu yang membuat pemainnya lincah bergerak. Ketika mendapat bola, pemain harus segera berlari kencang. Sepatu yang tidak tepat akan membuat kaki cedera.

Tip Membeli Sepatu Basket

Basket adalah permainan yang cepat dan agresif sehingga sepatu yang dikenakan harus bisa mendukung karakter permainan ini dan bisa melindungi pemain dari cedera. Berikut adalah tip membeli sepatu basket yang menunjang penampilan di lapangan.

Panduan Memilih Sepatu Basket yang Tepat untuk Berbagai Jenis Pemain

1. Tetapkan Bujet sebagai Patokan

Agar tidak kecewa, bujet harus digunakan sebagai patokan. Setelah itu, baru menyasar berbagai merek dan tipe sepatu yang harganya ada di kisaran bujet tersebut.

Jangan khawatir, sekarang banyak sekali merek sepatu lokal dengan harga terjangkau tapi kualitas memuaskan.

Jika takut bujet tidak cukup, lakukan perbandingan harga lebih dahulu di e-commerce. Simak juga ulasan sepatu-sepatu basket murah dengan kualitas yang tidak mengecewakan di akun-akun pemain basket.

Baca juga: Panduan Lengkap Memilih Sepatu Badminton yang Tepat

2. Pilih ukuran sepatu yang pas

Khusus untuk sepatu basket, tren pembelian online harus disikapi dengan hati-hati. Jika toko atau merek tersebut sudah langganan, maka pembelian dapat dilakukan secara online. Namun jika belum pernah membeli merek tersebut, sebaiknya lakukan pembelian secara offline lebih dahulu.

Di media sosial banyak tutorial cara mengukur sepatu untuk pembelian online. Namun sepatu basket memiliki pelapis yang berbeda sehingga kemungkinan memiliki ukuran yang berbeda dengan sepatu olahraga pada umumnya. Sepatu yang terlalu sempit atau terlalu longgar akan menganggu performa pemain.
Pembelian secara langsung memungkinkan pemain untuk mencoba kenyamanan sepatu lebih dahulu. Namun jika terpaksa melakukan pembelian online, pastikan untuk hanya mengikuti cara mengukur sepatu dari merek atau toko yang bersangkutan, jangan mengikuti tutorial umum.

3. Sesuaikan dengan Gaya Bermain

Sesuaikan dengan gaya bermain, apakah agresif, eksplosif, bertahan, atau penjelajah. Pemain yang biasa lari kencang akan membutuhkan sepatu dengan desain minimalis. Pemain yang sering melompat tinggi sambil berebut bola membutuhkan sepatu yang dapat melindungi pergelangan kaki dengan maksimal.

4. Sesuaikan dengan Posisi Pemain

Posisi pemain ikut menentukan tipe sepatu yang dibutuhkan. Posisi pemain basket, yaitu point guard, shooting guard, small forward, power forward, dan center. Tipe sepatu yang dibutuhkan pemain yang bertahan akan berbeda dengan kebutuhan pemain yang menyerang.

Perhatikan Tinggi dan Berat Badan

Cakupan tinggi pemain basket umumnya sangat lebar. Seperti pemain NBA misalnya, dari di bawah 170 cm hingga di atas 200 cm.

Pemain yang tinggi atau yang bertubuh besar membutuhkan kestabilan untuk lari dan mendarat setelah melompat. Bantalan yang empuk akan membantu meminimalkan cedera.

Tipe Sepatu Basket

Dikutip dari laman DBL ada 3 tipe sepatu basket berdasarkan posisi bermain dan tipe permainan:

1. Tipe Low Cut

Seperti namanya, bagian atas sepatu potongan rendah ini normal seperti sepatu olahraga yang digunakan masyarakat umum.

Sepatu ini cocok untuk pemain dengan posisi shooting guard atau shooting forward. Shooting guard hanya membutuhkan lompatan-lompatan kecil untuk menembak. Umumnya shooting guard adalah penembak jitu dalam suatu tim.

Sepatu ini juga cocok untuk pemain tipe speedster yang suka permainan cepat. Sepatu yang diberi bermacam-macam tambahan akan membuat pergerakan pemain lebih berat dan lamban.

2. Tipe Medium Cut

Bagian atas sepatu tipe ini lebih tinggi dari tipe low cut. Fungsi bagian tambahan tersebut adalah untuk melindungi pergelangan kaki dan mengurangi risiko cedera.

Sepatu ini cocok untuk pemain forward yang membutuhkan sepatu untuk bergerak cepat dan ekplosif agar bisa mencetak angka. Sepatu ini juga cocok digunakan untuk pemain small forward dengan karakter all around player yang memiliki daya jelajah tinggi dan sering ditugaskan untuk mengisi posisi-posisi lain.

3. Tipe High Cut

Sepatu tipe high cut memiliki bagian atas paling tinggi. Sepatu ini terlihat gerah untuk dipakai sehari-hari. Namun dalam pertandingan bola basket, sepatu high cut mampu melindungi pergelangan kaki dengan maksimal.

Sepatu tipe ini cocok untuk pemain center dan guard yang membutuhkan gerakan cepat dan lompatan tinggi. Sepatu high cut juga cocok untuk pemain dengan karakter power player yang sering berebut bola dan saling menghalangi dengan pemain lawan.

Baca juga: Cara Membeli Sepatu Online agar Tak Salah Ukuran dan Tak Kecewa

Sebagai catatan, DBL atau Developmental Basketball League adalah penyelenggara kompetisi liga bola basket tingkat SMP dan SMA yang terbesar di Indonesia. Meski menyasar anak sekolah, mereka menyelenggarakan liga secara profesional.

Demikianlah tip memilih sepatu basket yang sesuai dengan gaya bermain, posisi di lapangan, dan kebutuhan fisik pemain. Tujuan bermain basket adalah bersenang-senang, memiliki badan sehat atau menjadi juara. Sepatu yang salah bisa menghapus semua tujuan tersebut.

Exit mobile version