Sirclo Chat Fasilitasi UKM Jualan Lewat WhatsApp

sirclo chat bantu jualan lewat WhatsApp

Tak dipungkiri aplikasi pesan instan WhatsApp sering dipakai oleh para pelaku usaha kecil menengah (UKM) dalam melakukan transaksi jual beli. Menyadari peluang tersebut, perusahaan rintisan atau startup Sirclo merilis layanan terbaru bernama Sirclo Chat.

Dikatakan Brian Marshal selaku CEO Sirclo, Sirclo Chat merupakan layanan terbaru dari Sirclo yang dapat membantu ribuan brand atau pelaku UKM dalam melakukan transaksi jual-beli melalui percakapan di WhatsApp. Sirclo Chat memungkinkan pelaku UKM untuk mengintegrasikan serta menampilkan katalog produk mereka di dalam chat room WhatsApp.

Bahkan, melalui chat room WhatsApp tadi, konsumen bisa langsung melakukan pembelian. Hadirnya layanan ini dikatakan Brian, karena pihaknya melihat adanya pertumbuhan tren jual-beli berbasis percakapan di kalangan konsumen di Indonesia.

Baca Juga: Tips Mendapatkan Kepercayaan Dari Calon Pembeli

Tren tersebut dilihat dari laporan Digital 2019 Report yang dibuat oleh Hootsuite dan We Are Social, disebutkan bahwa WhatsApp menjadi aplikasi kedua yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia dengan total pengguna aktif sebanyak 150 juta pengguna. Satu pengguna bahkan bisa memiliki beberapa akun aktif.

“Kami melihat adanya pertumbuhan tren pesat di kalangan konsumen Indonesia, yaitu jual-beli berbasis percakapan (chat commerce). Mereka ingin membeli produk semudah melakukan chatting atau ngobrol dengan admin toko online,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Dengan tingkat penetrasi WhatsApp yang tinggi ini, terjadi pergeseran perilaku konsumen dalam transaksi jual beli. Para konsumen ini menginginkan admin toko onlin bersikap responsif ketika membalas pesan mereka lewat WhatsApp.

Sirclo menilai, semakin baik admin WhatsApp merespon konsumen, maka hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan konsumen. Karena proses jual beli jadi lebih praktis dan cepat.

“Pada dasarnya, konsumen Indonesia menyukai transaksi jual-beli dengan sentuhan personal. Mereka ingin bertany langsung soal spesifikasi produk mekanisme pengiriman, dan hal lain yang mungkin lebih rumit jika dilakukan via kanal e-commerce,” ujar CPO Sirclo, Leontius Pradhana.

Lebih lanjut Leontius mengatakan, jika lewat layanan ini para klien Sirclo dapat menjangkau basis konsumen lebih luas. Di samping itu, mereka juga dapat mempersingkat waktu penyelesaian transaksi termasuk menjalin hubungan dua-arah yang menyenangkan dengan konsumen.

Baca Juga: Pengelolaan Dana Kas Operasional Makin Moncer dengan Aplikasi Ini

Fitur Sirclo Chat

Ada beragam fitur yang ditawarkan Sirclo Chat untuk membantu pelaku UKM dalam berinteraksi dengan konsumennya melalui WhatsApp Business API. Fitur utama yang dimaksud antara lain:

1. Dashboard Terintegrasi

Fitur ini memungkinkan pelaku UKM untuk memperbarui katalog dan inventasi produk, termasuk mengirimkan balasan otomatis. Fitur ini juga dapat membuat pelaku UKM menggunakan beberapa admin untuk merespon pesan.

2. Transaksi dalam Aplikasi

Pelaku UKM bisa menerima dan memproses transaksi pembelian langsung melalui WhatsApp, baik secara manual oleh admin maupun otomatis.

3. Notifikasi

Lewat fitur ini, pembeli akan mendapatkan notifikasi otomatis tentang status pesanan, penerbitan invoice, cara pembayaran, hingga konfirmasi penerimaan barang.

Itu dia tadi tiga fitur utama yang disediakan oleh Sirclo Chat. Dengan menggunakan Sirclo Clat, pelaku UKM dapat memberikan layanan terbaik bagi konsumen. Selain itu, mereka juga dapat menghemat biaya, tenaga, serta waktu operasional.

Baca Juga: Omzet UMKM Ini Naik 50% Selama Pandemi

Exit mobile version