Soe Living, UMKM Home Base yang Andalkan Penjualan Online

Soe Living Home Living

Berawal dari 2013, Novi Soe selaku pemilik bisnis UMKM Soe Living yang bergerak di bidang home living sukses memasarkan ragam produknya secara online hingga bisa terus berkembang sampai saat ini.

Ketertarikannya dalam mengeluti home living, menurut Novi berangkat dari pencariannya mengenai barang yang simpel namun sulit dicari. Lantaran sulit akhirnya dia berinisiatif membuat sendiri.

“Awalnya itu sulit cari yang minimalis tapi asik dilihat, akhirnya saya putuskan kenapa engga bikin sendiri aja. Akhirnya dapat suplayer kain dan penjahit yang oke, dan kita mulai bikin deh,” kata Novi dalam JNE Ngajak Online Kota Depok pada April lalu.

BACA JUGA : Samsung Smart Lifestyle Home Mudahnya Gaya Hidup Kekinian

Tak hanya itu, Novi mengaku dari awal memang dia menekuni bisnisnya hanya dalam skala kecil. Bahkan penjualan awalnya hanya sekitar lingkup teman-teman kantornya lebih dulu.

Setelah mendapat respon dan penerimaan yang baik, dia makin percaya diri untuk mulai melakukan solo karir dan hengkang dari tempat kerjanya. Perjalanan bisnis dimulai dari hanya mengandalkan satu penjahit.

Namun seiring dengan berjalan waktu, sampai saat ini dia pun sudah memperkerjakan lima orang penjahit untuk menggarap produk-produk home living yang lahir dari ide dan kreasinya sendiri.

“Saya memang lebih dalam cakupan kecil ya, karena kita juga home base jadi sekarang sudah ada lima orang penjahit. Sejauh ini kita hanya dari online saja, dulu pernah dua tahun coba offline, tapi karena permintaan di website cukup baik jadi saat ini andalkan online saja,” kata Novi.

“Awal 2013, coba-coba tawarkan ke teman mendapat respon yang baik. Engga lama dari itu akhirnya saya coba berani tekuni dan resign dari kantor lama untuk fokus di sini,” lanjutnya.

Novi mengaku selama melakukan penjualan online, produknya naik signifikan, apalagi setelah dia memutuskan untuk bermain ke ranah digital melalui marketplace. Sejak itu, produk-produknya makin menerima respon positif hingga saat ini.

BACA JUGA : Demi UMKM Indonesia, Shopee Perketat Akses 13 Produk Asing

Menurut Novi, untuk memulai usaha memang susah-susah gampang, namun sebagai langkah awal yang harus dimiliki adalah soal keyakinan dan menyukai bidangnya lebih dulu. Selanjutnya jangan lupa untuk tetap fokus dan terus berinovasi.

Untuk mengenalkan produknya, Novi cukup banting tulang menggarap websitenya. Tak hanya sekadar untuk berjualan, tapi juga dibentuk se-informatif mungking agar konsumen bisa dengan mudah memahaminya.

“Foto-foto produk kita tampilkan sebaik mungkin, bahkan yang membedakan Soe Living dengan produk sejenisnya, kami coba sajikan foto yang benar-benar detail satu persatu, dengan mengandalkan tampilan asli sampai warnanya,” ucap Novi.

Dok. Soe Living

“Target pasar baru kelihat seiring waktu berjalan, sekarang ini tipe-tipe konsumen Soe Living adalah keluar mudah atau new family dengan usia anak yang masih kecil-kecil dan mereka baru punya rumah yang minimalis. Dari situ konsumen juga mulai sadar akan desain yang bagus meski minimalis,” katanya.

Exit mobile version