Siap-siap Lebaran, Simak 8 Tips Mudik Jarak Jauh dengan Mobil

Father and daughter on car and smile from car windows before start family travel trip in holiday, this immage can use for family , travel, car, weekend, and summer concept

Mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil membutuhkan persiapan yang matang. Apapun tujuannya, bila kamu mengabaikan tips perjalanan jauh naik mobil, bukan tidak mungkin kegiatan perjalanan kamu menjadi terhambat dan terasa lebih berat juga lebih melelahkan.

Yuk, langsung saja kita simak apa saja tips perjalanan jauh naik mobil supaya perjalanan aman sampai di tujuan!

1. Melakukan Pemeriksaan Terhadap Seluruh Komponen Mobil

Tips perjalanan jauh naik mobil paling utama adalah memeriksa seluruh kondisi mobil dengan teliti dan memastikan semuanya dalam keadaan baik.

Beberapa hal yang tidak boleh kamu lewatkan dalam hal ini antara lain memeriksa oli mobil, kondisi aki mobil, power steering, tekanan ban yang sesuai, kondisi rem mobil, serta memeriksa seluruh lampu mobil baik di bagian interior maupun eksterior berfungsi normal.

Baca juga: 5 Tempat Nongkrong di Jogja yang Wajib Disambangi

Setelah memastikan seluruh komponen mobil dapat bekerja dengan baik, tips perjalanan jauh naik mobil lainnya yang tidak boleh terlupakan adalah membawa seluruh surat-surat kendaraan dengan lengkap, seperti Surat Izin Mengemudi, STNK, dan bila perlu Buku Pemilik Kendaraan Bermotor.

Pastikan seluruh dokumen tersebut masih berlaku agar perjalanan kamu tidak terhambat ketika terjadi pemeriksaan atau razia oleh pihak berwajib.

2. Persiapkan Barang Penting yang Harus Dibawa

Tips perjalanan jauh naik mobil yang kedua berkaitan dengan persiapan barang-barang yang dibutuhkan selama perjalanan. Barang-barang ini meliputi keperluan pribadi serta peralatan mobil pendukung, seperti cadangan ban mobil, oli, air radiator, pompa ban, dongkrak, obeng dan toolkit lainnya yang mungkin akan dibutuhkan.

Selain itu, yang tidak boleh terlupakan adalah ketersediaan obat-obatan. Baik itu obat-obatan yang memang sedang dikonsumsi, maupun obat untuk mengantisipasi mabuk saat berkendara.

3. Rencanakan Perjalanan Kamu Sebaik Mungkin

Membuat perencanaan yang matang sebelum berangkat merupakan tips perjalanan jauh naik mobil yang sangat penting. Kamu sebaiknya membuat rute perjalanan sedetail mungkin dan bila perlu menggunakan fitur GPS untuk memastikan kamu mengetahui jalan mana saja yang akan dilalui untuk sampai ke tempat tujuan.

Kemudian, pastikan juga kamu sudah membuat daftar di lokasi mana saja kamu akan berhenti, seperti untuk beristirahat, mengisi bahan bakar, makan, shalat, dan sebagainya. Pilihlah tanggal perjalanan yang diprediksi memiliki cuaca yang cerah dan baik untuk melakukan jalan jauh.

4. Pastikan Kondisi Tubuh Dalam Keadaan Sehat dan Istirahat yang Cukup

Kondisi kesehatan tubuh berperan penting dalam keamanan dan kenyamanan berkendara. Mengemudikan mobil dalam kondisi sakit atau kurang tidur dapat mengurangi fokus dan menganggu konsentrasi sehingga sangat berbahaya dan berisiko mengalami kecelakaan.

Oleh sebab itu, tips perjalanan jauh naik mobil yang harus kamu lakukan sebelum berangkat adalah tidur yang cukup dan menghindari alkohol atau jenis minuman keras lainnya.

5. Berhenti di Tempat yang Aman Setiap 2 Hingga 3 Jam Perjalanan

Mengemudikan mobil selama berjam-jam dapat membuat badan terasa pegal dan kaku. Jika kamu memaksakan mengendarai mobil dalam kondisi tubuh seperti itu, resiko kecelakaan sangat mungkin terjadi.

Carilah tempat yang aman atau berhenti di pom bensin sejenak sekaligus untuk mengisi bahan bakar mobil. Istirahatkan tubuh selama 20 menit atau selama yang dibutuhkan untuk meregangkan otot-otot tubuh dan membuatnya rileks kembali.

6. Hati-Hati Saat Mengemudi dan Selalu Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain

Mengemudilah dalam batas kecepatan yang disarankan sesuai dengan kondisi jalan. Misalnya, di jalan tol, batas kecepatan minimal yaitu 60 km/jam dan kecepatan maksimal adalah 100 km/jam.

Sedangkan, pada jalanan umum terutama ketika sedang macet, kamu harus mengemudi dengan lebih perlahan dan menjaga jarak dengan kendaraan di muka.

Baca juga: 5 Minuman Khas Betawi Cocok Buat Buka Puasa

Terlebih lagi dalam kondisi cuaca hujan atau berkabut, bila kamu memilih untuk meneruskan perjalanan, sebaiknya berkendaralah secara perlahan dan tingkatkan kewaspadaan terhadap kondisi di sekitar.

7. Gunakan Pakaian yang Membuatmu Nyaman

Hindari mengenakan pakaian yang justru akan membuat kamu merasa ribet maupun gerah. Kenyamanan pakaian yang kamu pilih turut mempengaruhi keselamatan dalam berkendara.

8. Bawa Makanan dan Minuman yang Cukup

Karena kamu akan berada di jalan untuk waktu yang lama, maka kamu perlu menyiapkan persediaan makanan dan minuman yang cukup. Tips perjalanan jauh naik mobil ini juga mencakup membawa makanan ringan untuk menghindari perut terasa kembung saat di dalam mobil.

9. Mematuhi Aturan Lalu Lintas

Tips perjalanan jauh naik mobil terakhir yang wajib kamu ingat yaitu mematuhi setiap rambu lalu lintas yang ada. Hindari menggunakan ponsel saat mengemudi dan jangan mendahului secara tiba-tiba atau pada saat tikungan.

Exit mobile version