Siap Saingi Tiktok, Instagram Rilis Fitur Reels

Siap Saingi Tiktok, Instagram Rilis Fitur Reels

Instagram Luncurkan Fitur Reels

Instagram tidak mau ketinggalan dan kalah pamor dari Tiktok, platform ini siap bersaing secara terang-terangan dengan aplikasi Tiktok dengan merilis fitur perekaman video pendek mirip bernama Reels.

Instagram resmi perkenalkan fitur bernama Reels yang bakal menjadi senjata mereka bersaing dengan TikTok. Fitur ini bakal tersedia di 50 negara untuk platform iOS maupun Android.

Reels merupakan fitur perekaman video pendek mirip TikTok yang memungkinkan pengguna merekam sekaligus menyunting video pendek, digabungkan dengan musik pilihan, berdurasi 15 detik untuk dibagikan kepada teman, atau pengikut Instagram.

Reels sendiri bukanlah sebuah aplikasi, melainkan sebuah fitur baru yang disematkan di dalam Instagram Camera. Mengutip laporan lifehacker, Reels tidak sama dengan fitur Instagram Stories. Banyak perbedaan di dalamnya.

Reels menawarkan berbagai fitur pengeditan, efek, kontrol kecepatan untuk mempercepat atau memperlambat audio dan video, dan kemampuan untuk menyelaraskan banyak klip untuk transisi yang lebih bersih.

BACA JUGA: Cara Ciptakan Konten Smartphone Berkualitas di TikTok dan Instagram

Cara Penggunaan Fitir Reels

Untuk membuat reel, buka kamera Instagram seperti Anda akan menggunakan Stories. Kemudian pilih Reels. Pada fitur itu bakal terlihat alat pengeditan bertumpuk di sisi kiri layar. Gunakan tombol rekam untuk membuat video.

Nanti akan terlihat sudah sejauh mana ’15 detik’ Anda terpakai. Jika sudah ketuk panah di bagian bawah saat video Reels Anda siap tayang.

Dari sana, Anda akan diminta dahulu memilih opsi untuk menulis teks, memilih gambar sampul, menambahkan hashtag, dan membagikan video Anda ke Reels (jika akun bukan privasi). Reels kemudian akan muncul dan disimpan pada tab halaman profil, mirip IGTV.

Di dalam Reels, kamu dapat merekam satu atau lebih klip dalam waktu yang bersamaan. Atau, kamu juga bisa mengunggah video yang sudah ada di galeri ponsel.

Sayang fitur ini baru tersedia di 50 negara, beberapa diantaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan Australia. Fitur ini belum dirilis di Indonesia. Kita tunggu ya fitur terbaru Instagram ini masuk ke Indonesia.

BACA JUGA: TikTok: UKM Silahkan Beriklan di Tempat Kami!

Exit mobile version