Kantor Pajak Angkat Kucing sebagai Pegawai, Ini Hewan Peliharaan yang Juga Bisa Jadi Karyawan di Kantormu

Hewan peliharaan menjadi karyawan kantor, memang bisa? Belum lama ini viral seekor kucing menjadi karyawan kantor KPP Pratama Serpong. Cerita tentang kucing yang menjadi karyawan kantor pajak dibagikan oleh akun resmi Ditjen Pajak di Twitter. Sontak, warganet pun heboh membaca utas tentang kucing ini.

Adalah Soleh, kucing berwarna hitam putih yang menghebohkan jagat maya. Soleh memiliki pekerjaan yang diimpikan oleh banyak orang di tanah air yaitu pegawai kantor pajak. Sudah menjadi rahasia umum bahwa menjadi pegawai kantor pajak itu tidaklah mudah dan nominal gajinya pun terbilang cukup besar. Namun, tidak bagi Soleh. Dia dengan mudah mendapatkan jabatan ‘penyuluh ahli meow’ dan langsung mendapatkan ID card.

Dikutip dari utas akun resmi @DitjenPajakRI, Soleh sudah ada di kantor KPP Pratama Serpong sejak usia kitten atau bayi. Dan para pegawai di kantor tersebut pun jatuh hati pada Soleh. Tugas utama Soleh adalah memberikan keceriaan pada para pegawai dan #KawanPajak di KPP Pratama Serpong. Wilayah kerja Soleh meliputi seluruh area kantor pajak tersebut. Luar biasa!

Oleh pegawai kantor pajak, Soleh dirawat dengan sangat baik. Asupan makanannya terjaga, dimandikan, disteril dan divaksin. Tak hanya itu juga, Soleh punya pakaian yang unik dan lucu loh. Bahkan Soleh memiliki akun Instagram pribadi dengan nama @solehthecat.

Baca juga: Hobi Pelihara Hewan Kesayangan Nabi Sebagai Panggilan Jiwa

Membawa hewan peliharaan di kantor menimbulkan polemik di kalangan masyarakat. Ada yang berpendapat bisa dibawa, namun tidak sedikit juga yang menolak. Tentunya semua kembali lagi ke peraturan perusahaan.

Lantas, apa saja efek positif adanya hewan peliharaan di kantor?

Manfaat Hewan Peliharaan di Kantor

1. Baik untuk kesehatan mental

Ternyata dengan adanya hewan yang dipelihara di kantor bisa mendukung kesehatan mental karyawan lo! Kamu akan lebih senang bekerja, saat istirahat bisa diajak bermain, sudah mentok dengan pekerjaan bisa rileks dengan bermain bersama mereka. Selesai bermain, pikiranmu pun segar.

Intinya adanya hewan peliharaan di kantor bikin kamu merasa rileks, pikiran tidak terasa penuh, dan lebih semangat bekerja.

2. Meminimalisir stres

Dikutip dari University of Southern California adanya hewan peliharaan di kantor bisa menurunkan stres serta meningkatkan kinerja karyawan.

Tidak dimungkiri hadirnya para hewan yang lucu ini bisa menciptakan suasana yang lebih menyenangkan, para karyawan pun bisa terhibur dan akan memberikan efek menurunkan stres pekerjaan, mengalihkan energi negatif. Kalau pikiran terasa lega, stres bisa diminimalisir maka pekerjaan pun akan terasa mudah.

Baca juga: Ramuan Anti Stres Alami Bantu Rileks untuk Sehari-hari

3. Meningkatkan komunikasi tim

Komunikasi di kantor sangatlah penting, namun fakta di lapangan tidak semua karyawan bisa bekerja sama dalam bentuk tim. Ada sebagian karyawan yang nyaman dengan dunianya sendiri sehingga ketika diminta untuk kerja sama tim agak sedikit sulit.

Nah, hewan peliharaan di kantor ternyata bisa membantu memperbaiki komunikasi antar karyawan dan antar tim. Ada topik pembahasan yang bisa didiskusikan dengan baik ketika hewan-hewan tersebut itu hadir di ruangan kantor.

Ternyata selain Soleh ada sederet hewan peliharaan yang dijadikan ‘karyawan’ kantor. Hewan apa saja yang termasuk ke dalamnya? Yuk, disimak.

Soleh the Cat. Sumber: IG @solehthecat

5 Hewan Peliharaan yang Bisa Dijadikan Karyawan Kantor seperti Soleh

1. Anjing

Di Jepang, sebuah kantor di kawasan Kawasaki mengizinkan hewan peliharaan anjing berada di kantor. Ternyata, peraturan baru ini adalah bagian dari percobaan untuk melihat sejauh mana karyawan bisa bekerja secara fleksibel.

Masih dari Jepang, perusahaan teknologi Fujitsu bahkan membuat sebuah ruang khusus “kantor anjing” sejak bulan Juli 2022. Ruangan ini terpisah dari ruang kantor utama dan akan dilakukan uji coba hingga akhir tahun 2022. Di “kantor anjing” tersebut bisa muat enam anjing, dilengkapi dengan karpet yang anti noda, alat pembersih karpet, tiga buah meja kerja untuk para staf.

Selain Jepang, sejumlah perusahaan di berbagai negara seperti Trasdey di Amerika Serikat, Ben & Jerry di Amerika Serikat, Adyim di Thailand, Amazon di Amerika Serikat yang juga mengizinkan anjing untuk berada di kantor.

2. Ikan cupang

Hewan peliharaan yang satu ini tidak sulit untuk dirawat. Walaupun hanya bisa dilihat di balik kaca akuarium, namun hadirnya ikan cupang bisa membuat suasana kerja lebih rileks. Karyawan pun bisa bergantian memberi makan atau mencuci akuarium.

3. Hamster

Bentuk hamster serupa dengan tikus. Hewan mungil nan lucu ini mudah dirawat, makanannya juga tidak sulit untuk didapat. Umumnya hamster makan kuaci dan biji-bijian. Hamster memiliki beragam warna seperti putih, abu-abu, hitam, cokelat dan lain-lain. Untuk tempat tinggalnya, sediakan sebuah kotak kaca khusus, jadi kamu bisa melihat aktivitas hamster di dalam ‘rumahnya’.

4. Kura-kura

Kura-kura termasuk hewan peliharaan populer. Jenis reptil yang satu ini memiliki cangkang keras dan bisa hidup lama. Memang sih agak sedikit usaha untuk memelihara kura-kura di kantor, di mana kamu mesti menyediakan kolam khusus berisi air agar kura-kura bisa berenang.

Untuk makanan tidak terlalu sulit bisa sayuran, buah atau ikan.

5. Kelinci

Kelinci termasuk hewan yang lucu dan menggemaskan karena memiliki bulu halus lebat serta wajah mungil. Hewan peliharaan yang satu ini pun tidak sulit untuk dirawat. Kamu cukup membelikan kandang, rutin memberi air dan sayuran sebagai bahan makanan. Namun perlu diperhatikan kandangnya harus dibersihkan setiap hari ya.

Baca juga: Merawat Kucing Busok si Kucing Asli Indonesia

Demikian sederet hewan peliharaan yang bisa dijadikan ‘karyawan’ di kantor. Tapi, perlu dipertimbangkan juga kondisi karyawan ya, khawatirnya ada yang alergi bulu sehingga bisa menghambat kinerja. Jadi, pilihlah hewan yang aman untuk semua karyawan.

 

Exit mobile version