15 Small Budget Hotel Terbaik di Asia Tenggara untuk Backpacker

JNEWS – Akomodasi selama liburan penting untuk disiapkan agar perjalanannya nyaman dan menyenangkan. Hadirnya small budget hotel seperti oase bagi para backpacker untuk bisa berkeliling kota maupun negara dengan bujet sesuai kantong.

Small budget hotel, atau biasa disebut budget hotel, adalah hotel ukuran kecil yang menawarkan beragam fasilitas dan layanan dasar dengan harga murah. Biasanya, jenis hotel ini masuk ke kategori bintang 1 dan 2.

Hotel budget dirancang untuk menyediakan tempat yang aman dan bersih untuk menginap. Kamar-kamar memiliki tempat tidur ukuran standar, seprai bersih, kamar mandi serta perabotan dasar seperti meja dan gantungan baju. Beberapa hotel budget memiliki fasilitas tambahan tapi akan dikenakan biaya terpisah.

Kehadiran hotel jenis ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pelancong yang ingin berlibur tapi bujetnya terbatas. Apalagi ingin berkeliling negara Asia Tenggara yang notabene memiliki segudang destinasi wisata menarik, memilih akomodasi tempat penginapan yang hemat adalah solusi agar bujet tidak jebol.

Rekomendasi Small Budget Hotel Terbaik di Asia Tenggara

Rekomendasi Hotel di Bandung untuk keluarga

Ada sepuluh negara di Asia Tenggara dan masing-masing memiliki sejumlah hotel budget yang bisa dijadikan referensi tempat penginapan. Berikut ulasan rekomendasi small budget hotel terbaik di Asia Tenggara beserta fasilitas dan harganya.

1.    Hotel Serela Riau Bandung, Indonesia

Hotel Serela Riau Bandung menawarkan fasilitas standar seperti TV layar datar, AC, minibar dan Wi-Fi gratis. Layanan kamar dan layanan concierge disediakan agar pengalaman menginap para tamu hotel bisa lebih menyenangkan. Parkirnya pun cukup luas dan gratis. Lokasinya cukup strategis, dekat dengan Masjid Salman ITB (1,7 km) dan Masjid Raya Bandung (2,2 km).

Harga: mulai dari Rp261.936 per malam

Alamat: Jl. LLRE. Martadinata (Riau) no. 56, Bandung

2.    W Home Benhil, Indonesia

Small budget hotel yang satu ini bisa dijadikan pilihan apabila ingin berlibur di Kota Jakarta. Lokasinya di Bendungan Hilir tidak jauh dari Jakarta Convention Center (373 m) dan Stasiun Sudirman (1.80 km). Desain hotel ini modern minimalis.

Walaupun kamarnya terbilang sempit tetapi memiliki fasilitas standar seperti shower, kulkas, air panas, AC, free Wi-Fi.

Harga: dikutip dari laman Traveloka harganya mulai dari Rp318.109 per malam.

Alamat: Jl. Bend. Jatiluhur No.60, Tanah Abang, Bendungan Hilir, Jakarta

Baca juga: 5 Hotel Bintang 5 Terbaik di Indonesia: Kemewahan dan Kenyamanan dalam Satu Paket

3.    Hotel 81 Rochor, Singapura

Hotel 81 Rochor terletak di kawasan strategis yakni Little India. Akses menuju transportasi umum pun mudah karena tidak jauh dari Chinatown MRT Station hingga masjid. Bahkan salah satu review menulis hotel ini memiliki staf yang ramah dan bisa berbahasa Indonesia. Di samping hotel juga tersedia fasilitas umum yakni supermarket 24 jam. Sedangkan untuk fasilitas kamar tersedia shower, AC, TV dan hair dryer.

Harga: mulai dari Rp1.098.576 per malam

Alamat: 5 Jalan Besar, Little India, Singapore

4.    Ibis Budget Singapore Pearl, Singapura

Jaringan hotel terbesar, yakni hotel Ibis, memiliki sejumlah cabang di Singapura salah satunya Ibis Budget Singapore Pearl. Lokasinya sangat strategis, dekat dengan Singapore National Stadium (864 m) dan Bugis MRT Station (2.83 km). Fasilitas kamar tersedia AC, TV, dan WiFi.

Harga: mulai dari Rp1.212.476 per malam

Alamat: 21 Lorong 14 Geylang, Geylang, Singapore

5.    Kampar Boutique Hotel, Malaysia

Hotel ini terletak di Kampar dan lokasinya dekat dengan berbagai fasilitas publik seperti destinasi wisata Taman Jepun (186 m), Stasiun Kampar (809 m) dan Four Faces Buddha Shrine (1,73 km). Untuk fasilitas kamarnya termasuk standar, seperti AC, TV, meja, dan shower.

Harga: mulai dari Rp179.064

Alamat: Lot 553, Jalan Baru, Taman Tasik Emas, Kampar, Perak

6.    9TY Hotel (Ninety Hotel), Thailand

Thailand sebagai salah satu destinasi wisata populer di Asia Tenggara memiliki sejumlah small budget hotel, salah satunya 9TY Hotel (Ninety Hotel).  Hotel ini terletak tidak jauh dari Bandar Udara Don Mueang (1,73 km). Fasilitas kamar yang disediakan seperti TV kabel, hair dryer, kulkas, shower. dan TV.

Harga: mulai dari Rp268.437

Alamat: 4,6  Ninety Hotel Building, Soi Saranakom 1, Saranakom Rd., Si kan,  Don mueang, Bangkok

7.    The Poshtel Bangkok BTS-Phayathai, Thailand

Tidak jauh berbeda dengan Singapura, di Thailand juga banyak hostel yang menyediakan fasilitas kamar untuk 8 orang hingga private. Harganya tentu saja jauh lebih murah. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah The Phoshtel Bangkok BTS-Phayathai. Di hostel ini fasilitas yang disediakan seperti AC, TV, meja, shower. Menariknya, hostel ini dekat dengan Phayathai BTS Station, kurang lebih 87 m saja.

Harga: mulai dari Rp182.362 untuk 10 beds dormitory. Ingin private, ada tipe Cabin dengan harga Rp250.201.

Alamat: 55/21-23 Phayathai Road Ratchatewi, Pathumwan, Ratchathewi, Bangkok

8.    Vivian Hotel Saigon Airport, Vietnam

Vivian Hotel Saigon Airport berlokasi dekat dengan Bandar Udara Internasional Tan Son Nhat (SGN), sekitar 996 m. Bagi backpacker yang butuh istirahat atau melanjutkan perjalanan, hotel ini bisa dijadikan pilihan.

Hotel ini juga menyediakan antar jemput ke bandara dan dilengkapi dengan fasilitas umum seperti AC, area parkir dan layanan 24 jam. Sedangkan untuk fasilitas kamar tersedia AC, pengering rambut, meja, lemari es, brankas, shower, dan TV.

Harga: mulai dari Rp253.568

Alamat: 94-96 Thang Long, Ward 4, Tan Binh District, Ho Chi Minh City

9.    Go Hotels Ermita, Filipina

Backpacker yang ingin ke Manila, bisa memilih small budget hotel salah satunya yaitu Go Hotels Ermita. Lokasinya strategis dekat dengan berbagai destinasi wisata seperti Manila Ocean Park (1,13 km). Fasilitas publik hotel ini cukup memadai dan ramah bagi penyandang disabilitas. Untuk fasilitas kamar mulai dari TV kabel, meja, pengering rambut, brankas, shower, AC.

Harga: mulai dari Rp367.427

Alamat: Mabini Street, Ermita, Ermita, Manila, Metro Manila

10. Maine City Residences, Filipina

Untuk hotel ukuran bintang 1, Maine City Residences termasuk recommended dan mendapatkan review bagus dari para tamu hotel. Letaknya tidak jauh juga dari Manila Ocean Park, Kedutaan Besar Amerika Serikat, dan balai kota. Untuk fasilitas kamar termasuk terbatas yakni AC dan shower. Resepsionis dan keamanan sama seperti hotel pada umumnya, tersedia 24 jam.

Harga: mulai dari Rp256.022

Alamat: 1850 F. Agoncillo Street, Malate, Manila, Metro Manila

11. Easybox Budget Hotel, Brunei Darussalam

Hotel di Ibu Kota Brunei Darussalam yang bisa dijadikan pilihan oleh backpacker adalah Easybox Budget Hotel. Fasilitas kamarnya termasuk standar yakni tersedia AC, TV dan Wi-Fi. Lokasi dari hotel ini terletak di kawasan sibuk yakni daerah Gadong. Untuk ke The Mall cukup berjalan kaki saja, begitu pula ke pasar malam Gadong dan stasiun bus.

Harga: mulai dari Rp205.738

Alamat: Abdul Razak Complex, No. 4 & 5 First Floor Block E, BE3515, Brunei.

12. Mali Namphu Boutique Hotel, Laos

Mali Namphu Boutique Hotel memiliki ulasan yang baik dari para tamu hotel. Letaknya pun cukup strategis, yakni dekat That Dam (246 m), Museum Nasional Laos (364 m), Wat Si Saket (405 m). Fasilitas umum hotel ini cukup memadai. Begitu juga dengan fasilitas kamar yang menyediakan TV kabel, meja, pengering rambut, kulkas, brankas, AC.

Harga: mulai dari Rp393.849

Alamat: 114 Rue Pangkham, Vientiane, Laos, Vientiane, Vientiane Perfecture

13. Central Vienna Hotel, Laos

Lokasi Central Vienna Hotel tidak jauh dari Mali Namphu Boutique Hotel. Apabila bujet liburan terbatas, bisa memilih hotel yang satu ini. Untuk kamar bisa memilih jenis dormitory, standard twin, atau superior double. Fasilitasnya seperti pada umumnya yaitu AC, shower, dan air panas.

Harga: untuk dormitory Rp110.389, standard twin Rp220.623

Alamat: Samsenthai Road, Unit 118, Sieng Ngeum Village, Vientiane, Vientiane Perfecture, Laos.

14. Grand Elevation Hotel, Kamboja

Grand Elevation Hotel memiliki rating bagus di Traveloka yakni 8.6 dengan ulasan para tamu hotel yang menarik terkait pelayanan dan fasilitas. Tidak jauh dari hotel ada Preah Sihanouk Garden, destinasi wisata taman dan kebun binatang di Phnom Penh. Fasilitas kamarnya cukup menarik karena tersedia dapur selain AC, kulkas, shower dan air panas.

Harga: mulai dari Rp270.183

Alamat: House G6 G7 G8, St. Sothearos, Tonle Basac, Tonle Basak, Chamkar Mon, Phnom Penh

Baca juga: 5 Hotel Murah Terbaik di Singapura untuk Backpacker

15. K.C Residence, Myanmar

Hotel ini letaknya tidak jauh dari Bandar Udara Internasional Yangon, yakni sekitar 1,32 km, juga Myanmar Convention Centre (2.81). Fasilitas kamar tersedia AC, Wi-Fi hingga shower. Sedangkan fasilitas publik standar.

Harga: mulai dari Rp429.649

Alamat: No/14, Radio Station Road, Mingalardone Township, Mayangone, West Yangon Region, Yangon Region

Demikian ulasan small budget hotel di Asia Tenggara yang bisa dijadikan referensi apabila ingin berlibur. Pastikan memesan hotel sesuai dengan bujet dan rencanakan perjalanan sebaik mungkin.

Exit mobile version